CARA MENJAGA KESEHATAN BADAN

Rifanfajrin.com - Cara menjaga kesehatan badan kelas 2 SD

Hai teman-teman kelas 2 sd, Assalamualaikum. Apa kabar kalian semuanya? Pada post kali ini, mari kita mengulas Cara menjaga kesehatan badan yang merupakan pembahasan soal tema 4 kelas 2 halaman 149, tepatnya pada materi pembelajaran 6 subtema 3 Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain ya. 

Pada halaman tersebut, kita diminta untuk membuat laporan Pengamatan Terhadap Gambar Cara Menjaga Kesehatan Badan Kelas 2 SD setelah bermain. Untuk itu, kita perlu mengamati terlebih dahulu gambar yang disajikan sebelum membuat laporan sederhana.

Oiya, sebelumnya kalian tentu harus mengetahui terlebih dahulu, apa yang dimaksud dengan laporan sederhana itu?

PENGERTIAN LAPORAN SEDERHANA

laporan adalah bentuk penyampaian informasi baik secara lisan maupun tulisan. Informasi yang disampaikan melalui laporan bisa bermacam-macam tergantung kebutuhan mulai dari berita, keterangan, pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban.

Dalam sebuah laporan sederhana, laporan dapat dibuat dengan mengamati gambar, membaca teks, atau mengamati secara langsung untuk kemudian disajikan dalam bentuk karangan.

MEMBUAT LAPORAN SEDERHANA

Perhatikan gambar berikut!

Buatlah laporan pengamatan tentang gambar tersebut!
Contoh laporan yang bisa kita buat adalah sebagai berikut:
Bermain sepakbola sangat menyenangkan sekaligus menyehatkan. Sebab selain memperoleh kesenangan kita juga dapat mengeluarkan keringat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, setelah selesai bermain tubuh akan menjadi kotor dan bau. Sebab, ketika bermain dan berkeringat, debu akan mudah menempel di tubuh kita. Oleh sebab itu, kita harus membiasakan diri untuk mencuci tangan dan kaki setiap kali selesai bermain. Hal itu kita lakukan agar tubuh selalu terjaga kebersihan dan kesehatannya. 

LAPORAN SEDERHANA TENTANG CARA MENJAGA KESEHATAN BADAN

Setelah kita berlatih untuk membuat laporan sederhana tentang kegiatan setelah berolahraga di atas, mari kita berlatih untuk membuat laporan sederhana tentang cara menjaga kesehatan badan.

amatilah gambar berikut ini!

Informasi yang dapat dipeoleh dari kegiatan pada gambar adalah sebagai berikut:

(1) Anak yang sedang mencuci tangan

(2) Anak yang sedang menggosok gigi

(3) Anak yang sedang mandi

Tuliskan hasil pengamatanmu terhadap gambar tesebut!

Pembahasan:
CARA MENJAGA KESEHATAN BADAN

Cara Menjaga Kesehatan Badan

Semua orang ingin memiliki badan yang sehat. Badan yang sehat artinya terhindar dari segala penyakit. Untuk memperoleh kesehatan badan, kita harus menjaga kesehatan badan kita.

Salah satu cara merawat kesehatan badan adalah mencuci tangan setelah melakukan kegiatan. Kita harus mencuci tangan saat selesai bermain, setelah menyentuh benda-benda, ataupun setelah berpergian. Kita juga wajib mencuci tangan sebelum memakan makanan. Mencuci tangan harus menggunakan sabun dan dilakukan di air yang mengalir.

Selanjutnya kita juga harus rajin menggosok gigi. Kita menggosok gigi minimal dua kali sehari yaitu setelah makan di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari. Menggosok gigi bertujuan untuk membersihkan gigi kita dari sisa makanan yang dapat menyebabkan kerusakan pada gigi kita.

Yang terakhir kita harus mandi dengan teratur. Kita wajib mandi setiap hari. Minimal kita mandi dua kali dalam sehari yaitu saat pagi dan sore hari. Mandi bertujuan untuk membersihkan kotoran dan kuman yang menempel pada tubuh kita.

AKHIR KATA

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang cara membuat laporan sederhana tentang cara menjaga kesehatan badan kelas 2 sd, semoga bermanfaat.

 

close