Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Gerak Dominan Senam Ketangkasan

Rifanfajrin.com - Pengertian Gerak Dominan senam ketangkasan, Materi PJOK Kelas 5 SD

Pengertian Gerak Dominan senam ketangkasan,


Hai teman-teman, apa kabar semuanya? semoga kalian selalu diberi kesehatan sehingga dapat belajar dengan baik ya.

Pada postingan kali ini rifanfajrin akan mengulas tentang pengertian gerak dominan senam ketangkasan yang mana materi ini termasuk dalam materi PJOK untuk kelas 5 SD. Artikel ini bersumber dari buku Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Kelas V SD/MI, Edisi 2019.

Pengertian Senam Ketangkasan

Senam ketangkasan diartikan sebagai sebuah rangkaian gerakan senam yang dilakukan atlit baik menggunakan alat bantu maupun tidak menggunakan alat bantu. Pada senam ketangkasan terdapat beberapa gerak dominan yang dilakukan pada jenis senam tersebut. Apakah kalian sudah tahu? yuk cari tahu di artikel ini. 

Gerak Dominan Senam Ketangkasan

Berikut merupakan gerak dominan senam ketangkasan antara lain;

1. Berlari dan Melompat

Berlari dan melompat merupakan salah satu gerak dominan dalam senam ketangkasan. Berlari merupakan keadaan dimana kaki kita berpindah tempat ke depan dengan kecepatan maksimum dan lebih cepat dari berjalan, saat kita berlari ada keadaan dimana badan dapat melayang diudara dan kaki tidak menapak ke atas tanah. 

Berlari sendiri merupakan awalan dari sebuah lompatan yang merupakan gerak dominan senam ketangkasan. Melompat dilakukan dengan tumpuan satu kaki.

Ketika tubuh melakukan gerak melompat, dapat dilakukan dengan awalan, melompat, dan mendarat. Gerakan berikutnya dilakukan dengan akhiran gerak bertumpu menggunakan satu kaki. Lalu tolak tubuh ke atas kemudian akhiri dengan gerak mendarat menggunakan kedua kaki.

2. Meloncat dan Menggantung

Gerakan berikutnya adalah meloncat dan menggantung. Posisi sikap menggantung diketegorikan sebagai posisi statis. Sedangkan menggantung merupakan gerakan yang dilakukan dengan menempatkan bahu di bawah alat senam.

Latihan menggantung dilakukan bertujuan utnuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot tangan.

Teknik gerakan menggantung dilakukan atlet dengan teknik pegangan atas, dan pegangan bawah. Melatih gerakan menggantung harus mempersiapkan tongkat sepanjang 50 cm.

3. Meloncat dan Mengayun

Mengayun juga merupakan salah satu gerakan senam ketangkasan. Gerakan ini bisa melatih kekuatan dan kelenturan kita.

Bagaimana cara melakukan gerakan mengayun? Keterampilan gerakan mengayun terbentuk dari kemampuan menggantung serta penguasaan teknik pegangan.

Cara melakukan gerak mengayun adalah sebagai berikut:

- Ayunan dari gantungan meliputi ayunan panjang, ayunan meluncur, ayunan dengan posisi tubuh terbalik, dan ayunan melecut.

- Ayunan dari tumpuan meliputi ayunan pada palang tunggal, misalnya ayunan tumpu depan dan ayunan pada palang sejajar.

4. Berjalan Meniti

Berjalan meniti merupakan teknik berjalan di atas bangku atau balok keseimbangan. Selain bangku, kamu bisa meniti di atas balok keseimbangan. Balok keseimbangan merupakan peralatan senam berupa balok panjang mendatar dengan panjang sekitar 4 meter.

Balok keseimbangan digunakan untuk memperagakan keseimbangan statis dan dinamis.

5. Menekuk dan Mendarat

Istilah mendarat merujuk pada tindakan bertumpu di atas matras atau tanah setelah melayang. Gerakan mendarat dilakukan dengan kaki.

Kesalahan ketika melakukan pendaratan dapat menyebabkan cedera. Untuk menghindari resiko cidera, harus rajin berlatih gerakan pendaratan.

Langkah-langkah untuk melakukan gerakan mendarat:

- Tekuk lutut hingga membentuk sudut kurang dari 90 derajat.

- Gerakan mendarat dilakukan seperti gerakan duduk di kursi.

- Bagian ujung telapak kaki adalah bagian yang pertama kali melakukan pendaratan diikuti tumit dan persendian kaki, serta lutut dan punggung dibungkukkan.

- upayakan tumit tidak terangkat dari lantai saat melakukan pendaratan.

Akhir kata

Demikianlah penjelasan rifanfajrin tentang pengertian gerak dominan senam ketangkasan sebagai materi PJOK kelas 5 SD, semoga bermanfaat ya.