Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Lembar Kerja Refleksi Pembelajaran Modul Pedagogi

Lembar Kerja Refleksi Pembelajaran Modul Pedagogi


Oleh: M. Rifan Fajrin

Sejauh mana pemahaman materi yang telah Anda pelajari? Jelaskan!

Pembelajaran Modul Pedagogi terdiri dari 4 modul:

1) Konsep dasar keilmuan,

2) Peran guru dalam pembelajaran abad 21,

3) Pembelajaran Inovatif, dan

4) Perancangan Pembelajaran Inovatif.

Pemahaman materi yang telah saya pelajari dari keempat modul tersebut agak lebih baik daripada sebelumnya. Mempelajari keempat modul tersebut sama dengan menyegarkan kembali pemahaman pedagogic yang sebelumnya saya dapatkan ketika kuliah jurusan keguruan sekitar 15 tahun silam.

 

Apa Lesson learn yang Anda peroleh selama kegiatan ini?

Lesson learn yang saya peroleh dalam pendalaman atau pembelajaran modul pedagogi ini, adalah pemahaman pada teori-teori dan pendidikan dan landasan-landasan pendidikan, bagaimana memahami karakteristik siswa yang majemuk.

 

Saya juga lebih mendalami apa yang menjadi tantangan guru dalam pembelajaran abad 21, fenomena-fenomena apa saja yang terjadi dalam era pembelajaran abad 21, tugas pokok dan fungsi guru yang menjadi prioritas, penyesuaian-penyesuaian apa saja yang diperlukan oleh guru dalam satuan-satuan pendidikan serta strategi-strategi dalam merespons penyesuaian-penyesuaian tersebut.

 

Dan yang terakhir adalah melakukan analisis perbedaan mendasar antara guru sebagai professional yang mengajar dan guru sebagai professional yang belajar. Saya juga belajar bagaimana merancang program pengembangan diri yang berkelanjutan selama satu tahun.

 

Apa yang menjadi kesulitan dalam melakukan analisis materi ajar pada modul ini?

Kesulitan yang kami alami dalam analisis materi ajar terdapat pada mengkaitkan beberapa muatan pembelajaran. Utamanya dalam menyampaikan  narasi masalah dan menyampaikan secara tersurat dalam materi ajar. Namun kegiatan tatap maya sangat membantu. Dosen dan teman-teman juga terbuka atas pertanyaan dan menanggapi dengan sangat jelas.

 

Banyaknya pendapat para ahli berkaitan dengan teori pedagogic, saya pribadi cukup kesulitan untuk membandingkan teori-teori tersebut.

 

Menurut Anda, bagaimana tingkat kebermanfaatan kegiatan yang dilakukan dalam menunjang tugas Anda sebagai guru?

Bagi guru seperti kami, tentu saja sangat bermanfaat mempelajari materi pedagogic ini. Dengan mempelajari modul ini kita dapat meningkatkan kompetensi pedagogi yang kita miliki.  Setelah materi ini, saya dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan saya sebagai guru yang mempesona abad 21 ini. Semoga setelah ini dapat merancang desain pembelajaran bermakna, dan melakukan penilaian otentik dengan lebih baik.

 

Pada bagian proses pembelajaran mana, yang menurut Anda menarik?

Bagian proses pembelajaran yang paling menarik menurut saya adalah, ketika kami selesai mempelajari modul pedagogic ini, kami bergantian melakukan presentasi atau pemaparan materi yang dilanjutkan dengan diskusi. Dengan adanya presentasi kami bisa meluruskan miskonsepsi-misskonsepsi yang ada pada diri kami. Selain itu, kami bisa bertukar pikiran dan mendengar cerita pengalaman rekan-rekan sejawat dengan beranekaragam kondisi lingkungan sekolah serta karakteristik siswa masing-masing.