Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PENGERTIAN GERAK LOKOMOTOR

 Rifanfajrin.com - Pengertian gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? Pada postingan kali ini seperti biasa rifanfajrin.com berusaha menemani aktivitas belajar kalian selama pandemi covid-19. Semoga aktivitas Pembelajaran Jarak Jauh kalian di rumah, bisa sedikit terbantu dengan postingan postingan rifanfajrin.com ya!

Pada artikel kali ini, rifanfajrin akan mengulas tentang Pengertian gerak lokomotor, non-lokomotor, dan manipulatif dalam pembelajaran olahraga SD.

Tahukah kalian perbedaan gerak lokomotor, gerak non-lokomotor, dan gerak manipulatif?

Pengertian Gerak lokomotor dan Non-Lokomotor

Gerak lokomotor merupakan gerakan yang terjadi saat bagian tubuh tertentu bergerak atau berpindah tempat. Contoh dari kegiatan yang termasuk gerak lokomotor misalnya berlari, melompat, berjalan, dan memanjat.

gerak lokomotor adalah
contoh gerak Lokomotor


Gerak non lokomotor merupakan gerakan gerakan yang terjadi dengan tidak disertai perpindahan tempat. Adapun contoh dari gerak non lokomotor adalah gerakan memutar, menggeleng, membungkuk, dan mengayun. 

gerak non-lokomotor adalah
melempar adalah contoh gerakan non-lokomotor


Sedangkan gerak manipulatif merupakan gerakan yang melibatkan penguasaan pada sebuah objek (misalnya bola) atau gerak yang melibatkan suatu alat (misalnya raket, atau alat pemukul pada kasti).

Contoh gerakan manipulatif misalnya adalah menangkap, melempar, memukul, menggiring, dan memantulkan bola.

Perbedaan Gerak lokomotor dan Non-Lokomotor

Dengan memahami pengertian di atas, tentu tidak sulit bagi kalian untuk membedakan antara gerak lokomotor dan non-lokomotor ya. Untuk lebih jelasnya, silahkan cermati tabel berikut ini.

gerak non-lokomotor

Tabel tersebut merupakan contoh gerak dasar lokomotor dan gerak dasar non lokomotor, cukup bisa dipahami ya, teman?

Kesimpulan

Ketika kita berolahraga, terdapat tiga keterampilan yang sangat membantu kita dalam berolahraga. ketiga keterampilan gerak dasar tersebut antara lain gerak lokomotor, non lokomotor, dan manipulatif .

Gerak lokomotor adalah gerakan berpindah tempat, di mana bagian tubuh tertentu bergerak atau berpindah tempat.

Misalnya gerakan berjalan, berlari, melompat, memanjat dan merayap.

Nah, kalau gerakan non lokomotor adalah gerakan yang tidak disertai dengan perpindahan tempat.

Misalnya gerakan membungkuk, memutar, menendang, menghindar, meliuk, dan mengayun.

Gerak manipulatif : gerakan untuk melibatkan penguasaan objek atau gerak yang menggunakan  alat (misalnya menangkap bola, melempar bola, memukul, menggiring, dan mendribel bola)

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang pengertian gerak lokomotor, non-lokomotor dan manipulatif. semoga bermanfaat ya teman-teman. sampai jumpa. salam.