Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PENGERTIAN MUSIM, MUSIM DI INDONESIA DAN CIRI-CIRINYA

Rifanfajrin.com - PENGERTIAN MUSIM, MUSIM DI INDONESIA DAN CIRI-CIRINYA  

Tahukah kamu ada berapa musim di Indonesia? Mengapa di Indonesia tidak mengalami musim gugur dan musim semi?

Nah pada postingan kali ini Rifan Fajrin akan membahas tentang pengertian musim serta bagaimanakah pembagian musim di dunia dan di Indonesia serta ciri-cirinya.

PENGERTIAN MUSIM

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) musim adalah waktu tertentu yang bertalian dengan keadaan iklim. di Indonesia sendiri terdapat dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. dalam pengertian yang lain musim dapat di jelaskan sebagai bilangan waktu tertentu bisa 3 bulan, 4 bulan, dan sebagainya ketika terjadi suatu ciri-ciri alam. Jadi musim adalah suatu pembagian utama pada rentang waktu 1 tahun yang dipengaruhi oleh kondisi cuaca. umumnya pada rentang waktu 1 tahun terbagi menjadi 4 musim yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin.

namun khusus untuk Indonesia, kita hanya memiliki 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. Mengapa? Hal ini dikarenakan Indonesia terletak di daerah tropis yang dilewati garis khatulistiwa sehingga menyebabkan Indonesia hanya memiliki 2 musim saja.

MUSIM DI INDONESIA

sebagaimana telah dipaparkan di atas bahwa Indonesia hanya memiliki 2 musim yaitu musim hujan dan musim kemarau. 

1. MUSIM HUJAN

pengertian musim

Musim hujan ditandai dengan curah hujan yang sangat tinggi. Apabila diambil angka rata-rata, maka jumlah curah hujan yang turun di Indonesia setiap tahunnya mencapai 1.600 mm. Contoh saja keadaan alam Indonesia yang berbeda-beda juga menghasilkan angka yang berbeda-beda. Sebagai contoh misalnya di daerah palu dan Timor hanya memiliki angka statistik 500 mm sampai dengan 700 mm setiap tahunnya.

Adapun daerah yang lain misalnya Kalimantan barat Maluku Utara, di sekitar delta Mamberamo, Sulawesi Utara, Sumatera Utara, Sumatera barat, Aceh, Jambi, Riau, Bengkulu, Bandung, Bogor, dan beberapa kota di daerah Jawa barat memiliki curah hujan yang sangat tinggi.

Terdapat sebuah ciri khusus dalam rentang waktu tiga hingga lima tahun sekali di Indonesia ya itu fenomena El Nino. menyebabkan curah hujan menjadi sebentar saja. 

fenomena yang lain yaitu fenomena la Nina. La Nina merupakan peristiwa yang menyebabkan terjadinya curah hujan yang sangat tinggi dalam waktu yang sangat panjang tidak seperti biasanya.

2. MUSIM KEMARAU

Musim kemarau seringkali disebut sebagai musim panas. Musim ini adalah suatu kondisi yang terjadi di banyak daerah di Indonesia yang mengalami fenomena kekurangan air (kekeringan). Hal ini dikarenakan curah hujan yang sedikit bahkan tidak terjadi turun hujan. Mengapa bisa begitu? hal ini dikarenakan terjadinya gerakan angin muson timur yang melewati Indonesia. 

pengertian musim


Angin muson yang berhembus dari belahan timur Utara telah menyebabkan benua Australia dalam keadaan dingin sehingga terjadi tekanan angin yang maksimum. Akibatnya benua Asia menjadi panas sehingga tekanan angin ya menjadi minim. sementara itu dikarenakan angin hendak bertiup dari tekanan maksimum ke tekanan minimum, maka ARAH perjalanan angin berhembus dari Australia ke Asia menuju ke daerah garis khatulistiwa yaitu Indonesia.Arah perjalanan angin tersebutmenyebabkan Indonesia mengalami musim kemarau.

3. MUSIM PANCAROBA

Musim pancaroba adalah seputar khusus masyarakat Indonesia yang sebetulnya tidak termasuk dalam pembagian musim. Musim pancaroba ini lazim disebut kan untuk menandai terjadinya peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Sehingga dapat dikatakan bahwa musim pancaroba iyalah masa peralihan antara dua musim utama di daerah iklim musim, yaitu musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya.

Pancaroba sendiri biasanya ditandai sebagai musim batuk pilek oleh sebagian masyarakat dikarenakan mereka mempercayai bahwa adanya peralihan musim menyebabkan cuaca yang tidak menentu sehingga menyebabkan gangguan saluran pernafasan. Kondisi ini terjadi biasanya di pulau Jawa dimana pancaroba terjadi pada bulan Maret dan Aprilyaitu bergantian dari kemarau ke penghujan.

AKHIR KATA

demikianlah pembahasan tentang pengertian musim, serta pembahasan tentang musim di Indonesia disertai dengan ciri-cirinya, semoga bermanfaat.