Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

4 CONTOH CARA MAKHLUK HIDUP BERADAPTASI DENGAN LINGKUNGANNYA

 Rifanfajrin.com - 4 contoh cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya

Hai teman teman, selamat pagi. Pada post kali ini rifanfajrin akan mengulas tentang bab Persatuan dalam Perbedaan yang merupakan materi tema 2 Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2018 untuk kelas 6 SD/MI.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas kunci jawaban halaman 140 Tema 2 Subtema 3, yaitu Bersatu Kita Teguh Kelas 6 SD/MI.

Pada halaman tersebut kita jumpai pertanyaan perintah sebagai berikut

 "Tuliskan 4 contoh cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya!"

Nah, sebelum teman teman membaca kunci jawaban yang ditulis rifanfajrin, sebaiknya teman-teman berusaha untuk menjawab sendiri terlebih dahulu. Sebab, kunci jawaban ini hanyalah sebagai pemandu teman-teman untuk lebih mengeksplor lebih dalam pertanyaan-pertanyaan yang ada, dan menjawabnya dengan jawaban sendiri.

Selain itu, kunci jawaban ini juga bisa dijadikan panduan dan pembanding bagi orang tua siwa untuk memeriksa jawaban putra putrinya.

berikut adalah kunci jawaban Buku Tematik Kelas 6 SD/MI Tema 2 subtema 3 halaman 140.

Kunci jawaban tema 2 kelas 6 SD MI halaman 140

*Evaluasi*

Tuliskan 4 contoh cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya!

Berikut merupakan alternatif jawaban yang bisa digunakan untuk menjawab pertanyaan di atas:

Alternatif jawaban:

Contoh makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya:

- Kaktus beradaptasi dengan merubah daunnya menjadi duri untuk mencegah penguapan di habitat yang panas.

kaktus
kaktus

- Punuk unta mampu menyimpan lemak sebagai cadangan air, inilah sebab kenapa unta bisa bertahan berhari hari mengarungi padang pasir yang luas.

unta

- Bunglon beradaptasi dengan mengubah warna tubuhnya menyesuaikan dengan tempat sekitarnya untuk menghindari ancaman dan mengelabui predatornya.

bunglon
bunglon

- Kelewar beradaptasi dengan mengeluarkan ultrasonik untuk mendeteksi keadaan sekitarnya ketika gelap.

kelelawar
kelelawar

Pembahasan:

Adaptasi adalah proses yang dilakukan dan sifat yang dimiliki makhluk hidup agar bisa bertahan hidup di lingkungannya. Adaptasi merupakan mekanisme agar makhluk hidup bisa mengatasi kondisi sulit di lingkungannya.

Adaptasi dapat berupa adaptasi morfologi (adaptasi dengan bentuk tubuh), adaptasi fisiologi (adaptasi fungsi tubuh) dan adaptasi tingkah laku. Semua jenis adaptasi ini bertujuan agar makhluk hidup bisa bertahan hidup.

Adaptasi morfologi misalnya adalah warna kulit hitam di manusia yang hidup di daerah Tropis. Kulit hitam ini disebabkan oleh tingkat melanin yang tinggi. Melanin bermanfaat untuk melindungi diri dari bahaya sinar ultraviolet matahari, yang dapat menyebabkan kanker berbahaya.

Adaptasi fisiologi adalah cara makhluk hidup menyesuaikan diri (adaptasi) dengan lingkungannya melalui fungsi kerja pada organ-organ tubuhnya, dengan tujuan supaya dapat bertahan hidup dalam kondisi lingkungan tempatnya berada tersebut.  

Contohnya adaptasi ikan laut yang banyak minum untuk mengganti air yang keluar tubuh akibat osmosis dan mengeluarkan urine sangat sedikit serta pekat.

Adaptasi tingkah laku adalah perubahan sikap makhluk hidup terhadap lingkungannya dan berupa tindakan terhadap rangsang di sekitar, misalnya adalah bunglon yang melakukan mimikri agar dapat tampak mirip dengan batang pohon sekitarnya.

Contoh cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya

  1. Kaktus beradaptasi dengan daun berduri dan batang yang menyimpan air
  2. Cumi-cumi memiliki tinta untuk kabur dari pemangsa
  3. Manusia di daerah Tropis memiliki kulit gelap
  4. Bunglon yang memiliki kemampuan mimikri agar mirip dengan lingkungannya
  5. Ikan-ikan laut yang banyak minum dan memiliki urin pekat

AKHIR KATA

Itulah pembahasan kunci jawaban tema 2 kelas 6 SD dan MI halaman 140 Subtema 3, Bersatu Kita Teguh.