Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MAKNA MENUNGGANGI, SEWA, PEMANDU, MENEKUK, ABA-ABA KELAS 2 SD

 Rifanfajrin.com - Makna menunggangi, sewa, pemandu, menekuk, aba-aba kelas 2 SD

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? Pernahkah kalian membuat laporan pengamatan? Pada post kali ini rifanfajrin mengajak kalian untuk mengulas pengamatan teks tentang "MENUNGGANGI GAJAH".

Pada teks tersebut, nantinya akan dijumpai beberapa kata yang menarik untuk diulas artinya lebih lanjut, yaitu makna kata menunggangi, sewa, pemandu, menekuk, aba-aba kelas 2 SD.

Baiklah kita mulai mengamati teks terlebih dahulu. Perhatikan teks berikut ini!

makna Sewa, makna Pemandu, Makna menekuk, makna Aba-aba


Teks Menunggangi Gajah

MENUNGGANGI GAJAH

Di Kebun Binatang Ragunan, Beni ingin menunggangi gajah. Ia bersama guru dan teman lainnya membayar sewa naik gajah. Mereka dipandu oleh pemandu di kebun binatang, khususnya yang bertugas mengurus gajah. Beni berhati-hati menaiki gajah.

Langkah menaiki gajah, yaitu: siapkan gajah dalam posisi kaki menekuk. Gajah akan menekukkan kakinya setelah mendengarkan aba-aba dari pemandu. Pemandu pertama kali menaiki gajah. Penumpangnya akan dibantu menaiki gajah oleh pemandu lainnya. Setelah kaki gajah ditekuk, penumpang langsung menaikinya.

Gajah akan berdiri setelah diberi aba-aba oleh pemandu. Caranya dengan menepuk kaki pemandu itu sendiri ke badan gajah. Gajah mengangkat kakinya, tanpa merundukkan badan. Setelah berdiri, pemandu kembali menepuk kakinya dan gajah mulai berjalan. Saat berjalan, akan terasa sedikit oleng. Tetapi lama-kelamaan akan terbiasa.

Makna Kata Menunggangi, Sewa, Pemandu, Menekuk, dan Aba-aba

Setelah kalian mengamati teks di atas, mari kita ulas beberapa kata yang menarik berikut ini, yaitu:
Menunggangi, Sewa, Pemandu, Menekuk, dan Aba-aba
 
KataMaknanya
MenunggangiBerdasarkan KBBI, makna menunggangi adalah "menunggang, menaiki, memengaruhi (orang)"
Kata Menunggangi, identik dengan aktivitas menaiki kuda secara langsung, buka menggunakan kereta kuda atau dokar.  Biasanya dibutuhkan pelana untuk menunggang kuda supaya lebih nyaman dalam menunggang kuda.

Namun, selain kuda, bisa juga digunakan untuk konteks menunggang hewan lainnya, misalnya gajah sebagaimana dimaksud dalam teks di atas.
SewaUang yang dibayarkan untuk biasa pemakaian sesuatu, dalam konteks teks di atas, sewa berarti uang yang dibayarkan untuk biaya menunggangi gajah dalam waktu yang telah ditentukan. Apabila waktu yang disepakati telah habis, maka untuk menunggangi gajah kembali, dibutuhkan biaya sewa yang baru.
PemanduDalam KBBI disebutkan bahwa pemandu berarti penunjuk jalan (di hutan) ; atau berarti orang yang memandu sesuatu (dalam diskusi dan sebagainya); moderator

Dalam konteks teks di atas, pemandu diartikan sebagai seseorang yang memiliki kecakapan khusus untuk memastikan pengunjung dapat menunggang gajah dengan aman dan nyaman. Pemandu bertugas membantu pengunjung untuk naik gajah, serta mengendalikan gajah


MenekukMelipat atau Membongkokan
Aba-abaPerintah

Demikianlah artikel tentang MAKNA MENUNGGANGI, SEWA, PEMANDU, MENEKUK, ABA-ABA KELAS 2 SD, semoga bermanfaat ya.