Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

UNSUR KARYA DEKORATIF

Rifanfajrin.com - Unsur Karya Dekoratif kelas 3 SD

Assalamualaikum teman teman, kelas 3 SD. Pada post kali ini rifanfajrin akan membahas tentang karya dekoratif. Pernahkah kalian mengamati hiasan pada dinding dinding rumahmu? atau pernahkah kalian mengamati ornamen yang ada pada beberapa bangunan di sekitarmu? Nah, kita akan membahas pertanyaan kelas 3 SD tema 3 tentang gambar dekoratif. apa yang dimaksud karya dekoratif? apa saja unsur karya dekoratif?

unsur karya dekoratif, Soal Kelas 3 SD Tema 3, Apakah yang Dimaksud Gambar Dekoratif

Pengertian karya seni dekoratif

Seni dekoratif adalah seni yang seringkali disebut dengan seni ornamen, dimana seni ini biasanya diaplikasikan dalam beragam hal termasuk media dua dimensi. Dalam Encyclopaedia Britannica, Seni dekoratif diartikan sebagai salah satu jenis seni rupa yang berkaitan dengan desain serta dekorasi benda. Sedangkan dalam menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dekoratif adalah sesuatu yang berkenaan dengan dekorasi. Dengan demikian dapat disimpulkan secara sederhana bahwa gambar dekoratif adalah gambar yang digunakan untuk menghias.

Biasanya gambar dekoratif berasal dari objek yang ada di alam sekitar kita, misalnya mengambil model tentang hewan dan tumbuhan atau objek alam lain. Seni dekoratif ini pada umumnya dibuat untuk menciptakan keanggunan dan gerakan anti tradisional. Gerakan tersebut biasanya akan melambangkan kekayaan dan kemewahan.

Karya seni dekoratif memiliki beragam manfaat dan fungsi, antara lain fungsi estetis, simbolis, dan teknis konstruktif.

Fungsi Gambar Dekoratif

1. Fungsi Estetis

Fungsi pertama gambar dekoratif adalah fungsi estetis. Fungsi ini menempatkan gambar atau seni dekoratif sebagai sarana untuk memperindah penampilan suatu benda.

Seni dekoratif berdasarkan fungsinya biasanya ditambahkan pada benda dalam bentuk gambar atau ukiran seni dekoratif.

2. Fungsi Simbolis

Fungsi kedua adalah funsi simbolis, yaitu fungsi memberikan unsur keindahan, seklaigus memiliki fungsi simbol. Simbol yang digunakan bisa berupa bentuk gambar hewan atau tumbuhan. Meski berupa hewan dan tumbuhan, akan tetapi memiliki makna yang berbeda sesuai dengan keyakinan setiap daerah. Biasanya fungsi ini digunakan pada benda-benda sakral dan upacara-upacara adat atau keagamaan.

3. Fungsi Teknis Konstruktif

Fungsi ketiga ini yaitu fungsi konstruksi suatu benda. Ornamen dekoratif akan ditambahkan pada bagian-bagian bangunan yang memiliki fungsi menyangga, menopang, menghubungkan atau memperkokoh konstruksi. Pada fungsi jenis ini karya dekoratif misalnya berupa tiang penyangga.

Unsur dalam Arti Gambar Dekoratif

Setelah mempelajari tentang fungsi karya dekoratif, penting pula untuk memahami unsur karya dekoratif. beberapa unsur karya dekoratif antara lain:

1. Warna

Warna merpakan unsur dekoratif yang tidak dapat dilepaskan dari sebuah karya seni, termasuk seni dekoratif. Dengan menggunakan warna dan gambar yang tepat, sebuah seni dekoratif akan terlihat lebih nyata dan indah. Warna akan memberikan keindahan tersendiri. Meski demikian, pada karya tertentu warna hitam dan putih juga mampu memberikan keindahan tersendiri.

2. Bidang

Unsur kedua adalah bidang yang memiliki peranan dalam karya dua dimensi. Bidang pada gambar dekoratif ini bisa berupa benda pipih yang berbentuk persegi, lingkaran, dan bentuk apapun yang mengarah pada sebuah dimensi.

3. Garis

Unsur selanjutnya adalah garis yang cukup penting dalam gambar dekoratif. Garis ini yang akan mengarahkan sebuah bentuk untuk gambar dekoratif.

4. Titik

Titik juga menjadi unsur penting dalam sebuah gambar dekoratif. Unsur titik ini akan menjadi menarik bila digabungkan dengan banyak titik lainya hingga membentuk sebuah gambar.

untuk lebih memahami tentang karya dekoratif, teman teman bisa menonton video berikut ini:



Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang unsur karya dekoratif kelas 3 SD untuk menjawab pertanyaan pada tema 3 tentang karya dekoratif, semoga bermanfaat ya teman teman.