Contoh Amanat Pembina Apel Pagi di Sekolah Dasar tentang Terus Belajar

 

Contoh Amanat Pembina Apel Pagi di Sekolah Dasar tentang Terus Belajar

Contoh Amanat Pembina Apel Pagi di Sekolah Dasar tentang Terus Belajar

Assalamualaikum wr wb

Selamat pagi.

Kepada Bapak/Ibu Kepala Sekolah Dasar Negeri .... yang saya hormati,

Bapak dan Ibu Guru serta karyawan sekolah dasar negeri .... yang saya hormati,

serta kepada anak-anak siswa-siswi kelas satu sampai dengan kelas enam yang tentu saya banggakan, saya sayangi, dan saya harapkan akan berhasil kelak di masa depan.

Yang pertama dan utama, marilah kita senantiasa memuji Tuhan Yang Maha Esa, Allah SWT, karena atas berkat rahmat hidayah dan kasih sayang-Nya kepada kita semua, maka pagi ini kita bisa bersama-sama melaksanakan kegiatan penguatan karakter berupa kegiatan apel pagi ini dengan lancar dan tanpa halangan apa-apa.

Selanjutnya, saya ingin memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para petugas yang telah menjalankan tugasnya dengan baik sehingga apel pagi ini bisa terlaksana dengan baik pula seperti yang kita harapkan. Terima kasih dan tepuk tangan untuk para petugas!

Seperti yang kita lihat tadi, bahwa pemimpin apel memang sempat melakukan kesalahan, yaitu ketika dia seharusnya memberi aba-aba "Kepada pembina apel, hormat grak!" akan tetapi dia berteriak, "kepada pembina upacara, hormat grak!".

Kesalahan itu adalah kesalahan kecil. Dan bisa kita maklumi karena hari ini adalah kali pertama dia bertugas menjadi pemimpin apel. Yang justru menjadi masalah adalah para peserta apel ini yang tertawa, bahkan tertawa terbahak-bahak ketika temannya yang baru pertama kali bertugas menjadi pemimpin apel ini melakukan kesalahan.

Apakah tertawa ketika apel pagi menunjukkan ketertiban melaksanakan apel pagi? Tidak kan? Padahal sudah berapa kali kalian melaksanakan apel dan coba hitunglah sudah berapa kali kalian berperan menjadi peserta upacara atau peserta apel?

Kalian sudah berkali-kali melaksanakan apel akan tetapi masih belum bisa tertib dan khidmat.

Anak-anak, inilah yang harus kita perbaiki. Hari demi hari harus kita perbaiki sikap, ucapan, dan tindakan kita.

Kita datang ke sekolah adalah untuk belajar. Dan belajar itu tidak hanya pelajaran yang ada di buku. Lebih dari itu, kita datang ke sekolah juga untuk belajar tentang kedisiplinan, tentang keterampilan, kepemimpinan, belajar bertanggung jawab dengan misalnya menjadi petugas upacara atau petugas apel. Kemudian kita juga belajar menghomati, baik menghormati guru, sesama teman saling menghargai, dan juga menyayangi adik-adik kelas kita. 

Masih ada lagi, kita belajar menjaga ketertiban, kerapian, keindahan, dan kebersihan kelas dan lingkungan sekolah kita. Membuang sampah pada tempatnya, saling mengingatkan satu sama lain ketika ada sesuatu  yang kurang tepat. dan masih banyak lagi.

Sekolah ada tempat kita belajar, dan kedatangan kita ke sekolah setiap hari adalah dalam rangka untuk terus belajar. Terus belajar memperbaiki diri kita. 

Sanggupkah anak-anak?

Semoga Allah SWT memberikan kepahaman kepada kita, serta dengan kasih sayang-Nya memberikan kepada kita semua kemudahan untuk mengamalkannya, melakukan tindakan hanya yang baik-baik saja.

Lebih dan kurangnya saya mohon maaf, wassalamualaikum warahmatullahi wa barokatuh.

close