Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA

Rifanfajrin.com - Bagian tumbuhan dan fungsinya kelas 4 SD

Hai adik-adik kelas 4 SD, apa kabar semuanya? Semoga kita selalu dalam keadaan sehat wa afiat ya. Tetap jaga kesehatan dan selalu taati protokol kesehatan.

Pada post kali ini rifanfajrn akan membahas tentang materi Bagian Tumbuhan dan Fungsinya yang diperuntukkan untuk kelas 4 SD/MI. Pembahasan materi akan dibuat sesederhana mungkin tentang bagian tumbuhan dan fungsinya supaya mudah untuk dipahami. Semoga bermanfaat.



Bagian Tumbuhan dan Fungsinya

Bagian tumbuhan:

Bagian tumbuhan antara lain sebagai berikut 

  • Bunga
  • Buah
  • Biji
  • Daun
  • Batang
  • Akar


PEMBAHASAN BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA

A. Akar

Akar merupakan bagian tumbuhan yang penting. Umumnya akar tertanam di dalam tanah, meskipun ada pula akar yang berada di atas permukaan tanah, misalnya tumbuhan mangrove. 

Akar berfungsi sebagai tempat cadangan makanan, menyerap air dan zat hara dari dalam tanah, menegakkan tumbuhan.

Beberapa jenis akar antara lain : akar tunggang, akar serabut, gantung, napas, dan pelekat.

Akar tunggang adalah akar utama yang tumbuh dari biji, tegak ke bawah, dan dari akar utama keluar cabang akar. Contoh tumbuhan yang memiliki akar tunggang antara lain pohon mangga, pohon jeruk, jambu, dan rambutan.

Sedangkan akar serabut adalah akar yang keluar dari batang utama, umumya akar jenis ini bergerombol sebagai pengganti akar yang tidak berkembang. 

Contoh tumbuhan yang memiliki jenis akar serabut antara lain padi, jagung, kelapa, bawang putih, dan bawang merah.

Sementara itu akar gantung adalah akar yang berfungsi untuk mengambil uap air dari udara. Contoh akar pada pohon beringin.

Akar napas merupakan akar yang muncul ke permukaan tanah atau lumpur yang berfungsi untuk bernapas dan mengeluarkan zat tertentu seperti garam. Contoh tumbuhan pandan dan bakau.

Akar pelekat berfungsi untuk membantu tegaknya tumbuhan. Contoh sirih dan lada.

B. Batang

Batang merupakan bagian tumbuhan yang penting, sebab batang berfungsi mengangkut air dan garam mineral dari akar ke daun. Batang juga berfungsi menegakkan tumbuhnan. Beberapa jenis batang berfungsi sebagai tempat cadangan makanan. Batang ada batang berkayu contohnya batang pohon mangga, dan ada batang basah contohnya batang seledri.

C. Daun

Daun merupakan bagian tumbuhan yang berbentuk lembaran dan tumbuh pada cabang-cabang batang. Daun berfungsi untuk membuat makanan serta tempat keluarnya air dan oksigen.

Tulang daun menyirip. Bentuk tulang daun menyirip adalah bentuk tulang daun yang memiliki susunan seperti sirip ikan mulai dari tangkai daun hingga ujung helai daun. Contohnya: daun jambu, daun jeruk, daun nangka, daun rambutan.

Tulang daun menjari. Bentuk tulang daun yang memiliki susunan seperti jari-jari manusia. Contohnya : daun singkong dan daun pepaya.

Tulang daun sejajar merupakan bentuk tulang daun yang memiliki susunana bentuk seperti garis-garis sejajar dan tiap ujung tulang daunnya menyatu. Contohnya : daun padi, tebu, jagung, rumput.

Tulang daun melengkung merupakan bentuk tulang daun yang memiliki susunan bentuk seperti garis-garis melengkung dan tiap ujung tulang daunnya menyatu. Contohnya : sirih, enceng gondok, genjer, kuping gajah.

D. Biji

Di dalam biji terdapat calon tumbuhan baru. Biji dibedakan menjadi biji berkeping satu (monokotil) contohnya padi, dan biji bereping dua (dikotil) contohnya mangga.

E. Buah

Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Fungsi utama buah adalah sebagai pemencar biji tumbuhan.

F. Bunga

Bunga merupakan alat perkembangbiakan (reproduksi) bagi sebagian besar tumbuhan. Bagian bunga : mahkota, benang sari, putik, kelopak, dan tangkai.

AKHIR KATA

demikianlah pembahasan rifanfajrin tentang bagian tumbuhan dan fungsinya kelas 4 sd, semoga bermanfaat.