Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CONTOH MATERI HIDUP BERSIH DAN SEHAT KELAS 2 SD

Rifanfajrin.com - materi hidup bersih dan sehat kelas 2 sd

Hai teman-teman sobat rifanfajrin, apa kabar semuanya? Semoga kalian selalu diberikan kesehatan ya teman, sehingga dapat melakukan berbagai aktivitas dengan baik dan lancar.

Untuk Menjaga kesehatan, dapat kita lakukan mulai dari menjaga kebersihan di rumah. Perilaku tersebut termasuk contoh hidup bersih di rumah. Lantas apa sajakah contoh cara hidup bersih di rumah?

Rumah merupakan tempat tinggal kita. Hampir sebagian besar hidup kita dihabiskan untuk beraktivitas di dalam rumah. Apa jadinya jika rumah kita tak bersih dan bahkan tidak sehat untuk ditinggali? Maka penting sekali untuk menjaga kebersihan dan kesehatan di dalam rumah yang sejatinya merupakan merupakan kewajiban dari setiap anggota keluarga, baik ayah, ibu, kakak, adik, dan kita sendiri.

Perilaku hidup bersih merupakan cerminan dari gaya hidup seseorang. Perilaku hidup yang bersih merupakan salah satu materi penting dalam Buku Tematik Kelas 2 Tema 4, yang akan kita bahas pada artikel ini.

Kebersihan rumah yang harus dijaga

Rumah merupakan tempat tinggal kita bersama kedua orang tua dan anggota keluarga lainnya. Apabila rumah tidak dijaga kebersihannya akan menyebabkan kita tidak nyaman untuk tinggal dan berdiam diru mah. Menjaga kebersihan adalah upaya untuk mewujudkan kenyamanan bersama. Dengan menjaga kebersihan, dapat dikatakan kita menghormati hak kenyamanan yang dimiliki oleh anggota keluarga lainnya. 

Bagaimana cara berperilaku menjaga kebersihan di rumah? yuk simak penjelasan rifanfajrin berikut ini.

Contoh perilaku hidup bersih dan sehat

"Perilaku hidup bersih merupakan kewajiban seluruh anggota keluarga." Apa saja contoh Perilaku Hidup Bersih di Rumah? diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Rutin Mencuci Pakaian



Pakaian yang kita kenakan, wajib diganti setelah digunakan. Lalu pakaian yang telah dikenakan tersebut tentunya kotor dan harus dicuci. Mencuci pakaian memang tidak harus dilakukan setiap hari secara rutin, namun apabila pakaian kotor sudah menumpuk, maka kita harus segera mencuci pakaian tersebut Apalagi, seragam yang kita kenakan hari ini, juga akan digunakan pada minggu depan. Maka secara sederhana, pakaian maksimal sudah harus dicuci, dikeringkan, dan disetrika sebelum hari H digunakan.  

Mencuci pakaian harus terjadwal dengan baik, jangan terlalu sering, tetapi juga jangan terlalu jarang. Mencuci pakaian terlalu sering akan menyebakbkan pemborosan air dan energi (jika menggunakan mesin cuci).  Sebaliknya jika terlalu jarang mencuci, dikhawatirkan akan timbul rasa malas untuk mencuci karena sudah terlalu banyak pakaian menumpuk. Bahkan pakaian kotor yang menumpuk terlalu lama, berarti akan ada banyak kuman yang becampur menjadi satu, bahkan bisa menyebabkan pakaian menjadi berjamur dan sulit untuk dihilangkan noda dan kotorannya. 

Pakaian yang berjamur juga dapat menyebabkan gangguan penyakit kulit, tentu kita tak ingin mengalami gangguan keehatan kulit seperti panu, kudis, kurap, kutu air, dan gatal. Tidak hanya itu pakaian kotor yang menumpuk juga akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi seluruh anggota keluarga lantaran baunya yang tidak sedap.

Mencuci Tangan dan Kaki Sebelum Memasuki Rumah

Mencuci tangan dan kaki mutlak diperlukan. Bisa dikatakan mencuci tangan dan kaki merupakan langkah paling dasar untuk menjaga kesehatan. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang tak kunjug berakhir, menyadarkan kita bahwa melakukan kegiatan di luar rumah sangat memungkinkan kita untuk membawa virus, dan kuman dari luar rumah ke dalam rumah dan berpotensi menularkan dan menyebarkan virus ke seluruh anggota keluarga. Saat di luar rumah, tanpa kita sedari tangan kita menyentuh banyak benda dan bahkan bersalaman dengan orang lain. Tanpa sadar kita juga banyak membawa virus dari kuman yang menempel. 

Salah satu cara membentengi dari kemungkinan terburuk adalah dengan rajin mencuci tangan dengan sabun, karena penelitian membuktikan bahwa mencuci tangan dengan sabundapat membunuh banyak kuman.  

Oleh karena itu, kita diwajibkan untuk mencuci tangan kaki sebelum memasuki rumah, ya, sebab mencuci tangan dan kaki sebelum masuk rumah, kita dapat mencegah bakteri dan kuman yang menempel di badan kita masuk ke dalam rumah.

3. Tidak Menggunakan Seragam Sekolah untuk Tidur

Kadang kadang sepulang sekolah kita malas untuk mengganti pakaian, apalagi mengingat besok pakaian yang kita kenakan ini tidak dipakai lagi karena akan amenggunakan seragam lainnya. Maka seringkali seragam sekolah masih dikenakan ketika tidur. Tentu menggunakan seragam sekolah untuk tidur bukan hal yang baik.

Sebab, seragam sekolah dipakai saat kita sedang beraktivitas di luar rumah juga memungkinkan masih terdapat kuman dan virus yang menempel. Tanpa kita sedari, banyak sekali virus dan kuman yang menempel di baju kita. Oleh karena itu, lebih baik kita membersihkan badan kita terlebih dahulu dan juga mengganti baju sebelum tidur, ya. Penjelasan tentang hal ini juga telah dipaparkan pada poin kedua di atas. Selain itu, menggunakan seragam sekolah untuk tidur tentu saja merupakan perilaku tidak disiplin, Oleh sebab itu mengganti seragam dengan pakaian santai di rumah merupakan upaya membiasakan diri dan medisiplinkan diri terhadap aturan aturan yagn telah dibuat di rumah.

Penutup

Teman-teman, itulah tadi penjelasan rifanfajrin tentang contoh materi hidup bersih dan sehat kelas 2 sd yang meluputi tiga contoh menjaga kebersihan di dalam rumah yang wajib kita ketahui, ya. Semoga bermanfaat.

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.