PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM HAYATI

Rifanfajrin.com - pemanfaatan sumber daya alam kelas 4 SD

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? semoga kalian selalu diberikan kesehatan dan kelancaran dalam setiap aktivitas kalian ya. Nah, pada artikel kali ini rifanfajrin akan mengulas tentang materi kelas 4 sd, tema 6 tentang sumber daya alam di sekitar kita. masih ingatkah kalian palajaran tersebut?  

Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat beragam. Kekayan alam berupa SDA itu tentu saja dapat dimanfaatkan untuk menunjang berbagai aktivitas kehidupan manusia.

Apa saja potensi sumber daya alam di sekitar kita yang dapat dimanfaatkan ? Untuk menjawabnya, mari kita ulas tentang sumber daya alam dengan membaca rangkuman dan latihan soal, berikut ini ya!

Keragaman Sumber Daya Alam di Indonesia

Keragaman sumber daya alam Indoenesia menampakkan kenampakan alam yang beragam, diantaranya berupa pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, hingga pantai dan laut. Kondisi alam ini membuat adanya keragaman sumber daya alam.

Sumber daya alam adalah segala sesuatu di alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Di sekitar kita terdapat sumber daya alam yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan, bahan sandang, bahan papan, hingga obat-obatan. Pemanfaatan sumber daya alam tersebut oleh manusia harus disesuaikan dengan lingkungannya. Karena lingkungan yang berbeda memiliki potensi sumber daya alam yang berbeda pula. 

Sebagai ilustrasi, misalnya di pada masyarakat pesisir pantai, mata pencaharian utama mereka adalah sebagai nelayan untuk menangkap hasil laut, sementara itu di dataran tinggi masyarakat umumnya bekerja sebagai petani kebun sayur dan buah.

Macam-Macam Sumber Daya Alam

1. Sumber Daya Alam Hayati dan Sumber Daya Alam Non-Hayati

Sumber daya alam hayati dapat diartikan sebagai sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup. Sumber daya alam hayati merupakan sumber daya alam yang berasal dari tumbuhan dan hewan.

Sedangkan sumber daya alam non-hayati diartikan sebagai sumber daya alam yang tidak berasal dari makhluk hidup. Contoh sumber daya alam non hayati misalnya adalah ini adalah air, tanah, dan hasil tambang.

2. Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui dan Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam terbarukan yang tidak mudah habis, sebab dihasilkan kembali setelah digunakan.

Contoh sumber daya alam diperbarui adalah hewan, tumbuhan, cahaya matahari, dan air.

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang apabila digunakan terus menerus maka akan habis, karena proses pembentukannya membutuhkan waktu yang lama.

 


Contoh Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam dapat dimanfaatkan bagi kehudypan manusia secara langsung maupun melalui proses pengolahan terlebih dahulu.

1. Pemanfaatan sumber daya alam secara langsung:

- Pemanfaatan air digunakan untuk mandi dan irigasi/ mengairi sawah

- Pemanfaatan hasil tanaman sayur untuk konsumsi sehari hari dan buah 

- Pemanfaatan cahaya matahari untuk berbagai keperluan sehari hari misalnya mengeringkan pakaian, menjemur, dan membantu pembuatan garam

- Pemanfaatan tenaga hewan misalnya sapi atau kuda untuk menarik pedati

2. Pemanfaatan sumber daya alam melalui pengolahan:

- Pemanfaatan kacang kedelai yang dapat diolah menjadi makanan olahan seperti tempe, tahu, dan kecap 

- Pemanfaatan kapas yang dapat diolah menjadi benang dan baju

- Pemanfaatan bulu domba yang dapat diolah menjadi benang wol

- Pemanfaatan tanaman herbal untuk obat-obatan

Contoh Soal tentang Sumber Daya Alam

1. Sebutkan manfaat sumber daya alam hewan bagi kehidupan manusia

- Sebagai bahan pangan, misalnya ternak sapi untuk dimanfaatkan daging dan susunya, kemudian ternak ayam untuk dimanfaatkan daging dan telurnya.

- Sebagai bahan sandang, misalnya domba diambil bulunya untuk dijadikan benang wol dan kepompong ulat sutra dijadikan benang sutra.

- Sebagai bahan obat, misalnya cacing tanah untuk obat tipes dan minyak ikan untuk bahan suplemen.

2. Sebutkan manfaat sumber daya alam tumbuhan bagi kehidupan manusia

- Sebagai bahan pangan, misalnya padi, buah, sayur, dan palawija ditanam untuk dikonsumsi hasilnya.

- Sebagai bahan sandang, misalnya kapas dijadikan bahan benang untuk kain katun.

- Sebagai bahan obat, misalnya jahe dan kunyit untuk suplemen dan lidah buaya untuk mengobati bekas luka.

3. Sebutkan contoh sumber daya alam yang dapat diperbarui

Tumbuhan, hewan, air, cahaya matahari, dan angin.

4. Sebutkan contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui

Minyak bumi, gas bumi, batu bara, belerang, dan emas.

Akhir kata

Demikianlah ulasan tentang pemanfaatan sumber daya alam hayati, pemanfaatan sumber daya alam kelas 4 sd, pemanfaatan sumber daya alam hayati. semoga bermanfaat.

close