Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

APA YANG DIHASILKAN DARI PROSES FOTOSINTESIS

Rifanfajrin.com - Apa yang dihasilkan dari proses Fotosintesis kelas 3 SD

Assalamualaikum teman-teman kelas 3 SD, apa kabar kalian semuanya? semoga selalu diberikan kesehatan sehingga dapat melaksanakan kegiatan belajar dengan baik ya.

Pada post kali ini, rifanfajrin akan membahas Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 SD MI Halaman 5 Subtema 1 tentang fotosintesis. Materi dan soal tersebut terdapat pada Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas 3 SD MI Tema 6 Energi dan Perubahannya Edisi Revisi 2018 terbitan Kemendikbud.

Pada halaman 5, kita diminta untuk menjawab sebuah pertanyaan penting, yaitu apa yang dihasilkan dari proses fotosintesis?

Nah sebelum menjawab pertanyaan tersebut, tahukah kalian apa yang dimaksud dengan proses fotosintesis pada tumbuhan? 

PENGERTIAN FOTOSINTESIS

Tumbuhan sebagaimana makhluk hidup lainnya seperti manusia dan hewan, juga membutuhkan makanan. Namun berbeda dengan manusia dan hewan yang memperoleh makanan dari makhluk lain (memiliki ketergantungan terhadap makhluk lain), tidak demikian dengan tumbuhan. Tumbuhan dapat memperoleh atau memproduksi makanannya sendiri. Proses tersebut dinamakan proses fotosintesis. 

Apa yang dihasilkan dari proses Fotosintesis kelas 3 sd,


Fotosintesis adalah proses pemanfaatan energi cahaya matahari atau cahaya buatan yang dilakukan oleh tumbuhan berklorofil (zat hijau daun) untuk menghasilkan makanan sendiri.

PROSES FOTOSINTESIS 

Proses fotosintesis melibatkan peran cahaya matahari. Proses fotosintetis dapat disebut sebagai proses reaksi kimia yang terjadi pada tumbuhan berklorofil hijau dengan cahaya matahari.

Fotosintesis dapat terjadi ketika energi cahaya matahari mengubah menjadi energi kimia dan bermanfaat untuk mengubah air, karbondioksida, dan mineral menjadi oksigen dan senyawa organik.

Proses fotosintesis terjadi pada daun, yaitu pada sel tumbuhan yang kita sebut Kloroplas. Sel-sel didalamnya mengandung klorofil. Pada perkembangannya karbondioksida yang terdapat pada udara masuk melalui stomata di daun. Pada saat itu pula juga berlangsung proses penyerapan air pada akar tumbuhan dari dalam tanah untuk didistribusikan ke seluruh bagian tumbuhan terutama daun.

karbondioksida kemudian diproses di dalam daun menggunakan sinar matahari menghasilkan glukosa, oksigen, dan air. Proses panjang inilah yang disebut dengan proses fotosintesis. Orang awam seperti kita menyebut proses ini sebagai proses tumbuhan memproduksi makanan sendiri.

APA YANG DIHASILKAN DARI PROES FOTOSINTESIS?

Berdasarkan uraian tentang pengertian dan proses fotosintesis di atas, dapat diperoleh informasi bahwa fotosintesis menghasilkan makanan berupa zat gula atau karbohidrat dan oksigen

penjelasan : Selama fotosintesis pada tanaman hijau, energi cahaya ditangkap dan digunakan untuk mengubah air. Karbon dioksida, dan mineral menjadi oksigen dan senyawa organik yang kaya energi. Karbohidrat adalah produk organik fotosintesis langsung yang paling penting disebagian besar tanaman hijau. Pembentukan karbohidrat sederhana, glukosa ditunjukkan oleh persamaan kimia. Tidak hanya karbohidrat yang dihasilkan selama proses fotosintesis. Ada asam amino, protein, pigmen, lipid ( lemak), dan komponen organik lainnya. Makanan dan oksigen tersebut bermanfaat bagi kelangsungan hidup manusia dan makhluk hidup lainnya.

AKHIR KATA

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang apa yang dihasilkan dari proses fotosintesis tumbuhan kelas 3 sd, untuk menjawab pertanyaan / Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 3 SD MI Halaman 5 Subtema 1. Tentu saja teman-teman perlu berlatih menjawab soal secara mandiri sebelum membuka kunci jawaban yang disediakan rifanfajrin ya. Semoga artikel ini bermanfaat. 
M. Rifan Fajrin
M. Rifan Fajrin guru sekolah dasar yang biasa-biasa saja, tidak mengagumkan, tapi bahagia.