Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Bagaimana Cara Mengolah Hasil Panen Kelas 3 SD

Rifanfajrin.com - Bagaimana Cara Mengolah Hasil Panen Kelas 3 SD

Assalamualaikum teman-teman, apa kabar semuanya? Pada post kali ini rifanfajrin akan membahas salah satu pertanyaan yang rifanfajrin terima dari komentar di blog. Pertanyaan itu berbunyi, "Bagaimana cara mengolah hasil panen? Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?"

pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 SD dan MI di buku tematik halaman 7

Nah, kebetulan pertanyaan tersebut juga relevan dengan pembahasan kunci jawaban tema 7 kelas 3 SD dan MI di buku tematik halaman 7, yaitu bertepatan pada materi pembelajaran 1 subtema 1 tentang Perkembangan Teknologi Produksi Pangan.

Pertanyaan tentang cara mengolah hasil panen pada pembahasan kali ini muncul pada pembelajaran 1 halaman 7, 8, 9 dan 11.  Sebenarnya, pertanyaan tersebut merupakan lanjutan tugas sebelumnya tentang Apakah hasil panen pertanian dan peternakan dapat bertahan lama.

Tanpa berlama-lama, mari kita ulas pertanyaan tersebut di atas. Namun sebelumnya, kita cermati dahulu sebuah teks bacaan pada halaman tersebut.

Ayo Membaca

Siti menunjukkan sebuah teks bacaan. Isinya tentang teknologi pangan. Tahukah kamu apa arti teknologi pangan? Ayo, kita baca teks bacaan yang ditunjukkan oleh Siti!

Teknologi Pangan 

Alam Indonesia sungguh kaya. Kacang kedelai, jagung, dan kelapa adalah hasil pertanian. Telur, daging, dan susu adalah hasil peternakan. Semua itu adalah sumber pangan kita. Pangan artinya makanan. Alam Indonesia menyediakan sumber pangan kita.

Hasil panen dan ternak yang melimpah memberi makanan yang cukup bagi kita. Akan tetapi, hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama. Makanan itu dapat membusuk. Makanan busuk harus dibuang. Hasil panen harus diolah agar tidak cepat membusuk.

Mengolah hasil panen dilakukan dengan teknologi pangan. Teknologi pangan adalah penggunaan ilmu pengetahuan untuk mengolah pangan. Teknologi pangan dapat menghasilkan makanan baru. Teknologi pangan menjaga agar makanan tidak cepat membusuk.

Hasil panen berlimpah dapat diolah menjadi makanan baru. Kacang kedelai dapat dibuat menjadi tahu, tempe, dan kecap. Susu sapi dapat diolah menjadi mentega, susu bubuk, dan keju. Teknologi pangan mengolah makanan agar tahan lama. Teknologi pangan sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Setelah mencermati bacaan di atas, kita diminta untuk menjawab pertanyaan berdasarkan teks “Teknologi Pangan” di atas.

Bagaimana cara mengolah hasil panen?

Alternatif Jawaban yang diberikan: Cara mengolah hasil panen adalah dengan menerapkan teknologi pangan.

Selanjtunya terdapat berberapa pertanyaan yang wajib dijawab, yaitu:

1. Apa arti dari pangan?

2. Apakah hasil panen pertanian dan peternakan dapat bertahan lama?

4. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai?

5. Apa manfaat dari teknologi pangan?

Alternatif jawaban yang dapat digunakan

1. Apa arti dari pangan? Jawab: Pangan artinya makanan. Pangan merupakan kebutuhan pokok masyarakat selain tempat tinggal, dan pakaian. 

2. Apakah hasil panen pertanian dan peternakan dapat bertahan lama? Jawab: Hasil pertanian dan peternakan tidak dapat bertahan lama, karena sifatnya organik, sehingga dapat membusuk dalam waktu tertentu

3. Bagaimana cara mengolah hasil panen? Jawab: Mengolah hasil panen dapat dilakukan dengan menerapkan teknologi pangan. teknologi pangan artinya mengolah pangan menjadi makanan makanan olahan yang lebih awet dan lebih lezat.

4. Apa saja contoh makanan yang terbuat dari kacang kedelai? Jawab: Kacang kedelai dapat dibuat menjadi bebagai makanan olahan misalnya tahu, tempe, dan bahkan kedelai merupakan bahan utama untuk membuat kecap.

5. Apa manfaat dari teknologi pangan? Jawab: Teknologi pangan mengolah makanan agar dapat bertahan lebih lama. Dalam hal tertentu, teknologi pangan dapat menghasilkan makanan-makanan baru.

 Akhir Kata

Demikian pembahasan rifanfajrin untuk menjawab soal pada materi pembelajaran 1 subtema 1 Perkembangan Teknologi Produksi Pangan di halaman 7 tentang cara mengolah hasil panen. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kalian. Terimakasih, dan tetap selamat belajar!