Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PELAKSANAAN PAMERAN SENI RUPA

Rifanfajrin.com - Pelaksanaan pameran seni rupa

pameran seni rupa
suasana pameran seni rupa

PENGERTIAN PAMERAN SENI RUPA

Pameran adalah sebuah kegiatan menyajikan karya seni rupa untuk dikomunikasikan (dipamerkan) sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat secara luas. Pameran seni rupa sesungguhnya termasuk bentuk usaha jasa pertemuan.

Pameran karya seni rupa adalah kegiatan yang dibuat seorang seniman untuk menyampaikan ide dan gagasan pada masyarakat melalui seni rupa sehingga dapat menjadi alat komunikasi.

pelaksanaan pameran mencakup kegiatan pelaksanaan kerja panitia secara bersama-sama meliputi Penataan ruang, pelaksanaan pameran dan penyusunan laporan. Pelaksanaan Pameran Dari Karya Seni Rupa merupakan puncak dari implementasi rencana yang telah disusun pada tahap perencanaan pameran.

TUJUAN PAMERAN SENI RUPA

Tujuan utama diselenggarakan pameran seni rupa adalah dapat menyajikan suatu produk atau karya seni kepada masyarakat luas dan mendapatkan opini, tanggapan, atau apresiasi terhadap produk atau karya seni yang dipamerkan.

Di lingkungan sekolah, fungsi pameran seni rupa bertujuan membangkitkan apresiasi seni pada siswa. Selain itu, berfungsi sebagai media komunikasi antara seniman dengan khalayak. pameran seni rupa merupakan sarana menumbuhkembangkan apresiasi siswa tehadap seni.

YANG HARUS DISIAPKAN SEBELUM PAMERAN

Beberapa hal yang harus disiapkan dalam sebuah pameran antara lain:

  1. Memilih dan mempersiapkan karya seni yang hendak dipamerkan. Keberadaan karya seni, merupakan syarat utama terlaksananya sebuah pameran.
  2. Mempersiapkan Perlengkapan Pameran. dalam menyelenggarakan pameran seni diperlukan perlengkapan berupa sarana dan prasarana yang memadai seperti: ruangan, meja, buku tamu, buku pesan dan kesan, panil (penyekat ruangan)
  3. Sketsel atau panil adalah papan atau benda-benda yang digunakan untuk penyekat ruangan. Jadi fungsi utama sketsel atau panil adalah sebagai penyekat ruangan yang diperuntukkan untuk membagi ruangan menjadi beberapa bagian. Namun Sketsel jga bisa berfungsi sebagai tempat memajang karya seni 2 dimensi apabila sketsel berupa papan kayu. atau bisa juga berfungsi sebagai mempercantik interior apabila sketsel berupa sketsel lukis dari kanvas.

ASPEK YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PENATAAN RUANG PAMERAN

Beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam penataan ruang pameran antara lain :

  1. ruang pameran yang digunakan harus luas, sehingga pengunjung dapat leluasa menjelajahi setiap sudut pameran dan tidak pengap
  2. karya seni yang dipamerkan ditata sedemikian rupa menurut jenisnya dan ditulis pembuatnya 
  3. karya yang ditampilkan di depan harus dapat menarik perhatian pengunjung supaya tertarik untuk melihat isi pameran
  4. panitia harus  mempersiapkan denah pameran agar pengunjung dapat teratur dan tertib saat melihat karya
  5. Aspek lain yang tidak kalah pentingnya dalam penataan ruang pameran adalah aspek pencahayaan.
  6. Pameran seni dikatakan komunikatif jika pameran tersebut dapat menyampaikan pesan yang terkandung dalam karya seni dengan tepat kepada pengunjung. Selain itu, pameran dikatakan komunikatif jika mampu mendorong munculnya respon tanggapan pengujung terkait isu yang diusung dalam sebuah pameran. Kurator biasanya mempelajari tentang karya seni yang dipamerkan, sehingga pameran seni tidak lagi sekadar mempertunjukkan karya seni, tetapi memiliki fungsi yang lebih luas dengan mengusung serta menyampaikan pesan pesan (kampanye) tertentu.
AKHIR KATA

demikianlah ulasan rifanfajrin tentang pelaksanaan pameran seni rupa untuk menjawab beberapa pertanyaan diantaranya fungsi panel dalam sebuah pameran seni rupa; yaitu, bagaimanakah pelaksanaan sebuah pameran seni dikatakan komunikatif,  aspek lain yang tidak kalah pentingnya dalam penataan ruang pameran adalah; pelaksanaan pameran mencakup kegiatan pelaksanaan kerja panitia secara bersama-sama meliputi.Semoga bermanfaat