Berdiskusi Manfaat Menabung Halaman 124 - Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka 2022


Berdiskusi Manfaat Menabung Halaman 124 - Bahasa Indonesia Kelas 4 Kurikulum Merdeka 2022

Halaman 124

1.     Menabung adalah menyisihkan atau menyimpan sebagai uang yang kita miliki.

Manfaat menabung antara lain: melatih kedisiplinan dan kesabaran, mempunyai dana/uang cadangan yang bisa digunakan sewaktu-waktu kita membutuhkannya, dan terhindar dari sifat boros.

2.     Kita bisa menabung di bank, di celengan, atau di koperasi sekolah.

Kelebihan dan kekurangan dari cara menabung di atas adalah sebagai berikut.

Cara menabung

kelebihan

Kekurangan

Di celengan

Bisa menabung sewaktu-waktu (kapan saja), bisa menabung berapa saja (Rp1.000,00 pun juga bisa), bisa mengambil kapan saja dan berapa saja uang yang dimiliki.

Menabung di celengan kurang aman karena mudah diambil, uang bisa rusak dimakan rayap (bila celengan terbuat dari kayu atau bambu) atau uang rusak ketika terjadi kebanjiran.

Di bank

Lebih aman (uang tidak akan rusak), lebih praktis (zaman dulu orang gajian memasukkan uangnya di tas/koper takut kecopetan), tidak mudah tergoda untuk mengambil uang.

Mengambil di mesin ATM minimal Rp50.000,00 , kadang kesulitan ketika hendak mengambil uang karena mesin ATM tidak selalu ada di daerah tertentu, kadang terjadi error, kartu ATM tertelan mesin ATM sehingga harus repot mengurusnya.

Koperasi Sekolah

Bisa langsung menyisihkan uang jajan pada hari itu.

Tidak bisa mengambil tabungan sewaktu-waktu (tabungan dibagi di akhir tahun).

 

3.     Cara agar tabungan cepat terkumpul, antara lain: membawa bekal makanan dari rumah sehingga tidak perlu jajan di sekolah, menyisihkan uang setiap hari untuk menabung, membedakan antara keinginan dan kebutuhan, tidak membeli barang baru apabila masih ada barang yang lama dan masih bagus, tidak usah membeli barang yang tidak penting atau Cuma untukpakrifan gaya/keinginan.

4.     Pengalaman saya menabung.

a.     Saya pernah menabung dengan tujuan untuk membeli kamera saku (pocket camera). Pada waktu itu kamera saku harganya sekitar Rp500.000,00.

b.     Saya dan saudara saya menabung bersama, karena kamera yang hendak dibeli itu juga untuk bersama juga. Setiap hari saya menyisihkan uang kembalian setelah makan di warung. Saya masukkan uang itu di tas khusus. Pada akhir bulan, uang tabungan kami (saya dan saudara saya) sudah terkumpul dan sepertinya sudah cukup untuk membeli kamera.

5.     Biasanya saya membeli sesuatu karena:

a.     Saya memang membutuhkan barang tersebut

b.     Melihat teman memiliki barang tersebut sehingga saya juga ingin punya juga

c.      Karena barang saya sudah rusak atau jelek jadi perlu beli yang baru

d.     Karena saya punya cukup uang tabungan untuk membeli sesuatu barang.


close