Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Presentasi Modul Pedagogik PPG SD Tahun 2021

Presentasi Pedagogik Modul 2 Kegiatan Belajar 4

Modul 2: Peran Guru dalam Pembelajaran Abad 21
Kegiatan Belajar 4: Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan











Selasa, 8 Juni 2021

Sudah (atau baru) satu pekan lebih saya mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Angkatan 2 tahun 2021. Masa pendidikan masih jauh, dan baru akan selesai pada Agustus mendatang.

Selama kurang lebih sepekan itu saya mengikuti PPG, beberapa materi yang sudah saya dapatkan antara lain: 
  • Pendalaman Materi Mandiri
  • Analisis Materi Bidang Studi
  • Penyusunan Materi Ajar
  • Analisis Materi Pedagogi
Nah, pada analisis materi pedagogi itulah saya kemarin mendapat kesempatan untuk mempresentasikan hasil belajar saya tentang Strategi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.

Slide pemaparan presentasi kemarin, saya sampaikan melalui gambar-gambar di atas. Anda bisa klik pada gambar untuk memperbesarnya.

Poin-poin penting yang saya catat dalam materi kemarin adalah, bahwa guru harus cepat beradaptasi dengan perubahan zaman, harus cepat dalam merespon perkembangan teknologi yang semakin pesat dewasa ini, serta memahami karakteristik siswa didik yang semakin beragam pada masa sekarang.

Guru harus mengubah paradigma dari seorang guru profesional yang mengajar, menuju guru sebagai profesional yang belajar.

Guru harus terus belajar, sesuai dengan semangat belajar sepanjang hayat, dari ayunan hingga liang lahat. Dan ciri profesional adalah mau belajar dan terus melakukan refleksi diri.

Kemudian dalam pengembangan profesionalisme diri seorang guru, saya menyampaikan guru sebagai pembelajar mandiri dan keterampilan belajar mandiri beserta komponen-komponen dan konsep-konsep utama yang melandasinya.

Kegiatan presentasi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, saling sharing atau berbagi pengalaman sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah masing-masing, dan bagaimana implementasi pengembangan keprofesian yang berkelanjutan bagi guru di sekolah masing-masing.

Dengan segala keterbatasan yang saya miliki, saya merasa senang dan bersyukur atas kesempatan belajar yang saya dapatkan saat ini untuk menuju predikat menjadi seorang guru profesional.

Terima kasih kepada semua Dosen Pengajar Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI (UPGRIS) Semarang dan administrator/operator, khususnya di kelas 002. Tak lupa juga terima kasih kepada teman-teman seperjuangan, juga khususnya di kelas 002. Atas kesempatan belajar yang saya dapatkan ini.

Mari terus belajar
Sekali lagi, terima kasih.