Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Makna Sila Kelima Pancasila dan Contoh Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

 rifanfajrin.com - jelaskan bentuk penerapan nilai-nilai sila kelima pancasila dalam kehidupan sehari-hari

jelaskan bentuk penerapan nilai-nilai sila kelima pancasila dalam kehidupan sehari-hari,


Hai teman teman, apa kabar semuanya? pada artikel kali ini rifanfajrin akan mengulas tentang nilai-nilai sila kelima pancasila dalam penerapannya pada kehidupan sehari hari. Tentu kalian sudah tidak asing dengan pancasila, bukan?

Pancasila merupakan dasar negara bangsa Indonesia yang harus kita hayati dan amalkan dalam kehidupan sehari hari. tidak terkecuali sila kelima. Dalam artikel sebelumnya, rifanfajrin telah mengulas tentang contoh penerapan pancasila sila pertama, yang bisa kalian baca pada artikel berikut ini.

PERILAKU YANG MENUNJUKKAN PENGAMALAN SILA PERTAMA PANCASILA

Sebagai dasar negara, pancasila merupakan landasan kebijakan dalam mengeluarkan aturan, hukum, dan kehidupan masyarakat Indonesia.

Berdasarkan hal tersebut,  penting kiranya untuk mengetahui dan memahami makna sila pancasila mulai dari makna sila pertama hingga sila kelima.

Rifanfajrin akan mengulas makna sila kelima pancasila yang merupakan butir pancasila yang terakhir.

Makna Sila Kelima Pancasila

Sila kelima pancasila berbunyi "Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia", mengandung makna  tentang keadilan yang harus didapatkan oleh seluruh masyarakatnya.

Keadilan sosial yang dimaksud adalah keadilan yang berlaku bagi seluruh masyarakat Indonesia dalahm segala aspek kehidupan, termasuk juga hak dan kewajiban yang dimiliki masing-masing individu.

Keadilan Sosial juga memiliki arti bahwa setiap orang tidak boleh mementingkan diri sendiri. Kita harus mengutamakan kepentingan umum diatas kepentingna pribadi dan golongan dalam kehidupan bermasyarakat.

Selain itu, keadilan harus diwujudkan dalam produk aturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. Jadi, siapapun yang melanggar ahukum, maka harus diberikan sanksi tanpa membedakan latar belakang, sebab semua manusia sama di mata hukum. 

Semua warga negara kita mempunyai hak yang sama, yaitu: Hak untuk hidup dan mempertahankan dan melangsungkan kehidupannya, hak mengembangkan diri dan memeuhi kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan yang layak, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya; Hak untuk memajukan dirinya dan memperjuangkan hak-haknya secara kolektif dalam kontribusinya membangun masyarakat, bangsa, dan negaranya; Hak atas pengakuan, jaminan, perlindungan, dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama di depan hukum; dan hak-hak lainnya.

Penerapan Sila kelima Pancasila dalah Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini merupakan contoh penerapan pancasila sila kelima dalam kehidupan sehari hari,  

1. Memiliki kemauan untuk menolong sesama manusia, dengan menyesuaikannya dengan kemampuan diri sendiri.

2. Selalu menghargai hasil karya cipta orang lain.

3. Tidak berlaku semena-mena kepada orang lain.

4. Menghormati hak dan kewajiban orang lain.

5. Berani memperjuangkan keadilan bagi diri sendiri dan orang lain.

6. Gemar mengikuti kegiatan kegiatan dalam rangka mewujudkan kemajuan yang merata dan berkeadilan sosial.

7. Suka bekerjakeras

8. Mengembangkan perilaku yang luhur, mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan sikap gotong royong

9. Menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban

10. Tidak menggunakan hak milik yang bertentangan dengan hak orang lain sehingga dapat merugikan kepentingan umum.

akhir kata

demikianlah ulasan rifanfajrin tentang makna sila kelima pancasila dan contoh penerapannya dalam kehidupan sehari hari. semoga bermanfaat ya.