Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PERILAKU YANG MENUNJUKKAN PENGAMALAN SILA PERTAMA PANCASILA

 rifanfajrin.com - Contoh-Contoh Perilaku yang Menunjukkan Pengamalan Sila Pertama Pancasila

Hai teman teman, apa kabar semuanya? kali ini rifanfajrin akan membahasa tentang contoh-contoh perilaku yang menunjukkan pengamalan sila pertama Pancasila. Materi ini bersumber dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 untuk kelas 3 SD, edisi revisi tahun 2018.

Mari kita ulas bersama-sama dan cari tahu kunci jawabannya, ya! 

Sila Pertama Pancasila

Pancasila memiliki lima buah sila, sedangkan sila pertama Pancasila berbunyi, "Ketuhanan yang Maha Esa". Sila pertama mengandung arti bahwa kita sebagai bangsa Indonesia mengakui adanya Tuhan yang menciptakan semesta beserta isinya.

Di Indonesia, semua masyarakat wajib memeluk agama dan kepercayaan kepada Tuhan YME, serta wajib mengamalkan ajaran agama dan kepercayaannya tersebut dalam kehidupan sehari hari. 

Di Indonesia terdapat enam agama yang diakui oleh pemerintah, yaitu Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu.

Sila pertama mengandung makna dan memiliki  nilai-nilai agama untuk mengatur hubungan negara dan agama. Nila-nilai yang terdapat pada sila pertama pancasila juga tidak boleh bertentangan dengan ajaran masing-masing agama. Dengan kita percaya pada Tuhan maka kita tidak akan menyakiti saudara sebangsa kita. Dengan menghayati dan mengamalkan pancasila diharapkan terwujud sikap toleransi antar umat beragama sehingga akan menciptakan kerukunan untuk bangsa.

 contoh penerapan sila pertama pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Lalu, apa sajakah contoh perilaku yang menunjukkan pengamalan pancasila sila yang pertama? Berikut ini merupakan contoh dari penerapan sila tersebut 

 1. Melakukan Ibadah Sesuai dengan Agama yang Dianut

Melaksanakan ibadah yang sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianut merupakan contoh penerapan sila yang pertama. Jika kamu beragama Islam, maka melaksanakan sholat lima waktu, ibadah puasa di bulan Ramadan, merupakan contoh penerapan sila yang pertama.  

 Begitu pun dengan agama selain islam, seperti Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu. Semuanya wajib menjalankan kewajiban beribadah sesuai dengan ajaran agama masing-masing. 

2. Berdoa Sebelum Belajar

Kita mengamalkan sila yang pertama, mengakui bahwa Tuhan YME adalah yang patut kita sembah, maka kita wajib berdoa memohon segala sesuatu kepadaNya. Sebagai contoh, memanjatkan doa sebelum belajar juga merupakan contoh pengamalan sila pertama Pancasila. 

Berdoa berarti memohon petunjuk dan kemudahan dalam belajar. ketika kita berdoa berarti sedang menjalin hubungan dengan Tuhan.Dalam doa tertuang umgkapan terima kasih atas nikmat yang diberikan, memohon pertolongan, petunjuk, atau kelancaran dalam belajar, dan lain sebagainya. 

3. Memberi Makan Hewan yang Terlantar

Manusia tidak hanya dituntut untuk berhubungan baik dgnan Tuhan, tetapi juga berhubungan baik dengan sesama manusia, dan sesama makhluk. Tuhan tidak hanya menciptakan manusia di dunia, tetapi Tuhan juga menciptakan tumbuhan, hewan, dan seluruh isi dunia. 

Berkasih sayang kepada sesama mahkluk Tuhan adalah perilaku yang menunjukkan pengamalan sila pertama, misalnya kita memberi makan hewan yang terlantar, mengentaskannya, dan memberi kehidupanyang layak serta menyayanginya, berarti kita menyayangi ciptaan Tuhan. 

4. Rajin Menyiram Tanaman

Seperti contoh sebelumnya, tanaman juga merupakan ciptaan Tuhan.

Karena itu, jika kita menyiram dan merawat tanaman, artinya kita juga menyayangi ciptaan Tuhan. 

5. Toleransi

Perbedaan di antara pemeluk agama bisa saja menimbulkan masalah di negara kita. Cara paling mudah untuk menghindari konflik agama adalah dengan meningkatkan rasa toleransi. Dengan adanya toleransi, maka kita akan saling menghormati perbedaan agama di Indonesia. 

akhir kata

demikianlah ulasan rifanfajrin tentang perilaku yang menunjukkan pengamalan sila pertama pancasila, semoga bermanfaat ya.