Latihan Menulis Kalimat dengan Pola SPOK

 

Latihan Menulis Kalimat dengan Pola SPOK

Latihan Menulis Kalimat dengan Pola SPOK

Pengertian Kalimat

Kalimat adalah kumpulan kata atau rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri yang bermakna atau menyatakan makna yang lengkap.

Dalam kalimat lisan, sebuah kalimat diucapkan dengan nada, tempo, jeda, dengan lafal yang jelas, dan diakhiri dengan intonasi final/intonasi akhir.

Sedangkan dalam kalimat ragam tulisan, sebuah kalimat diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda titik (.) untuk menyatakan kalimat deklaratif/pernyataan/bersifat informatif; diakhiri dengan tanda tanya (?) untuk menyatakan kalimat tanya; atau diakhiri dengan tanda seru (!) untuk menyatakan kalimat perintah.

Sebuah kalimat dalam ragam resmi, sekurang-kurangnya harus memiliki unsur kalimat berupa Subjek (S) dan Predikat (P). Jika tidak memenuhi kedua unsur tersebut, maka disebut frasa dan bukan kalimat. Beda lagi dalam ragam tak resmi.

Nah, sekarang kita akan belajar atau berlatih menulis kalimat dengan berbagai pola kalimat. Ada beberapa pola dalam kalimat. Misalnya adalah SPOK. S adalah subjek, P adalah predikat, O adalah objek, dan K adalah keterangan.

Semakin sering kita berlatih menulis kalimat, diharapkan kita akan semakin mahir menulis kalimat, dan pada akhirnya kita mahir menulis sebuah teks/wacana.

Berlatih Menulis Kalimat dengan Berbagai Pola

1. S-P

Adi bermain. (Adi = subjek; bermain = predikat)

Desi menangis. (Desi = Subjek; menangis = predikat)

2. S-P-O

Niki menggunting batang tanaman yang sudah kering. (Niki = subjek; menggunting = predikat; batang tanaman yang sudah kering = objek)

Deo melukis pemandangan. (Deo = subjek; melukis = predikat; pemandangan = objek)

3. S-P-O-Ktempat

Firman dan Valen menghitung kelereng di teras rumah. (Firman dan Valen = subjek; menghitung = predikat; kelereng = objek; teras rumah = keterangan tempat)

Salsa menggambar kucing di taman. (Salsa = subjek; menggambar = predikat; kucing = objek; taman = keterangan tempat)

4. S-P-O-Kwaktu

Nayla menonton drama tadi malam. (Nayla = subjek; menonton = predikat; drama = objek; tadi malam = keterangan waktu)

Kharis menggoreng telur siang ini. (Kharis = subjek; menggoreng = predikat; telur = objek; siang ini = keterangan waktu)

5. S-P-O-K (keterangan waktu dan tempat)

Fafa menonton sepakbola di stadion tadi sore. (Fafa = subjek; menonton = predikat; sepakbola = objek; stadion = keterangan tempat; tadi sore = keterangan waktu)

Dafa membuat boneka dari flanel malam ini di rumah Maya. (Dafa = subjek; membuat = predikat; boneka dari flanel = objek; malam ini = keterangan waktu; rumah Maya = keterangan tempat)

[]

Itulah tadi beberapa contoh latihan menulis kalimat dengan beberapa pola kalimat.

Selamat berlatih, semoga berhasil. 

close