Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA MENGHEMAT BBM KELAS 3 SD

CARA MENGHEMAT BBM KELAS 3 SD

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh. 

Halo teman-teman kelas 3 SD yang berbahagia. Kita berjumpa lagi di rifanfajrin.com. Pada pelajaran hari ini kita akan belajar tentang cara menghemat BBM. Materi ini adalah di pelajaran kelas 3 Tema 6 Subtema 1 ya teman-teman.


Namun sebelum kita bahas bagaimana cara menghemat BBM, adakah diantara kalian yang belum tahu apa itu BBM?

BBM adalah singkata dari Bahan Bakar Minyak. Bahan bakar minyak ini sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya yang paling sering adalah untuk transportasi. Selain itu BBM juga kita gunakan dalam keperluan rumah tangga, keperluan industri, dan lain-lain.

BBM harus kita gunakan secara bijak dan hemat ya teman-teman. Mengapa demikian? Hal itu karena BBM merupakan salah satu sumber energi yang tidak dapat diperbarui. Masih ingat kan, apa itu sumber energi yang tidak dapat diperbarui? Sumber energi yang tidak dapat diperbarui sumber energi yang keberadaannya terbatas, atau memerlukan waktu yang sangat lama hingga jutaan tahun untuk memperbaruinya sehingga bisa dikatakan sebagai sumber energi yang tidak dapat diperbarui.

BBM berasal dari minyak bumi yang berasal dari sumber energi fosil. Sumber energi fosil inilah yang terbentuk dari sisa tumbuhan dan jasad hewan purba masa lalu yang tertimbun di dalam tanah selama jutaan tahun sehingga mengeluarkan minyak, dan suatu saat nanti pasti akan habis apabila kita gunakan terus menerus setiap hari.

Bayangkan, ada berapa juta kendaraan yang mengisi bahan bakar dalam setiap harinya?

Nah, oleh karena itulah, kita harus hemat dalam pemakaian BBM ini.

Lalu, bagaimana cara menghemat BBM?

Cara Menghemat BBM

Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghemat BBM, antara lain adalah:

1. Berjalan kaki atau bersepeda untuk bepergian ke tempat-tempat yang berjarak dekat

Berjalan kaki atau bersepeda selain bisa menghemat pemakaian BBM juga dapat membuat badan kita menjadi lebih sehat.

2. Menggunakan kendaraan yang irit bahan bakar (kendaraan yang hemat konsumsi BBM)

Beberapa jenis kendaraan bermotor apalagi yang keluaran terbaru sudah didesain agar irit bahan bakar. Hal itu bisa mengurangi pemakaian BBM.

3. Menggunakan kendaraan umum daripada kendaraan pribadi

Kendaraan umum bisa mengangkut lebih banyak orang daripada kendaraan pribadi. Bandingkanlah antara 10 orang yang naik satu kendaraan umum dengan sepuluh orang yang menggunakan mobilnya masing-masing, manakah yang lebih hemat BBM?

4. Menggunakan BBM secara hemat, bijak, dan tidak boros

5. Menggunakan sumber energi alternatif sebagai pengganti BBM

Beberapa energi alternatif pengganti BBM antara lain adalah etanol, biodisel, dan sekarang mulai dikembangkan dan disempurnakan produksi mobil listrik.

====

Demikianlah beberapa cara menghemat BBM.

Semoga bermanfaat ya. Tetap semangat belajar, jangan lupa tetap menjaga kesehatan, dan selalu membantu pekerjaan orang tua di rumah semampu kalian.

Wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.