JAWABAN SOAL KELAS 4 SD TEMA 9 TENTANG LINGKUNGAN

Rifanfajrin.com - Manusia Harus Baik terhadap Lingkungan; Lingkungan Memilki Daya Dukung

Apa Maksud Lingkungan Memilki Daya Dukung? Soal Kelas 4 Tema 9


Pada mata pelajaran kelas 4 tema 9 subtema 1 terdapat materi tentang kekayaan sumber energi yang ada di lingkungan sekitar kita. Manusia sebagai makhluk yang mengelola bumi, dan semua makhluk hidup memiliki hak yang sama untuk hidup di lingkungan yang yang bersih dan sehat. Manusia memiliki kewajiban menjaga lingkungan dengan penuh rasa tanggung jawab serta bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam. Mengapa demikian?

Mengapa Manusia Harus Baik terhadap Lingkungan?

Manusia dibekali Tuhan dengan akal. Dengan akalnya tersebut manusia dapat memanfaatkan sumber daya alam untuk kepentingan hidupnya. Namun, manusia juga harus bersikap baik terhadap lingkungan, Hal ini dikarenakan lingkungan sangat penting bagi kehidupan manusia. Manusia bertanggung jawab untuk memelihara keseimbangan lingkungan. Biasanya kerusakan kerusakan di muka bumi disebabkan akrena keserakahan ulah manusia. Oleh sebab itu manusia dan lingkungan memiliki keterkaitan yang kuat.

Manusia harus menyadari bahwa Kehidupan manusia bergantung pada lingkungan sekitar. Manusia harus bisa memenuhi berbagai kebutuhan hidup dari lingkungan sekitar kita. Manusia bisa mendapatkan makanan dan minuman dari lingkungan sekitar. Manusia dapat mengolah sumber daya alam yang ada di bumi melalui berbagai aktivitas yagn dikerjakan manusia, semuanya harus bergantung kepada lingkungan sekitarnya.

Apabila lingkungan dijaga dengan baik, maka keberlangsungan kehidupan akan berlangusng dengan baik dan tentu memberikan manfaat dan keuntungan bagi manusia. Sedangkan lingkungan yang tidak dijaga dengan baik bisa menyebabkan terjadinya bencana, misalnya seperti bencana banjir.

Apa Maksud Lingkungan Memiliki Daya Dukung?

Lingkungan memiliki daya dukung bagi kehidupan, maksud pernyataan tersdbut artinya, lingkungan memiliki kemampuan untuk mendukung kehidupan makhluk hidup, baik manusia maupun makhluk hidup lainnya.

Sikap Apa yang Seharusnya Dilakukan Manusia terhadap Lingkungan?

Manusia wajib menjalankan kehidupan yang selaras dengan lingkungan sekitarnya, baik terhadap lingkunngan alam, hewan, dan tumbuhan. manusia harus memahami bahwa lingkungan alam sekitar, memiliki hak yang sama untuk dijaga. manusia harus mampu berpikir dan berperilaku secara bijak dan bertanggungjawab dalam kehidupan sehari-hari.

Contoh perilaku manusia yang selaras dengan lingkungan alam, diantaranya:

- Menjaga kebersihan alam dengan cara tidak mengotori alam. cegah masyarkat untuk tidak membuang sampah sembarangan, lakukan kegiatan daur ulang sampah supaya sampah dapat dikelola dengan baik.

- Aktif dan berpartisipasi dalam upaya mengurangi polusi udara, caranya yaitu menggalakkan aktivitas berjalan kaki atau bersepeda, jika terpaksa bisa menggunakan kendaraan umum, selalu memeriksa mesin kendaraan agar tidak menghasilkan asap yang kotor, serta tidak membakar sampah sehingga menimbulkan kepulan asap yang merusak lapisan ozon dan atmosfer bumi.

- Membantu mengurangi volume sampah dengan cara melakukan mendaur ulang barang; barang barang yang sekiranya masih bisa dimanfaatkan maka diolah sedemikian rupa sehingga menjadi barang baru yang dapat dimanfaatkan, tidak boros dalam berbelanja dan menggunakan kembali barang yang masih layak dipakai.

- Membiasakan diri berperilaku hidup sehat dan ramah lingkungan; misalnya ketika hendak berbelanja lebih baik membawa tas atau keranjang belanja sendiri dari rumah, hal ini bertujuan untuk mengurangi pemakaian kantung plastik dan menghemat penggunaan energi listrik dan air.

Akhir kata

demikianlah ulasan rifanfajrin tentang jawaban soal kelas 4 SD tentnag Mengapa Manusia Harus Baik terhadap Lingkungan, Apa Maksud Lingkungan Memilki Daya Dukung? semoga bermanfaat ya.

close