Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

TUGAS Menyusun Materi Ajar PPG SD Tahun 2021

Bahan / Materi Ajar Kelas 3 Sekolah Dasar Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1

Disusun untuk memenuhi Tugas Membuat Materi Ajar PPG SD Tahun 2021















Jumat - Sabtu tanggal 4 - 5 Juni 2021, saya mendapatkan pengalaman untuk membuat atau menyusun materi ajar untuk siswa-siswi. 

Saya memang sedang mengikuti Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) Angkatan 2 Tahun 2021. Dan materi yang disampaikan pada hari itu adalah tentang menyusun bahan/materi ajar untuk siswa-siswi SD.

Secara teoretis, menyusun bahan ajar tampaknya mudah sekali. Ketika Dosen Pengajar menjelaskan kepada kami para mahasiswa PPG, nampaknya saya memahami konsepnya.

Namun, ternyata, yang secara teori nampaknya mudah untuk dipraktekkan itu, ternyata susah! 
Saya sudah mengalami kesulitan atau kebingungan sesaat setelah dosen menutup paparan materinya dan para mahasiswa harus mulai mengerjakan tugas menyusun bahan ajar! Hahaha

Kesulitan-kesulitan itu saya sampaikan dalam refleksi.

Menyusun materi ajar hanya dalam tempo satu hari, adalah suatu hal yang sulit (dan cukup menyiksa) bagi saya yang tidak/belum memiliki pengalaman menyusun materi ajar. Padahal, sebagai seorang yang telah hampir satu dekade berprofesi sebagai seorang guru, mestinya saya pernah membuat bahan ajar untuk diajarkan kepada siswa-siswi.

Selama ini saya selalu mengandalkan buku paket atau buku ajar dari penerbit.

Pada akhirnya, berbekal materi2 ajar yang ada dan tulisan tulisan di blog saya dan video video yang pernah saya buat di channel YouTube saya, saya membuat tugas seperti yang saya unggah gambar imagesnya di atas. Saya ambil materi pelajaran Kelas 3 Tema 1 Subtema 1 Pembelajaran 1 yaitu Ciri-ciri makhluk hidup. Hal itu diperkirakan akan menjadi materi ajar sekalian besok pas pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mengajar di Sekolah sasaran kira kira bulan Juli atau pada awal tahun pembelajaran 2021/2022.

Yah, alhamdulillah sekarang tugas tersebut sudah terpenuhi, sesuai gambar-gambar image yang saya unggah di atas. Semoga ke depan kami terus berkembang menjadi guru-guru yang professional. Bukankah yang kami lakukan ini, yaitu PPG adalah satu ikhtiar kami menuju ke sana?

[]