Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PENGERTIAN DAN CONTOH BILANGAN PRIMA

rifanfajrin.com - PENGERTIAN DAN CONTOH BILANGAN PRIMA
bilangan prima adalah

Hai teman teman, apa kabar semuanya? semoga kalian selalu diberi kesehatan ya, sehingga dapat melakukan kegiatan belajar dengan baik. Pada postingan kali ini rifanfajrin akan mengulas tentang bilangan prima.

Apakah kalian telah mengetahui apakah bilangan prima itu? Untuk mengetahuinya, perhatikan penjelasan rifanfajrin di bawah ini.

Kalian tentu sudah mengenal bilangan, bukan? Bilangan memilik banyak klasifikasi, contohnya antara lain; bilangan bulat, bilangan cacah, bilangan asli, dan bilangan prima. Sebelum belajar mengenai bilangan prima, mestinya kalian sudah mengetahui definisi bilangan asli bukan? Bilangan asli adalah bilangan bulat positif, yaitu bilangan 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. Bilangan prima sendiri sebenarnya termasuk dalam bilangan asli tersebut.  Namun, dari berbagai bilangan asli tersebut, terdapat bilangan tertentu yang disebut bilangan prima

Definisi Bilangan Prima

Sebelumnya, kalian telah mengetahui bilangan asli. Bilangan prima pada penjelasan di atas termasuk dalam kategorii bilangan asli (bilangan bulat positif), bilangan prima adalah bilangan yang hanya dapat dibagi oleh dua bilangan asli, dengan kata lain hanya memiliki dua faktor bulat positif. Adapun pembagi bilangan prima berupa Dua bilangan pembagi bilangan prima yaitu bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. 

Manfaat bilangan prima

Bilangan prima ternyata juga memiliki berbagai peranan yang tak kalah penting dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja peran dan manfaat bilangan prima? Coba kalian perhatikan contoh penerapan bilangan prima berikut. Bilangan Prima dalam Kehidupan Sehari-hari. Beberapa manfaat dari bilangan prima yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnay di bidang teknologi. Bilangan prima dapat dimanfaatkan dalam proses komputasi. Bilangan prima berfungsi untuk membuat dan mengacak suatu kombinasi kunci dari suatu algoritma yang berkaitan dengan keamanan. Hal tersebut tentunya sangat penting dan bermanfaat bagi perkembangan teknologi saat ini.  

Contoh Bilangan Prima dan Bukan Bilangan Prima

Cara menentukan apakah suatu bilangan merupakan bilangan prima atau bukan yaitu dengan melakukan pengujian dengan cara membagi bilangan tersebut.

Bilangan 1

Mari kita mulai menguji pada bilangan asli terkecil yaitu 1. Apakah 1 merupakan bilangan prima? Bilangan 1 hanya memiliki satu pembagi yaitu 1, sehingga dapat disimpulkan bahwa bilangan 1 bukan merupakan bilangan prima.

Bilangan 2

Bagaimana dengan bilangan 2? Bilangan 2 memiliki dua pembagi yaitu 1 dan 2 (bilangan itu sendiri) sehingga 2 termasuk bilangan prima.

Bilangan 6

Contoh bilangan asli yang bukan bilangan prima misalnya adalah bilangan 6. Mengapa 6 bukan merupakan bilangan prima?
Karena bilangan 6 memiliki lebih dari dua pembagi, diantaranya yaitu 1, 2, 3, dan 6 sehingga dapat disimpulkan bahwa bilangan 6 bukan merupakan bilangan prima.

Bilangan 10

Contoh lainnya yaitu 10. Bilangan 10 sama seperti bilangan 6, bukan merupakan bilangan prima. Mengapa? karena pembagi bilangan 10 ada lebih dari dua yaitu 1, 2, 5, dan 10 (memiliki 4 faktor).
Apakah kalian dapat menyebutkan contoh lain yang merupakan bilangan prima?

Untuk menguji pemahaman tentnag bilangan prima, bisa menggunakan tabel berikut ini. Silahkan Anda tulis semua bilangan prima yang kurang dari 100, lalu cocokkan dengan bilangan prima berikut.

Bilangan Prima 1 – 100

Cobalah untuk menemukan semua bilangan kurang dari 100. Perhatikan tabel yang berisi bilangan 1 – 100 di bawah ini
Anda dapat membuat sendiri tabel bilangan 1 – 100 yang berukuran 10 x 10 kotak seeperti contoh di bawah ini.



Dengan menggunakan bilangan-bilangan di atas, temukan bilangan prima dari rentang angka 1-100 dengna mengikuti petunjuk di bawah ini:
  1. Tandai bilangan 1 menggunakan warna merah.
  2. Tandai bilangan habis dibagi 2 (kelipatan 2) yang lebih dari 2 menggunakan warna hijau.
  3. Dari bilangan yang tersisa (tidak diwarnai), tandai bilangan habis dibagi 3 (kelipatan 3) yang lebih dari 3 dengan warna kuning.
  4. Dari bilangan yang tersisa (tidak diwarnai), tandai bilangan habis dibagi 5 (kelipatan 5) yang lebih dari 5 dengan warna biru.
  5. Dari bilangan yang tersisa (tidak diwarnai), tandai bilangan habis dibagi 7 (kelipatan 7) yang lebih dari 7 dengan warna abu-abu.
Jika  petunjuk dilakukan dengan benar, makadiperoleh tabel bilangan prima seperti berikut ini.
 

Dari tabel tersebut, kira-kira manakah yang merupakan bilangan prima? Semua bilangan prima kurang dari 100 merupakan bilangan yang tidak ditandai.

Kesimpulan

Bilangan prima kurang dari 100 antara lain bilangan:

2, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, 29, 31, 37, 41, 43, 47, 53, 59, 61, 67, 71, 73, 79, 83, 89, dan 97.

akhir kata

Demikianlah artikel rifanfajrin tentang pengertian dan contoh bilangan prima, semoga bermanfaat ya