Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

MANFAAT SUNGAI DAN MANFAAT POHON BAGI MANUSIA

rifanfajrin.com - Manfaat sungan dan manfaat pohon bagi manusia
Cari Jawaban Soal Kelas 4 Tema 9 Subtema 2: Manfaat Sungai dan Manfaat Pohon bagi Manusia
pohon dan sungai

halo teman teman, apa kabar semuanya? semoga hari ini kita selalu dalam keadaan sehat ya, sehingga kita bisa belajar dengan baik. pada artikel kali ini yuk sama sama kita cari tahu jawaban Soal Kelas 4 Tema 9 Subtema 2, yaitu tentang ragam manfaat Sungai dan Manfaat Pohon bagi Manusia.

Pada materi kelas 4 tema 9 subtema 2 ini, diulas tentang pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia, di antaranya adalah bagaimana pemanfaatan sungai dan pohon. Terdapat berbagai manfaat sungai dan manfaat pohon yang dimanfaatkan manusia dalam memenuhi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu apa sajakah manfaat sungai dan pohon bagi manusia? Simak ulasan rifanfajrin berikut ini.

Manfaat Sungai bagi Manusia

Pernahkah kamu bermain air di sungai? atau adakah sungai di sekitar tempat tinggalmu? Sungai didefinisikan sebagai aliran air yang besar dan memanjang yang arinya mengalir secara terus-menerus dari hulu (sumber) menuju hilir (muara). Sungai adalah salah satu unsur lingkungan alam di sekitar tempat tinggal kita.  Aliran air sungai mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, teman-teman.

Manfaat sungai bagi manusia

Sungai memiliki beragam manfaat bagi kebutuhan dalam kehidupan manusia. Manfaat sungai untuk kebutuhan kehidupan manusia antara lain:

  • - Air sungai berguna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, misalnya untuk minum, memasak, mandi, dan mencuci pakaian kotor.
  • - Air sungai dapat dimanfaatkan sebagai sumber aliran irigasi atau pengairan sawah, sehingga memudahkan petani mengelola sawah dan ladangnya
  • - Air sungai dapat dianfaatkan untuk menggerakkan turbin pada pembangkit listrik tenaga air (PLTA)
  • - Air sungai bisa juga berfungsi untuk jalur transportasi di daerah-daerah yang dilalui sungai. Sungai dapat dimanfaatkan untuk membantu kelancaran transportasi mobilitas penduduk dari satu tempat ke tempat lain yang terpisah sungai, serta memudahkan distribusi barang dari satu tempat ke tempat lainnya.
  • - Air sungai juga dapat difungsikan untuk menggerakan roda pariwisata alam, seperti wisata sungai dekat air terjun atau sungai yang berada di tengah hutan.
selain fungsi di atas, masih ada fungsi lain dari sungai, misalnya untuk menampung debit air yang turun ke bumi. Air yang turun melalui proses hujan biasanya akan berkumpul dan mengalir ke suatu tempat. Tempat tersebut yang menjadi penampungan dari air hujan adalah sungai dan juga danau. 

Manfaat Pohon bagi Manusia

Pohon atau tumbuhan juga merupakan makhluk hidup yang hidup berdampingan dengan kehidupan manusia. Pohon juga dapat memberikan berbagai manfaat untuk kebutuhan kehidupan manusia.

Berikut merupakan beberapa manfaat pohon untuk manusia antara lain:

  • - Pohon berfungsi menyerap karbon dioksida dari udara untuk proses fotosintes dan menghasilkan oksigen dari proses fotosintesis. Dengan proses ini maka pohon dapat mengurangi polusi udara. bahkan disebut sebagai paru paru dunia.
  • - Pohon membantu menurunkan suhu udara yang panas, sehingga keberadaan pohon di lingkungan sekitar menyebabkan udara sekitar menjadi sejuk.
  • - Pohon membantu menahan air yang mengalir (hujan) dengan akarnya sehingga mencegah erosi, banjir, dan longsor. 
  • - Pohon membantu mencegah abrasi di pesisir pantai.
  • - Pohon menghasilkan buah yang bisa menjadi bahan makanan bagi manusia.

akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang manfaat sungai dan manfaat pohon bagi kehidupan manusia sebagai pembahasan  Soal Kelas 4 Tema 9 Subtema 2: Manfaat Sungai dan Manfaat Pohon bagi Manusia, semoga bermanfaat.