Pengajaran Topik A.2 Volume dan Mari Refleksikan Halaman 39 - IPAS Kelas 4 SD

 

IPAS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka tahun 2022

Pengajaran Topik A.2 Volume dan Mari Refleksikan Halaman 39 - IPAS Kelas 4 SD

Pelajaran sebelumnya kita telah belajar bersama tentang materi dan juga massa dan berat benda. Kali ini kita lanjutkan pelajaran kita tentang volume.

Silakan kalian buka buku Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial untuk SD Kelas IV Kurikulum Merdeka tahun 2022 pada halaman 38.

Apa itu Volume?

Kita telah sama-sama memahami bahwa ciri-ciri dari materi adalah memiliki massa dan menempati ruang. Apa yang dimaksud dengan menempati ruang?

Yang dimaksud dengan menempati ruang adalah setiap materi tentunya memiliki ukuran tertentu. Mari kita ambil contoh paling mudah, yaitu air yang kita masukkan ke dalam sebuah teko atau botol. Air akan memenuhi ruang dalam teko atau botol tersebut.

Contoh lain adalah udara yang kita tiupkan ke dalam sebuah balon. Udara akan memenuhi balon tersebut, sehingga balon yang pada mulanya kempes akan menjadi menggelembung.

Dari situ bisa kita ketahui bahwa materi menempati ruang dan juga memiliki volume tertentu.

Volume adalah ukuran banyaknya jumlah zat.

Hampir sama dengan massa, bedanya adalah:

* massa digunakan untuk mengukur banyaknya zat padat, misalnya batu, gula pasir, kacang, makanan ringan, dan lain-lain.

* sedangkan volume digunakan untuk mengukur banyaknya zat cair seperti minuman, air, minyak, dan lain-lain.

Mari Refleksikan

Bukalah buku kalian pada halaman 39. Mari kita melakukan refleksi bersama dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini!

volume IPAS Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Jawab:

1. Menurut kalian, apa itu volume? Volume adalah ukuran suat benda yang berwujud cairan atau gas.

2. Berdasarkan yang sudah kalian pelajari di aktivitas sebelumnya, apa perbedaan antara volume dengan massa? Perbedaan antara volume dengan massa terletak pada, Volume adalah ukuran suatu benda yang berwujud cairan atau gas, sedangkan massa adalah ukuran suatu benda yang berwujud padat.

3. Bagaimana cara menentukan volume suatu benda? Cara menentukan volume suatu benda adalah dengan mengukurnya menggunakan gelas ukur atau pipet ukur.

[]

close