Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MENGAPA KITA TIDAK BOLEH LUPA WAKTU

Rifanfajrin.com - mengapa kita tidak boleh lupa waktu saat bermain kelas 2 SD tema 2

Hai teman-teman kelas 2 sd, apa kabar kalian hari ini? Semoga kalian selalu sehat ya. Tetap semangat di era pandemi ini. Semoga sekolah tatap muka dapat segera dilakukan ya! Untuk itu mari kita ikut arahan pemerintah untuk taat protokol kesehatan, dan menerapkan 5 m, mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Pada post kali ini, rifanfajrin akan mengulas buku tema 2 kelas 2 sd halaman 17 SD/MI, tentang mengapa kita tidak boleh lupa waktu. Untuk menjawabnya, kalian perlu membuka buku halaman 15 terlebih dahulu untuk memahami konteks pertanyaan tersebut.

mengapa kita tidak boleh lupa waktu saat bermain kelas 2 sd, tema 2 kelas 2 sd, cara bermain simpai


Pada halaman 15, dikisahkan bahwa Beni dan Tiur bermain Simpai. Pernahkah kalian memainkannya? Apa itu simpai? bagaimana bentuk simpai itu? terbuat dari apa simpai tersebut? bagaimana cara memainkan simpai?

Simpai adalah alat permainan yang berbentuk lingkaran, terbuat dari rotan dan dapat digunakan untuk bermain maupun berolahraga.

Cara memainkannya, kita cukup meletakkan simpai di pinggang, kemudian pinggang digoyangkan mengikuti putaran simpai tersebut. Usahakan simpai jangan sampai melorot ya teman teman! :-D

Kalian bisa memainkan simpai secara berkelompok, bisa juga untuk berlomba. Pemenangnya adalah siapa yang paling lama mempertahankan putaran hingga tidak melorot dan jatuh.

terbuat dari apa simpai tersebut? bagaimana cara memainkan simpai?


PENJELASAN PERCAKAPAN HALAMAN 15

Kembali ke bacaan halaman 15, Beni dan Tiur sedang bermain simpai. Beni sedang berlatih memainkan simpai diajari oleh kak Tiur. Namun ibu datang dan mengatakan, "Beni, Tiur, bermainnya, sudah ya!" kata Ibu.

Beni kemudian berkata, "tapi Beni masih belum bisa, Bu" kata Beni masih ingin mencoba bermain simpai.

Ibu menyahut, "tapi ini sudah sore, nak. Sudah waktunya mandi" kata ibu mengingatkan bahwa hari sudah sore.

Tiur pun menambahkan, "iya dik, besok kita lanjutkan bermainnya, ya". Tiur setuju dengan perkataan ibu.

Namun Beni merajuk masih ingin bermain. "Beni masih ingin berlatih, Bu. Kata kak Tiur harus rajin berlatih, " kata Beni beralasan.

"Iya nak, besok dilanjutkan berlatihnya. Kalau bermain tidak boleh lupa waktu," ibu memperingatkan.

Tiur menambahkan, "benar kata ibu, dik. ayo kita mandi" bujuknya.

Akhirnya Beni pun berhenti berlatih, "baiklah bu, kak. Ayo..!"

TIDAK BOLEH LUPA WAKTU KETIKA BERMAIN

Nah, setelah membaca penjelasalan rifanfajrin.com di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa Beni dan Tiur sedang bermain sempai, kemudian ibu datang dan meminta mereka menyudahi bermain sempai karena waktu sudah sore. Ibu mengingatkan bahwa Beni dan Tiur tidak boleh lupa waktu.

Teman, teman, mengapa kita tidak boleh lupa waktu dalam bermain?

Teman teman bisa menyimak pembahasan berikut ini sebagai salah satu alternatif jawaban, kalian bisa mengeksplorasi jawaban lainnya ya.

Baiklah, mari kita menjawab mengapa kita tidak boleh lupa waktu dalam bermain untuk menjawab Tema 2 Kelas 2 SD dan MI Halaman 17 tersebut.

Materi dapat kalian lihat pada Buku Tematik Tema 2 Kelas 2 SD dan MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 terbitan dari Kemendikbud.

Alasan kita tidak boleh lupa waktu adalah, 

karena lupa waktu dapat menyebabkan hidup kita menjadi tidak teratur, lupa waktu mengakibatkan banyak aktivitas kita menjadi tertunda. bahkan mungkin menjadi tidak dapat dilaksanakan dikarenakan sempitnya waktu yang tersisa. Seperti Beni dan Tiur pada bacaan, apabila mereka tidak segera menghentikan bermain sempai karena lupa waktu, maka mereka mungkin akan mandi kesorean, atau mungkin kemalaman, atau bahkan menjadi tidak mandi sama sekali. Padahal mandi merupakan aktivitas rutin yang sangat baik untuk kesehatan. Dengan mandi maka badan menjadi bersih, sehat, tidak mudah terserang penyakit seperti gatal. Apabila kita lupa waktu, misalnya bermain hingga sore, maka apabila kita memaksakan mandi maka mandi kita justru tidak jarang menyebabkan kita menjadi sakit, misalnya mengakibakan demam, penyakit tulang dan reumatik.

Akhir kata

Demikian pembahasan rifanfajrin.com sebagai kunci jawaban tema 2 kelas 2 SD MI halaman 17, semoga bermanfaat bagi teman-teman dan berguna bagi teman teman ya. 

Selamat belajar, teman teman!