Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PENGERTIAN LISTRIK STATIS DAN LISTRIK DINAMIS

Rifanfajrin.com - apa yang dimaksud listrik statis dan listrik dinamis

Listrik merupakan sebuah fenomena fisika yang berkaitan dengan keberadaan aliran muatan listrik. Adanya listrik menimbulkan beberapa dampak yang umum diketahui, misalnya fenomena petir terjadi karena keberadaa listrik, atau adanya listrik statis, induksi elektromagnetik dan arus listrik.

Pengertian listrik dapat dibagi menjadi dua, yaitu listrik dinamis dan listrik statis. Listrik statis dan listrik dinamis merupakan pembagian jenis listrik berdasarkan keadaan muatannya. Contoh listrik dinamis dan statis dapat kita temui dengan mudah dan dengan beberapa contoh sederhana.

Mari kita bahas bersama tentang pengertian listrik dinamis dan statis, serta apa yang menjadi perbedaan keduanya. 

Pengertian Listrik Dinamis dan Statis

Listrik statis merupakan kondisi arus listrik yang tidak mengalir/atau hanya diam dalam suatu arus listrik. Arus listrik statis diperoleh dari gesekan suatu benda.

Perpindahan arus dalam listrik statis bersifat terbatas. Apalagi listrik statis takdapat mengalir di dalam suatu rangkaian.

Sedangkan listrik dinamis merupakan kondisi listrik yang bergerak atau mengalir. Arus listrik dinamis diperoleh dari sumber listrik atau pembangkit listrik.

Berkebalikan dengan listrik statis idatas, listrik dinamis mampu menjadi mengalir dalam suatu rangkaian listrik.

Pengertian Listrik Statis

Listrik cuma bergerek diam untuk sementara pada suatu benda, Artinya, listrik statis terjadi karena gesekan atau gosokan dua benda.

Contoh listrik statis yang dapat ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika kain wool disetrika dan didekatkan ke badan, maka akan tumbul listrik statis yang mampu menarik rambut yang ada pada tubuh kita.



Pengertian Listrik Dinamis

Pengertian dari listrik dinamis adalah sumber listrik yang dapat bergerak. Listrik dinamis dapat berlangsung karena terdapat arus listrik searah dan arus listrik bolak-balik.

Artinya, arus listrik hanya dapat aktif dalam rangkaian listrik tertutup. Contoh listrik dinamis dalam kehidupan sehari-hari adalah pada baterai dan lampu.

Dalam baterai terdapat kutub positif dan kutub negatif, kutub positif merupakan ujung baterai dengan katup kecil. Sedangkan kutub negatif berbentuk rata pada bawah baterai.

Ketika kedua kutub tersambung pada sebuah kabel, elektron akan mengalir dari kutub positif ke kutub negatif dan akan menimbulkan arus listrik.

AKHIR KATA

demikianlah ulasan rifanfajrin tentang apa yang dimaksud listrik statis dan listrik dinamis. semoga bermanfaat ya.