Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

PEGUNUNGAN TERTINGGI DI DUNIA, MATERI SD

rifanfajrin.com - pegungungan tertinggi di dunia

rifanfajrin.com
mount everest

Hai teman-teman apa kabar semuanya, semoga kita selalu diberikan kesehatan sehingga bisa belajar dengan baik ya. Pada artikel kali ini rifan Fajrin akan mengulas tentang pegunungan tertinggi di dunia. Semoga bisa menambah wawasan kalian ya.

PENGERTIAN GUNUNG

gunung merupakan sebuah bentuk tanah yang menonjol ke atas daripada wilayah sekitarnya. Gunung merupakan bagian dari permukaan bumi yang menjulang ke atas dan lebih tinggi daripada wilayah sekitarnya. Gunung biasanya lebih tinggi dan lebih curam daripada sebuah bukit, meskipun antara gunung dan bukit tentu ada persamaan yaitu dalam hal penggunaan oleh adat lokal setempat. 

Gunung umumnya terbentuk dari sebuah gerakan lempeng tektonik, gerakan orogenetik, dan gerakan epirogenik. adapun pegunungan merupakan kumpulan atau barisan dari berbagai gunung. 

Gunung memiliki bentuk yang menjulang tinggi. deretan gunung biasanya membentuk pegunungan yang panjang bahkan mencapai ribuan kilometer. Terbentuknya pegunungan tersebut membutuhkan waktu jutaan tahun lamanya. Pegunungan bisa terbentuk dikarenakan adanya pergerakan lapisan kerak bumi. Kerak bumi sendiri terbuat dari lempeng yang sangat rapuh. ketika lapisan mantel di dalam bawah kulit bumi bergerak secara perlahan-lahan maka saat itulah pegunungan terbentuk.

PEGUNUNGAN TERTINGGI DI DUNIA

Pegunungan tertinggi di dunia adalah gunung Everest di India atau Asia. selain itu sebenarnya terdapat Puncak yang lebih tinggi yaitu Mauna kea di Hawaii yang merupakan gunung berapi, memiliki bentuk yang menjulang ke atas di atas permukaan laut. Adapun pegunungan terpanjang di dunia adalah pegunungan Andes di Amerika Selatan.

Jalur pegunungan di dunia secara umum terbagi menjadi dua bagian, yaitu jalur pegunungan lipatan muda Mediterania dan jalur pegunungan lipatan muda pada sirkum pasifik. pegunungan lipatan muda sirkum Mediterania membentang luas dari pegunungan atlas pada benua Afrika bagian utara kemudian ke pegunungan Alpen di benua Eropa, lalu pegunungan kaukasus, pengertian pegunungan Himalaya di benua Asia, pegunungan arakan yoma, dan yang terakhir di Indonesia.

Sedangkan jalur pegunungan lipatan muda sirkum pasifik, membentang dari pegunungan Andes di Amerika Selatan, lalu masuk ke Amerika Utara di pegunungan Rocky mountain, kemudian masuk ke Asia bagian timur ke pegunungan Jepang, Filipina, dan juga berakhir di Indonesia yaitu di pegunungan Kalimantan Utara, Sulawesi, Maluku, serta Papua. Pegunungan ini kemudian terbagi menjadi dua jalur khusus tepatnya di Papua, yaitu jalur pegunungan sepanjang pantai utara hingga Halmahera dan jalur pegunungan dimulai dari Papua bagian timur hingga pulau misol.

Di Indonesia sendiri jalur pegunungan lipatan muda membentuk 2 buah busur pegunungan diantaranya adalah busur dalam vulkanik dan busur luar non vulkanik. Busur dalam bersifat vulkanik dan tektonik, oleh sebab itu pegunungan yang tersebar membentuk gunung api aktif. Contoh pegunungan tersebut diantaranya di daerah Sumatera, Jawa, Bali, Nusa tenggara, dan Maluku. Salah satu contoh yaitu gunung Krakatau sebagai gunung berapi. Sementara itu busur luar lebih bersifat non vulkanik dan tektonik, di mana pegunungan tersebut membentang dari pulau Simeulue, nias, Mentawai, hingga ke bagian selatan pantai Jawa, pulau sawu dan kepulauan Nusa tenggara.

AKHIR KATA

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang pegunungan tertinggi di dunia sebagai materi pelajaran untuk sekolah dasar, semoga bermanfaat ya.