Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Teknik Mewarnai Objek Gambar - Seni Rupa Kelas 4 Kurikulum Merdeka


Teknik Mewarnai Objek Gambar - Seni Rupa Kelas 4 Kurikulum Merdeka

Mewarnai adalah proses memberi warna-warna pada sebuah gambar. Gambar yang tadinya tidak berwarna, berubah menjadi penuh warna.

Gambar berwarna akan tampak lebih menarik daripada gambar tanpa warna. Gambar yang berwarna akan terasa lebih hidup.

Teknik Mewarnai

Teknik pewarnaan berdasarkan pemakaian air.

Berdasarkan pemakaian air dalam proses mewarnai, teknik mewarnai terbagi menjadi dua yaitu teknik pewarnaan kering dan teknik pewarnaan basah.

1. Teknik Pewarnaan Kering

Teknik pewarnaan kering adalah teknik mewarnai yang dilakukan dengan alat-alat yang tidak mengandung air. Alat-alat yang tidak menggunakan air misalnya adalah pensil, krayon, pensil warna, dan penghapus.

2. Teknik Pewarnaan Basah

Teknik pewarnaan basah adalah teknik mewarnai yang dilakukan dengan alat-alat yang mengandung air. Alat-alat mewarnai yang mengandung air, antara lai adalah cat air, cat minyak, tinta, atau medi alain yang memerlukan air atau minyak sebagai pengencer.

Teknik pewarnaan berdasarkan metode yang digunakan

Berdasarkan metode yang digunakan, ada beberapa macam teknik mewarnai yaitu antara lain:

1. Teknik blocking

Teknik blocking adalah teknik pewarnaan dasar. Teknik blocking adalah memberi warna (umumnya satu warna) pada area gambar. Teknik blocking akan menutup seluruh permukaan gambar dengan warna, tidak ada area yang tidak tersentuh cat warna.

2. Teknik gradasi

Teknik gradasi berujuan untuk menciptakan kesan yang lebih nyata pada gambar. Teknik gradasi dibuat dengan cara memberikan warna yang tetap secara berirma, satu shade warna yang tercampur dengan warna hitam), dan bergradasi dalam suatu gambar.

Contoh teknik gradasi adalah misalnya kita ingin menggambar warna biru tua. Maka warna tersebut bisa kita mulai dengan biru muda, biru langit, dan lanjut dengan biru tua. Gradasi biasanya dilakukan dengan memberi warna primer (merah, kuning, biru) ke seluruh permukaan gambar.

3. Mixing

Mixing artinya adalah mencampur warna. Tujuannya adalah untuk menghasilkan warna lain. Teknik pencampuran warna ini dilakukan dengan memberikan guratan. Ada dua macam guratan dalam proses miixing, yaitu guratan linier (garis lurus) dan guratan melingkar.

Untuk mewarnai langit, lebih tepat kita gunakan guratan linear (lurus). Sedangkan untuk mewarnai daun-daun pada pohon, lebih tepat kita gunakan guratan melingkar. Intinya, guratan yang kita pilih disesuaikan dengan ojek yang kita gambar.

4. Finishing

Finishing artinya penyelesaian, dan dapat juga diartikan sebagai tahapan terakhir dalam kegiatan mewarnai. 

Finishing bertujuan untuk menyempurnakan, melengkapi, dan memperbaiki gambar. Misalnya, apabila masih ada pewarnaan yang kasar, maka finishing yang dapat dilakukan adlah penghalusan kembali.

[]

Itulah penjelasan singkat tentang Teknik Mewarnai Objek Gambar - Seni Rupa Kelas 4 Kurikulum Merdeka.

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.