Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

KITAB SUCI AGAMA DI INDONESIA

Rifanfajrin.com - Kitab Suci Agama di Indonesia

kitab suci agama di indonesia

Indonesia adalah negara multikultural yang memiliki keberagaman suku, agama dan ras. Terdapat enam agama di Indonesia yang diakui dan dianut oleh masyarakat, yaitu Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha, dan Konghucu. Keenam agama tersebut memiliki kitab suci yang memuat ajaran-ajaran tentang panduan bagi kehidupan umat beragama.  

Rifanfajrin akan mengulas keenam kitab suci agama di Indonesia, berikut ulasan kitab suci agama di Indonesia:

1. Kitab suci Al Quran- Islam

Al Quran adalah kitab suci bagi pemeluk agama Islam. Kandungan Al Quran terdiri dari 114 surat, 30 juz, dan 6.666 ayat. Al Quran diwahyuakan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril secara bertahap, selama 22 tahun, 2 bulan dan 22 hari atau dibulatkan menjadi 23 tahun. Al quran diturunkan sejak 17 Ramadan kepada Muhammad saat beliau berusia 40. Wahyu pertama adalah surat Al-Alaq ayat 1-5. Sejak saat itu Muhammad SAW diangkat menjadi nabi dan menerima wahyu hingga beliau wafat. Wahyu terakhir adalah surat al-maidah ayat 3.

Al Quran berisi petunjuk bagi umat islam, disamping itu terdapat juga kisah umat umat terdahulu sebagai itibar dan pembelajaran bagi umat islam masa kini. Al Quran diturunkan dalam bahasa Arab, bahasa tempat Islam diturunkan yaitu di jazirah Arab. Bahasa inilah yang juga digunakan sebagai bacaan shalat. 

Seseorang yang menghafal isi Al Quran sebanyak 30 juz disebut Hafidz. Umat Muslim dianjurkan membaca alquran secara tartil, sesuai peraturan (kaidah) yang disebut tajwid. Dalam memahami makna Al Quran, umat Muslim menggunakan tafsir. Adapun seni membaca alquran disebut qiraah.

Umat islam melakukan ibadah di masjid.  Khusus di Indonesia, masjid dibagi bagi menjadi beberapa kategori atau memiliki beberapa sebutan, misalnya masjid jami, masjid, mushalla, surau, langgar, dll. Umat Islam memanfaatkan masjid sebagai tempat melaksanakan ibadah sholat lima waktu, sholat sunah, dan membaca Al Quran.

2. Al Kitab- Kristen Katolik

Kitab suci agama Kriten Katolik adalah Al Kitab atau Injil. Kristen Katolik masuk ke Indonesia dimulai dari kedatangan bangsa Portugis ke kepulauan Maluku pada masa abad penjelajahan. Hari besar agama Kristen Katolik adalah diantaranya hari Natal, Jumat Agung, Kenaikan Isa Al Masih, dan Hari Paskah.

3. Al Kitab- Kristen Protestan

Agama Kristen Protestan merupakan agama yang muncul setelah protes Martin Luther pada tahun 1517. Kata Protestan disematkan untuk menyebut umat umat Kristen yang menolak ajaran maupun otoritas Gereja Katolik. Kitab suci agama Kristen Protestan disebut al kitab atau injil, sebutan yang sama dengan agama Kristen Katolik. Adapun tempat ibadah umat Kristen Protestan dan Kristen Katolik adalah gereja.

4. Weda- Hindu

Kitab suci agama Hindu adalah kitab Weda. Di Indonesia pemeluk agama Hindu tersebar di beberapa wilayah, namun yang terbanyak terdapat di pulau Bali. Di sana, agama hindu diaplikasikan dalam aktivitas kehidupan sehari hari. Tempat ibadah agama Hindu disebut Pura. Hari raya Umat Hindu yakni Nyepi, Kuningan, Galungan, dan Hari Saraswati.

5. Tripitaka- Buddha

Kitab suci agama Buddha disebut Tripitaka. Tempat ibadah agama buddha adalah Vihara. Hari raya agama Buddha yakni Hari Kathina, Hari Waisak, dan Hari Asadha. Agama Buddha merupakan agama tertua di dunia dan di Indonesia. Namun pemeluk agama Buddha di Indonesia tidak sebanyak agama-agama lainnya.

6. Sishu Wujing - Konghucu

Agama konghucu adalah agama yang mulai diakui sejak era presiden Abdurahman wahid (gus dur), meskipun sesungguhnya telah dianut berabad abad yang lalu sejak masuknya etnis tionghoa ke Indonesia. Tidak heran, presiden Abdurrahman Wahid kerap dianggap sebagai bapak tionghoa Indonesia, padahal beliau adalah orang pesantren, orang islam, pemimpin organisasi keagamaan terbesar di dunia yaitu Nahdlatul ulama, dan bukan orang tionghoa, namun memiliki visi kebangsaan yang mengagumkan. Penyebaran agama Konghucu ke Indonesia dilakukan oleh orang-orang China yang merantau pada masa lampau ke Indonesia. Kitab suci agama Konghucu disebut Sishu Wujing. Hari besar agama Konghucu yakni Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh.

AKHIR KATA

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang kitab suci agama-agama di Indonesia, semoga bermanfaat.