Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

FUNGSI TULANG HASTA

rifanfajrin.com - FUNGSI TULANG HASTA KELAS 5 SD

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? Semoga kalian selalu sehat ya. Pada post kali ini rifanfajrin akan mengulas tentang salah satu tulang pada tubuh manusia, yaitu tulang hasta.

Manusia dianugerahi Tuhan YME berbagai jenis tulang yang melekat pada tubuhnya. Berdasarkan bentuknya, misalnya tulang pipa yang berbentuk panjang dan bulat seperti pipa, dan tulang hasta.

tulang hasta


PENGERTIAN TULANG HASTA

Tulang hasta disebut juga ulna, merupakan tulang panjang yang terdapat di bagian medial lengan bawah yang sejajar dengan tulang pengumpil. Tulang hasta ini sangat mendukung aktivitas tangan secara keseluruhan.

Tulang hasta terletak di sisi tempat kelingking memanjang dari pergelangan tangan hingga siku. Umumnya, fungsi tulang hasta, sama dengan tulang lainnya tetapi secara spesifik, tulang hasta mampu menggerakkan lengan bagian bawah.

Tulang hasta / ulna merupakan satu dari dua tulang yang memberi struktur pada lengan bawah. Tulang hasta terletak berlawanan dengan tulang pengumpil (radius) dari lengan. 

Keduanya bergabung dengan humerus di ujungnya yang lebih besar untuk membuat sambungan siku, dan bergabung dengan tulang karpal tangan di ujungnya yang lebih kecil.

tulang hasta

Bersama dengan tulang pengumpil, tulang hasta berperan bagi perputaran pergelangan tangan. Tulang hasta memiliki diameter 50 persen lebih besar dari tulang pengumpil saat usia 4 hingga 5 bulan. Tetapi ketika dewasa, terjadi renovasi dan resorpsi, sehingga ukuran ulnaris menjadi setengahnya tulang pengumpil.

FUNGSI TULANG HASTA

Fungsi tulang hasta sangat penting agar sendi-sendi tangan berfungsi sempurna. 

Fungsi tulang hasta bersama dengan pengumpil yang utama adalah membantu rotasi tangan. Rotasi yang memungkinkan pergelangan tangan bergerak secara maksimal.  

fungsi tulang hasta

Konfigurasi tulang hasta dan pengumpil memungkinkan bagian lengan bawah untuk menggerakkan pergelangan tangan dan tangan, menulis, memutar gagang pintu, membawa benda, menggunakan alat, mengetik, dan banyak lagi.

Fungsi tulang hasta antara lain:

  • Membentuk sendi siku dengan humerus
  • Membentuk dan mempertahankan struktur lengan bawah (bersama dengan pengumpil)
  • Memasang otot dan ligamen vital lengan dan tangan bagian bawah.
  • Bekerja dengan pengumpil dan tulang karpal untuk menggerakkan dan memutar pergelangan tangan.

GANGGUAN PADA TULANG HASTA

Tulang hasta bisa patah karena trauma. Patah tulang hasta mengakibatkan nyeri, kesulitan menggerakkan sendi yang terkena gangguan, dan bahkan deformitas lengan jika frakturnya majemuk.

Patah tulang lengan bawah diaphyseal, disebut fraktur / patah tulang pergelangan tangan. Cedera ini paling umum terjadi pada tulang hasta.  

Jenis-jenis patah tulang yang dapat memengaruhi tulang hasta antara lain:
patah tulang


  1. Patah tulang Greenstick: patah tulang parsial, atau patah tulang garis rambut ke tulang lain yang utuh.
  2. Patah tulang lengkap/Fraktur Lengkap: disebut fraktur terbuka, terjadi karena sepotong fragmen tulang menembus kulit.
  3. Patah tulang campuran: disebut sebagai fraktur terbuka, terjadi ketika sepotong fragmen tulang menembus kulit.
  4. Patah tulang Tertutup: disebut patah tulang parsial atau penuh, tulang tidak menembus kulit.
  5. Patah tulang Comminuted: tulang pecah menjadi beberapa bagian yang lebih kecil.
Perawatan patah tulang tertutup lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan perawatan patah tulang terbuka karena tingkat risiko infeksi. Meskipun tetap saja membutuhkan perawatan intensif, karena patah tulang apapun jenisnya, merupakan cedera yang serius. 

Akhir kata

Demikian ulasan rifanfajrin tentang Fungsi tulang hasta kelas 5 sd, semoga bermanfaat ya.