Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA KERJA INDRA PENDENGAR

 


CARA KERJA INDRA PENDENGAR

Bagaimana cara kerja indra pendengar?

Sebelum kita jawab pertanyaan tersebut di atas, alangkah baiknya kita cari tahu terlebih dulu apa fungsi indera pendengaran.

Fungsi Indera Pendengar

Indra pendengar memiliki fungsi utama sebagai alat untuk merespons ucapan, sehingga bisa berkomunikasi atau saling terhubung baik secara emosional maupun intelektual dengan lawan bicara.

Dengan indra pendengar, manusia juga bisa mempersepsi suara musik.

Secara singkat, indra pendengar tentu saja adalah alat untuk mendengar segala jenis bunyi, baik itu ucapan, maupun suara-suara lainnya yang bermakna.

Nah sekarang, kembali ke pertanyaan awal, bagaimana cara kerja indra pendengar?


Cara Kerja Indera Pendengar

Untuk bisa mendengar, Indra pendengar atau telinga harus melalui beberapa tahapan proses sebagai berikut ini.

1. Gelombang suara akan masuk ke saluran telinga kemudian merambat menuju gendang telinga.

2. Gelombang suara tersebut kemudian akan memicu bergetarnya gendang telinga dan tulang pada telinga tengah.

3. Getaran tersebut kemudian diubah menjadi impuls (sinyal listrik) oleh sel-sel rambut kecil pada koklea atau pada telinga bagian dalam. Pada tahap selanjutnya saraf pendengaran akan menangkap impuls

4. Sel-sel rambut berperan membedakan nada, hingga tingkat kenyaringan dari gelombang suara. Telinga normal setidaknya mempunyai 12.000 sel sensorik atau sel-sel rambut. Sel sensorik inilah yang kemudian menggetarkan membran di satu lokasi untuk setiap frekuensi suara sehingga akan muncul perbedaan nada misalnya gelombang suara keras memicu peningkatan amplitudo getaran sehingga suara jadi terdengar nyaring dan juga sebaliknya.

5. Impuls pada saraf pendengaran kemudian diteruskan menuju otak yang oleh otak ini impuls tersebut ditafsirkan sebagai suara.

Demikianlah bagaimana cara kerja Indra pendengar dan agar indra pendengaran kita ini berfungsi dengan baik dalam waktu panjang maka kesehatan indra pendengaran ini tentu saja harus kita jaga dengan sebaik-baiknya.

Sebab, kerusakan fatal pada masalah pendengaran jika tidak diatasi akan bisa menyebabkan cacat yang menetap secara permanen sehingga kita tidak bisa mendengar dengan baik.

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.