Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PERBEDAAN LISTRIK STATIS DAN LISTRIK DINAMIS

Rifanfajrin.com - perbedaan listrik statis dan listrik dinamis

Hai teman teman, apa kabar semuanya. semoga kalian senantiasa sehat dan dapat menjalankan aktivitas belajar dengan baik ya. pada artikel kali ini rifanfajrin akan mengulas tentang materi SD kelas 4, tema 7, subtema 2, yaitu kita akan mempelajari tentang listrik statis dan listrik dinamis.

Apa yang dimaksud dengan listrik statis dan listrik dinamis? Lalu, apa saja contoh listrik statis dan listrik dinamis yang dapat kita temui di sekitar kita?

Berikut ulasan rifanfajrin.

PENGERTIAN LISTRIK STATIS DAN LISTRIK DINAMIS

Teman teman tentu tahu apa sih yang dimaksud dengan gaya listrik. Gaya listrik merupakan gaya yang ditimbulkan oleh benda yang memiliki muatan listrik. Dengan adanya gaya listrik dari sumber energi listrik, peralatan elektronik dapat digunakan. Listrik memiliki muatan positif dan negatif dimana arus listrik mengalir dari kutub positif ke kutub negatif.

Listrik statis

Listrik statis dapat diartikan sebagai kumpulan muatan listrik dalam jumlah tertentu yang tidak bergerak. Sehingga dengan definisi ini, listrik statis juga disebut dengan listrik diam. Jadi, listrik statis bersifat sementara.

Contoh Listrik Statis

Di sekitar kita banyak dijumpai contoh listrik statis, kita dapat melihat contoh listrik statis melalui beberapa eksperimen, misalnya  menggunakan penggaris plastik, rambut, dan potongan kertas kecil.

Hasil eksperimen menunjukkan, penggaris plastik yang digosokkan ke rambut ternyata mampu mengangkat potongan kertas kecil. Sebelum dilakukan eksperimen, baik penggaris plastik, rambut, dan kertas sama-sama merupakan benda netral. Benda netral maksudnya benda benda tersebut mempunyai dua muatan, yaitu muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron) dalam jumlah yang sama.

Kemudian, ketika penggaris plastik mulai digosokkan ke rambut yang kering, muatan negatif dari rambut akan berpindah ke penggaris. Akibatnya penggaris kini memiliki elektron yang berlebih dan jadi bermuatan negatif. 

apa yang dimaksud dengan listrik statis dan listrik dinamis
penggaris plastik

Ketika penggaris plastik yang bermuatan negatif tersebut didekatkan pada potongan kertas, elektron pada kertas menjauhi penggaris dan sisi kertas yang dekat penggaris menjadi bermuatan positif. Akibatnya potongan kertas akan tertarik ke atas atau terangkat oleh penggaris plastik. Selama potongan kertas menempel terangkat oleh penggaris listrik, terjadi perpindahan muatan listrik.

Setelah muatan listrik pada potongan kertas dan penggaris plastik sama, dua benda itu akan kembali netral dan tidak menempel lagi.

Selain menggunakan rambut, kita juga bisa melakukan eksperimen dengan menggunakan benda lain yaitu benang wol.

Listrik dinamis

listrik dinamis adalah muatan arus listrik yang bisa bergerak atau mengalir terus-menerus.

Contoh Listrik Dinamis

Contoh paling mudah yang dapat digunakan untuk menjelaskan listrik dinamis adalah  lampu yang menyala di rumah kita.

Dengan menekan saklar, maka lampu akan lampu, sebaliknya tekan saklar ke arah berlawanan, maka lampu akan padam.

saklar lampu
saklar 

Proses menekan saklar untuk menyalakan lampu tersebut terjadi aliran listrik sehingga lampu bisa menyala. Sedangkan, ketika menekan saklar untuk mematikan lampu, tidak terjadi aliran listrik sehingga lampu mati.

AKHIR KATA

demikianlah ulasan rifanfajrin tentang apa yang dimaksud dengan listrik statis dan listrik dinamis disertai dengan contoh. semoga dapat difahami dan bermanfaat. terimkasih

Sumber: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas IV Tema 7, Edisi Revisi 2016