Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Beberapa Contoh Usaha Manusia Memanfaatkan Energi Panas Matahari

 Rifanfajrin.com - Beberapa Contoh Usaha manusia memanfaatkan energi panas matahari



Hai teman-teman, apa kabar semuanya? Kuharap kalian selalu sehat semuanya. Pada post kali ini rifanfajrin akan mengulas tentang pelajaran tematik kelas 5 SD/MI tema 6. tema yang diusung adalah tentang manfaat energi panas bagi kehidupan.

Kawan, seperti yang kita ketahui bahwa salah satu sumber energi panas yang kita manfaatkan sehari-hari adalah cahaya matahari. Sinar matahari adalah sumber energi panas melimpah yang memiliki ragam manfaat dan kegunaan dalam kehidupan manusia.

Contoh manfaat energi panas cahaya matahari, diantaranya adalah memastikan suhu bumi agar tidak terlalu dingin dan memungkinkan untuk dapat ditinggali makhluk hidup.

Nah, mari kita simak beberapa contoh upaya manusia dalam memanfaatkan energi panas matahari berikut ini, Yuk Ah!

Usaha-usaha Manusia dalam Memanfaatkan Energi Panas Matahari

1. Energi matahari digunakan untuk mengeringkan pakaian dengan menjemurnya,

2. Energi matahari membantu memproduksi kristal garam dengan cara menjemur air laut,

3. Energi matahari berguna untuk menjemur bahan makanan seperti ikan asin supaya lebih awet untuk penyimpanan,

4. Energi matahari berguna untuk membantu mengeringkan gabah atau padi bagi para petani yang baru saja melaksanakan panen agar awet disimpan,

5. Energi panas matahari dimanfaatkan untuk proyek pembangkit tenaga listrik tenaga surya (panel surya),

6. Energi matahari digunakan untuk berinovasi dengan mengupayakan terciptanya kendaraan tenaga surya tanpa bahan bakar minyak,

7. Energi matahari digunakan manusia untuk menunjang kebugaran tubuh dan kesehatan, mencegah penyakit kulit, melancarkan peredaran darah, dan membantu produksi vitamin D.

8. Enegi yang dihasilkan dari sinar matahari berguna untuk terapi kesehatan, seperti berjemur, menghilangkan kecemasan, dan memperbaiki suasana hati,

9. energi sinar matahari sebagai sumber penerangan alami,

10. Energi matahari berfungsi di bidang pertanian.

Sumber Energi dari Matahari

Banyak manfaat yang dihasilkan dari panas alami dari energi matarhari. Coba bayangkan, selain usaha-usaha manusia di atas, matahari juga berperan besar bagi keberlangsungan kehidupan di bumi. Salah satunya sebagai penentu suhu di bumi. Manakala tak ada sumber energi panas dari matahari, barangkali planet bumi akan mengalami cuaca yang ekstrim karena dipastikan suhu menjadi dingin minus ratusan ribu hingga jutaan derajat Celcius. Jadi, tanpa matahari, kehidupan di planet bumi mungkin akan musnah dan tak pernah dimulai.

Dari mana sumber energi panas dari matahari?

Sumber energi matahari diketahui berasal dari reaksi fusi pada inti matahari. Reaksi fusi ini diartikan sebagai penggabungan atom-atom hidrogen menjadi helium. Hal ini disebabkan, gas hidrogen merupakan salah satu gas terbanyak yang menyusun matahari.

Reaksi fusi akan menghasilkan energi yang sangat besar dan menghasilkan panas. Adapun energi panas inilah yang nantinya disebarkan ke seluruh penjuru jagat raya / alam semesta. Energi panas matahari inilah yang paling banyak diterima oleh planet di sekitar matahari, termasuk bumi.

Penutup

Demikianla ulasan rifanfajrin tentang Beberapa Contoh Usaha Manusia Memanfaatkan Energi Panas Matahari yang menjadi pembahasan tema 6 kelas 5 Sd. Di bawah ini dicantumkan beberapa bacaan menarik tentang inspirasi yang dapat meningkatkan motivasi bagi Anda.

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.