KEBIASAAN SEBELUM MAKAN KELAS 3 SD

 Rifanfajrin.com - kebiasaan sebelum makan kelas 3 sd

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? Semoga kalian selalu diberikan kesehatan sehingga dapat melaksanakan aktivitas pembelajaran dengan baik ya.

Pada post kali ini rifanfajrin akan mengulas tentang kunci jawaban tema 1 kelas 3 halaman 41, yaitu pada materi pembelajaran 5 subtema 1 Ciri-ciri Makhluk Hidup, buku tematik siswa kurikulum 2013 revisi 2017. Pembahasan ini merupakan lanjutan tugas sebelumnya.

TULISKAN KEBIASAAN YANG KAMU LAKUKAN SEBELUM MAKAN LALU CERITAKAN DI DEPAN TEMAN-TEMANMU KELAS 3 HALAMAN 41

Nah, pada artikel kali ini rifanfajrin membahas tentang kebiasaan sebelum makan kelas 3 sd. Makan, merupakan aktivitas sehari hari yang dilakukan di rumah, maupun di tempat lain. Makan mencerminkan kepribadian seseorang sehingga makan pun juga ada aturannya. terdapat berbagai kebiasaan yang sebaiknya dilakukan sebelum makan. pengetahuan semacam ini harus diajarkan kepada siswa siswi kelas 3 sd.
Untuk mengetahui aturan sebelum makan, cermati teks berikut ini!

Aturan Sebelum Makan

Salah satu ciri makhluk hidup adalah tumbuh. Untuk bertumbuh makhluk hidup perlu makanan dan air. Makanan yang baik untuk pertumbuhan adalah makanan yang bersih dan sehat.

Kebersihan makanan juga akan mempengaruhi pertumbuhan. Jika makanan yang kita makan tidak bersih, kesehatan dan pertumbuhan kita akan terpengaruh.

Salah satu cara menjaga makanan agar tetap bersih adalah dengan menutup makanan. Hal ini perlu dilakukan agar makanan tidak dihinggapi lalat atau hewan lainnya. Makanan dapat menjadi tempat lalat bertelur yang menyebabkan makanan menjadi kotor.

Selain menjaga kebersihan, kita juga harus berdoa sebelum makan. Berdoa untuk berterima kasih atas karunia yang diberikan-Nya. Makan sesuai kebutuhan, menjaga kebersihan makanan, serta berdoa sebelum dan sesudah makan merupakan contoh sikap bersyukur.

Sikap bersyukur merupakan pengamalan sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan yang Maha Esa. Jika kita sudah makan sesuai kebutuhan, menjaga kebersihan, serta berdoa sebelum dan sesudah makan, berarti kita sudah melaksanakan sila pertama Pancasila.

Berdoa juga menunjukkan sikap berterima kasih kepada Tuhan. Selalu berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan juga merupakan contoh pengamalan sila pertama Pancasila.

Pembahasan Soal dan Jawaban :

Setelah membaca teks di atas, maka tugas kalian adalah sebagai berikut!

Tuliskan kebiasaan yang kamu lakukan sebelum makan. Lalu, ceritakan di depan teman-temanmu!

Jawab:

Kebiasaan sebelum makan :

  1. Mencuci tangan sebelum makan adalah kebiasaan yang baik, karena dapat membersihkan tangan dari kuman dan penyakit.
  2. Berdoa, merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan YME atas nikmat makanan yang diberikan, dan kesehatan dari asupan makanan.
  3. Mengambil makanan yang terdekat terlebih dahulu.
  4. Mengambil makanan secukupnya, tidak belebih lebihan.
  5. Menghabiskan makanan, jangan sampai ada siswa. Makanan yang kita makan adalah jerih payah para petani, pedagang beras, pedagang sayur, koki atau ibu yang memasakkan untuk kita, maka kita harus menghabiskannya supaya tidak mubadzir dan terbuang sia-sia.

Coba presentasikan kebiasaanmu sebelum makan di depan kelas lalu bandingkan kebiasaanmu dengan kebiasaan temanmu. Adakah kebiasaan makan yang baik, tetapi belum kamu lakukan dan sebaliknya? Bagaimana kamu akan melakukannya?

Akhir kata

Demikian pembahasan kunci jawaban tema 1 kelas 3 SD dan MI di buku tematik siswa halaman 41 tentang kebiasaan sebelum makan kelas 3 sd. Semoga artikel di atas bermanfaat dan berguna bagi kalian ya teman teman. Kerjakan juga soal lain pada materi pembelajaran 5 Subtema 1 Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Terimakasih, sampai jumpa kembali dan selamat belajar!

close