BAGAIMANA AKIBAT ORANG YANG TIDAK PANDAI BERSYUKUR

Rifanfajrin.com - Bagaimana akibat orang yang tidak pandai bersyukur
cara bersyukur kepada Allah, janji Allah kepada orang yang bersyukur

Allah Subhanahu wataala memberikan beragam kenikmatan kepada kita manusia. Dengan sifat-Nya yang maha pengasih dan maha penyayang, Ia memberikan rejeki kepada siapapun yang Ia kehendaki. Oleh sebab itu, kita sebagai manusia wajib hukumnya untuk bersyukur atas nikmat - nikmat yang Allah berikan kepada kita. Manusia adalah hamba allah yang paling lemah, namun manusia adalah Ciptaan allah yang memiliki akal. Maka dengan akalnya ia bisa menutup kelemahannya untuk terus bertahan hidup di dunia. Dengan akalnya itulah manusia diberikan kemampuan untuk merenungkan segala kenikmatan yang telah Allah berikan. Manusia wajib mensyukuri apa-apa yang diberikan Allah. 

Semua ketetapan Allah berupa qadha dan qadar. Manusia diberikan kesuksesan tidak semata mata karena usaha manusia, tetapi atas ketetapan Allah. Oleh sebab itu ketika sukses dan berhasil maka manusia wajib mensyukurinya, sebab ketetapan itu tak luput dari campur tangan Allah. Manusia yang tak pernah bersyukur pada Allah adalah orang yang kufur nikmat, dan padanya ia melekat sifat sombong.

Apabila manusia mencoba untuk menghitung hitung nikmat dari Allah, maka manusia tak akan mampu menghitungnya. Dalam hadits qudsy dikatakan, apabila seluruh lautan adalah tinta, dan seluruh pohon dan ranting rantingnya dijadikan pena untuk menulis nikmat Allah yang akan diberikan, maka tidak akan cukup untuk menghitungnya. Sebagaimana yang disebutkan dalam surah An-Nahl ayat 18.

QS. An-Nahl Ayat 18  


وَاِنْ تَعُدُّوْا نِعْمَةَ اللّٰهِ لَا تُحْصُوْهَا ۗاِنَّ اللّٰهَ لَغَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

Arti : Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan mampu menghitungnya. Sungguh, Allah benar-benar Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Adapun nikmat-nikmat tersebut mulai dari nikmat sehat, nikmat berupa Mampu, kesehatan akal dan masih nanyak lagi lainnya.

Cara Bersyukur kepada Allah :  

Ada banyak cara mengungkapkan rasa syukur. Adapun cara bersyukur yang baik dalam kehidupan sehari-hari yang dapat di lakukan antara lain adalah:

  1. Selalu taat beribadah  kepada Allah  
  2. Menjauhi segala larangan Allah    
  3. Mematuhi semua perintah Allah 
  4. Selalu berdzikir kepada Allah
  5. Menerima ketetapan Allah yang telah digariskan 
  6. Melakukan sujud syukur ketika mendapat nikmat dari Allah
  7. Hanya beribadah  dan menyembah kepada Allah
  8. Tidak pernah sombong ketika mendapat nikmat dari Allah
  9. gemar bersedekah dan membantu orang yang kesusahan dan orang yang sedang mengalami musibah 

Mengapa kita wajib bersyukur kepada allah swt?

Alasannya dapat kita simak dari al-qur'an

1) Surat ibrahim ayat 7

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِنْ شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِنْ كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٌ

artinya : Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih".

2) Surat al-baqoroh ayat 172

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ وَاشْكُرُوا لِلَّهِ إِنْ كُنْتُمْ إِيَّاهُ تَعْبُدُونَ

artinya : Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.

3) Surat al-baqoroh ayat 152

فَاذْكُرُونِي أَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِي وَلَا تَكْفُرُونِ

artinya : Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.

Akibat orang tidak pandai bersyukur

Orang yang tidak bersyukur ats nikat Allah adalah ornag yang kufur nikmat. Akibat orang yang tidak pandai bersyukur atau tidak tau cara bersyukur adalah orang tersebut akan mendapat adzab yang pedih dari Allah. Allah berjanji kepada orang yang bersyukur akan diberikan tambahan nikmat-Nya, sebaliknya kepada yang tidak bersyukur akan mendapatkan balasan berupa adzab yang pedih.

“Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih” (QS. Ibrahim: 7). 

Akibat orang yang tidak pandai bersyukur maka nikmatnya akan berkurang, seluruh nikmatnya yang ia dapatkan dengan susah payah akan hilang seketika. Akibat orang yang tidak pandai bersyukur maka hati tidak akan tentram . Akibat orang yang tidak pandai bersyukur maka ia berdosa karena telah kufur terhadap nikmat allah. Orang yang kufur akan merubah sifat watak dan sikap kita menjadi sombong. Kita tentu masih ingat kisah Qarun Laknatullah yang dihinakan oleh Allah karena tidak mensyukuri nikmat yang Allah berikan.

Akhir kata

Demikian ulasan rifanfajrin tentang syukur, cara bersyukur kepada Allah, serta  akibat orang yang tidak bersyukur, semoga kita bisa mendapatkan pelajaran dari ulasan tersebut. bagaimana akibat orang yang tidak pandai bersyukur kelas 3 sd, mengapa kita harus bersyukur kepada allah, mengapa kita harus bersyukur kepada allah swt, apa kebalikan dari bersyukur, jelaskan arti bersyukur,  semoga bermanfaat.

close