Mendiskusikan Bacaan Jauh dan Dekat - Bahasa Indonesia Halaman 58-61 Kelas 4 Bab 3 Lihat Sekitar

Bab 3 Lihat Sekitar


Mendiskusikan Bacaan Jauh dan Dekat - Bahasa Indonesia Halaman 58-61 Kelas 4 Kurikulum Merdeka Tahun 2022 Bab 3 Lihat Sekitar

Selamat pagi siswa-siswi kelas 4 yang tentunya masih semangat belajar hari ini ya. Pada pelajaran sebelumnya kita telah belajar tentang menulis paragraf argumentasi.

Pada pelajaran kali ini kita akan mendiskusikan materi pelajaran bahasa Indonesia di Bab 3 Lihat Sekitar. Kita akan berdiskusi berdasarkan bacaan pada halaman 58 berjudul "Jauh dan Dekat". 

Materi ini ada di buku Bahasa Indonesia Kelas 4 Bab 3 Lihat Sekitar Kurikulum Merdeka tahun 2022. Mari kita simak bersama.

Isi Bacaan

Bacaan "Jauh dan Dekat" berisi tentang macam-macam alat transportasi yang digunakan oleh manusia.

Kendaraan atau alat-alat transportasi banyak sekali ragamnya. Antara lain kendaraan yang digerakkan oleh mesin dan kendaraan yang digerakkan oleh makhluk hidup, termasuk hewan dan manusia.

Ada juga kendaraan berdasarkan tempatnya, antara lain kendaraat darat, perairan, dan kendaraan yang digunakan di udara.

Mendiskusikan Bacaan


a.  Apa saja alat transportasi yang dapat digunakan di sungai atau di laut? Adakah yang sama?

Alat transportasi yang dapat digunakan di sungai atau laut adalah sampan, speedboat, kapal, dan lain-lain. Kapal digunakan di laut, sampan digunakan di sungai.

b. Tahukah kalian, alat transportasi darat yang disebut dokar? Apa yang dapat kalian ceritakan tentang dokar?

Dokar adalah nama lain dari delman, yaitu alat transportasi darat yang ditarik oleh kuda. Delman biasanya memiliki dua roda berdiameter kira-kira 1 meter. Dokar biasa digunakan untuk alat transportasi umum. Namun sekarang mulai berkurang, justru sekarang dokar untuk wisata.

c. Di sebagian daerah, perahu disebut sampan. Apa sebutan perahu di daerah kalian?

Di daerah saya, perahu biasa disebut sebagai gethek (bahasa Jawa). Namun banyak orang yang tetap menyebutnya sebagai perahu. Naik perahu disebut dengan praon.

d. Menurut kalian mengapa ada begitu banyak jenis kendaraan?

Ada begitu banyak jenis kendaraan, menurut saya hal itu karena:

1. Orang butuh alat transportasi untuk bepergian kemana-mana, 

2. Jenis kendaraan sesuai dengan apa yang dimiliki manusia

3. Jenis kendaraan itu sesuai dengan di mana manusia tinggal, misalnya manusia yang tinggal di daerah sungai maka dia akan menggunakan sampan/perahu. Manusia yang tinggal di daerah daratan lebih mudah menggunakan hewan sebagai alat transportasi.

4. Jenis kendaraan semakin berteknologi modern dan canggih seiring dengan perkembangan pemikiran manusia.

[]
close