Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PERBEDAAN GAYA DAN GERAK KELAS 4 SD

 rifanfajrin.com - perbedaan gaya dan gerak kelas 4 sd


Hai teman-teman apa kabar semuanya? semoga kalian selalu diberi kesehatan ya. sehingga aktivitas belajar kalian tidak terganggu. Pada post kali ini rifanfajrin akan mengulas tentang perbedaan gaya dan gerak untuk kelas 4 sd, meliputi pengertian,  contoh dan perbedaannya. Berikut ulasannya.

Aktivitas kehidupan manusia dipenuhi dengan berbagai kegiatan yang melibatkan gaya dan gerak. Pastinya  kita sering melakukan kegiatan seperti mendorong meja, membuka pintu, menendang bola, mengayuh sepeda, dll, ternyata aktivitas aktivitas tersebut berkaitan dengan gaya dan gerak.

Gaya dapat menyebabkan suatu benda dengan massa berubah, baik itu gerakan, arah, dan kontraksi geometris. Gaya akan menyebabkan benda dengan massa akan mengubah kecepatan tertentu termasuk pindah ke tempat lain, dengan mempercepat gerakan dan atau merusak.

Gaya dan gerak itu sepintas sama tetapi sebenarnya berbeda.  Gaya adalah tarikan atau dorongan yang menghasilkan atau menimbulkan gerakan. Oleh sebab itu, gerak justru merupakan kebalikan dari gaya. Untuk memahami lebih lanjut, berikut ulasan rifanfajrin tentang pengertian, contoh dan pebedaan gaya dan gerak.

Pengertian, Contoh dan Perbedaan Gaya dan Gerak

Pengertian Gaya

Gaya adalah dorongan atau tarikan yang menyebabkan suatu benda menjadi bergerak. Hukum Newton 1 menyatakan "apabila gaya yang diberikan 0 atau kurang gaya geseknya maka benda tidak dapat bergerak dan apabila diberikan gaya yang tetap, maka akan memiliki percepatan konstan “. 
Terdapat banyak faktor yang memengaruhi terjadinya gerak pada benda, misalnya gaya grafitasi bumi, tarikan dan dorongan yang terjadi. 
Macam macam gaya antara lain gaya otot, gaya gesek, gaya magnet, gaya gravitasi dan gaya listrik.

Pengertian Gerak

Gerak adalah perpindahan tempat, perubahan percepatan terhadap suatu benda karena adanya gaya. Sebuah benda dikatakan bergerak apabila benda tersebut mengalami perubahan kedudukan dari titik acuan. Titik acuan adalah titik untuk memulai pengukuran perubahan kedua benda. 
Macam macam gerak antara lain gerak lurus, gerak parabola dan gerak melingkar.

1. Gerak lurus 

Gerak lurus adalah gerak suatu benda dimana lintasannya berbentuk lurus. Gerak lurus terbagi jadi 2 yaitu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. 
Gerak lurus beraturan adalah gerak yang memiliki percepatan sama dengan 0 (a = 0) atau gerak yang memiliki kecepatan konstan. 
sementara itu gerak lurus berubah beraturan yaitu gerak yang memiliki percepatan konstan (a = konstan) atau gerak yang memiliki perubahan kecepatan berubah secara teratur.

2. Gerak parabola

Sedangkan gerak yang kedua adalah gerak Parabola, merupakan gerakan suatu benda yang memiliki lintasan parabola. 

3. Gerak melingkar

Adapun gerak melingkar adalah gerak benda yang lintasannya berbentuk melingkar

Contoh Gaya dan Gerak

Contoh Gaya

  1. Menutup pintu
  2. Menarik mobil-mobilan
  3. Menendang bola

Contoh Gerak

  1. Gerak karena gaya pegas : bermain panahan, bermain ketapel
  2. Gerak karena gaya mesin : buldoser, mobil pengeruk
  3. Gerak karena gaya otot : olahraga, mengayuh sepeda

Perbedaan Gaya dan Gerak

  1. Gaya adalah dorongan atau tarikan yang menyebabkan benda bergerak, sedangkan Gerak merupakan perpindahan tempat, perubahan percepatan suatu benda karena adanya gaya.
  2. Gaya dapat mempengaruhi bentuk benda, sedangkan gerak tidak.
  3. Gaya dapat membuat benda bergerak, sedangkan benda bergerak belum tentu memiliki gaya.
  4. Gaya merupakan sesuatu yang abstrak karena dapat di rasakan oleh indera berupa akibat yang ditimbulkan, sedangkan gerak merupakan realisasi dari gaya itu sendiri.
  5. Gaya mempengaruhi benda bergerak, sedangkan gerak tidak.
  6. Gerak dipengaruhi oleh gaya, sedangkan gaya tidah harus dipengaruhi oleh gerak.

akhir kata

demikian ulasan rifanfajrin tentang pengertian, contoh, dan perbedaan gaya dan gerak kelas 4 sd, semoga bermanfaat.