Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

CONTOH ALAT MUSIK RITMIS DAN FUNGSINYA

Rifanfajrin.com - CONTOH ALAT MUSIK RITMIS DAN CARA FUNGSINYA

alat musik ritmis

Alat musik merupakan sumber instrumen yang dapat menghasilkan suara musik.

Berdasarkan fungsinya jenis alat musik dapat dibagi menjadi tiga; alat musik ritmis, alat musik melodis, dan alat musik harmonis.

Alat musik ritmis memiliki pengertian alat musik yang hanya dapat mengeluarkan beberapa nada unik untuk mengiringi alat musik lainnya dalam membawakan sebuah lagu. Alat musik ritmis sendiri tidak dapat membuat irama pada sebuah lagu.

Alat musik ritmis memiliki kegunaan peran sebagai pengatur tempo lagu. Alat musik ritmis digunakan dengan cara dipukul, digesek, digoyang untuk dapat mengeluarkan bunyi ritmis.

Pengertian Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis ialah alat musik yang memiliki fungsi melengkapi harmoni sebuah lagu. Alat musik ritmis dimainkan dengan cara yang berbeda beda. Bentuknya pun juga berbeda-beda.

Alat musik ritmis berperan penting dalam membantu mengatur tempo dalam sebuah lagu, walaupun kita tahu bahwa alat musik ritmis tidak punya banyak nada.

Selain mengatur tempo, alat musik ritmis berfungsi sebagai penyempurna dari instrumen alat musik lainnya. Alat musik ritmis dapat menciptakan harmoni yang baik ketika dipadukan dengan alat musik lain ataupun saat dimainkan sendirian.

Fungsi Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis memiliki beragam fungsi, berikut beberapa fungsi dari alat musik ritmis yang diolah dari beberapa sumber:

Koreografi

Alat musik ritmis dapat membantu mengayur tempo. Tidak terkecuali dalam koreografi. Umumnya sebelum masuk dalam sebuah koreografi, biasanya akan diiring iringan alat musik ritmis. Sehingga akan masuk sesuai dengan tempo yang tepat. Tentunya iringan musik ritmis juga dapat digunakan sebagai pertanda dari satu gerakan ke gerakan lainnya.

Harmonisasi

Alat musik ritmis berfungsi pula sebagai harmoni dalam pertunjukan musik, misalnya dalam sebuah pertunjukan musik orkestra pasti membutuhkan alat musik ritmis untuk memadukan beragam unsur alat musik di dalamnya.

Oleh karena sebab itulah, alat musik ritmis memiliki peranan penting dalam pertunjukan musik orkerstra.

Mengatur Tempo

Fungsi alat musik ritmis selanjutnya yaitu sebagi pengatur tempo, baik tempo dalam lagu maupun dalam tarian. Alat musik ritmis sebagai pengatur tempo memiliki peran yang vital saat proses mencipta lagu maupun ketika memainkannya.

Pengiring lagu

Alat musik ritmis akan yang dimainkan sebagai pengiring lagu mampu membuat lagu lebih hidup ketika lagu dimainkan.

Penyempurna instrumen

Fungsi alat musik ritmis selanjutnya adalah berfungsi sebagai penyempurna dari instrumen lainnya, seperti di dalam pertunjukan orkesta.

Jenis Alat Musik Ritmis

Alat musik ritmis dimainkan dengan berbagai cara, diantaranya dengan cara dipukul atau digesek. Berikut merupakan beberapa contoh alat musik ritmis yaitu:

Kendang

Kendang sebagai salah satu jenis alat musik ritmis dimainkan dengan cara dipukul. Kendang banyak ditampilkan dan dimainkan sebagai pelengkap alat musik lainnya seperti gamelan.

Beberapa pementasan yang sering menggunakan kendang sebagai pelengkap alat musik lainnya, diantaranya adalah pertunjukan wayang, tari jaipong, atau campur sari.

Rebana

Rebana merupakan alat musik ritmis yang terbuat dari kulit dan kayu berbentuk tabung bulat pipih. Rebana dimainkan dengan cara dipukul.

Alat musik ritmis rebana biasanya digunakan untuk pertunjukan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan khususnya islam yang dipadukan dengan unsur musik modern.

Tamborin

Tamborin memiliki dua suara sekaligus saat dimainkan. Alat musik tradisional tamborin memiliki bunyi gemerincing yang berasal dari tumbukan logam di bagian sisi. Sementar itu , bunyi kedua berupa suara tabuhan yang berasal dari membrannya.

Drum

Drum merupakan jenis alat musik ritmis yang populer dan banyak dimainkan dikalangan anak muda. Drum biasanya terbuat dari kulit atau plastik khusus. Drum dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik khusus.

Kastanyet

Kastanyet merupakan alat musik ritmis yang memiliki bentuk seperti kerang.umumnya kastanyet dimainkan dengan dua atau tiga jari saja. jenis alat musik ritmis satu ini cukup mudah dimainkan tentu dengan latihan yang serius dan tekun

Marakas

Bentuk marakas seperti permen lollipop besar. Alat musik marakas memiliki pegangan serta bola besar di atasnya yang dapat mengeluarkan bunyi saat digoyang-goyang.

Simbal

Simbal memiliki banyak ukuran, mulai dari kecil hingga ukuran yang besar. Simbal terbuat dari logam, yang memiliki bentuk bulat seperti cakram.

Simbal biasanya diletakkan di drum, dan ada juga simbal tangan, yang bisa dimainkan dengan memadukan dua simbal. Simbal juga bisa dimainkan dengan stik.

Tifa

Tifa terbuat dari kayu yang diberi rongga di bagian tengah dan ditutup kulit di salah satu sisinya. Namun, bentuk tifa lebih panjang dan lebih ramping. Tifa biasanya dimainkan pada upacara tradisional masyarakat Indonesia Timur, semisal Maluku dan Papua.

Triangle

Triangle terbuat dari logam berbentuk panjang yang dibengkokkan hingga menjadi segitiga. Namun, ujung satu dengan ujung lainnya tidak saling menyatu. Biasanya ada semacam tali di salah satu sudutnya untuk memegang alat musik ini.

Conga

Conga adalah salah satu jenis alat musik ritmis. Conga berasal dari negara Afrika, yang disebut dengan tumbora.

Conga berbentuk seperti kendang. Conga juga digunakan untuk mengiringi musik pop modern. Alat musik ritmis ini terbuat dari serpihan kayu atau fiberglass.

AKHIR KATA

Demikianlah ulasan rifan fajrin tentang contoh alat musik ritmis dan fungsinya, semoga bermanfaat.