Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Cara Memelihara Kesehatan Alat Gerak Manusia Kelas 5 SD


Cara Memelihara Kesehatan Alat Gerak Manusia Kelas 5 SD

Halo adik-adik semuanya teman-teman siswa kelas 5 SD MI yang selalu semangat belajar. Kita berjumpa lagi dan pada hari ini kita akan belajar tema 1 subtema 2, tentang cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.

Untuk bisa bergerak melakukan aktivitas, manusia membutuhkan alat gerak. Dan agar aktivitas tersebut tidak terganggu maka kesehatan alat gerak harus senantiasa kita usahakan.

Untuk itulah manusia harus melakukan berbagai aktivitas untuk menjaga alat geraknya agar tetap sehat.

Berikut ini cara memelihara kesehatan alat gerak manusia, antara lain:

Cara Memelihara Kesehatan Alat Gerak Manusia

1. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium

Kalsium sangat baik untuk kesehatan alat gerak manusia. Beberapa makanan yang banyak mengandung kalsium antara lain ikan sarden, ikan teri, brokoli, bayam, dan lain-lain.

2. Berolahraga secara rutin dan teratur untuk melatih kekuatan otot dan kekuatan tulang

Olahraga juga sangat baik bagi kesehatan tulang atau kesehatan alat gerak manusia. Olahraga yang populer antara lain adalah berenang.

3. Berjemur di bawah sinar matahari pagi agar mendapatkan vitamin D dari sinar matahari tersebut

Sinar matahari pagi sangat baik bagi kesehatan tulang manusia karena di dalamnya terdapat vitamin D yang sangat penting guna membantu penyerapan kalsium.

4. Banyak mengkonsumsi asupan vitamin D

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa vitamin D sangat baik untuk kesehatan tulang, dan vitamin D selain didapatkan dari berjemur di bawah sinar matahari, juga bisa didapatkan dengan mengkonsumsi berbagai makanan seperti daging sapi, kedelai, minyak ikan, dan lain-lain.

5. Selalu penuhi kebutuhan cairan pada tubuh dengan air putih minimal 2 liter dalam sehari

Bila kita tidak terbiasa meminum air putih, maka dari saat ini juga biasakanlah. Ketika bangun tidur, biasakan meminum segelas air putih, kemudian ketika sarapan, ketika siang hari, dan lain-lain atur sendiri yang penting terpenuhi kebutuhan cairan berupa air putih minimal 2 liter dalam sehari.

6. Hindarilah membawa beban yang terlalu berat melebihi batas kemampuan

Hindari memaksakan diri membawa beban yang berat melebihi batas kemampuan bila kita ingin alat gerak kita senantiasa sehat.

7. Menjaga postur tubuh dengan sikap berdiri dan sikap duduk yang tegak Untuk menghindarkan atau mengurangi resiko kelainan tulang.

Sikap duduk yang salah dapat menyebabkan penyakit atau kelainan tulang seperti kifosis, lordosis, skoliosis, dan sebagainya.

[]

Itulah beberapa cara memelihara kesehatan alat gerak manusia. Semoga kita selalu diberikan kesehatan agar selalu bisa beraktivitas dengan nyaman.

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.