Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

KEBIASAAN MENJAGA KEBERSIHAN ORGAN REPRODUKSI PERLU DITANAMKAN SEJAK KECIL

Rifanfajrin.com -  kebiasaan menjaga kebersihan organ reproduksi perlu ditanamkan sejak kecil

kesehatan reproduksi
ibu memberikan informasi yang tepat bagi anak

PENGERTIAN KESEHATAN REPRODUKSI

Kesehatan reproduksi remaja adalah hal penting yang harus diketahui anak sejak dini, khusunya menginjak masa pubertas. Kesehatan reproduksi adalah kondisi kesehatan yang menyangkut  organ reproduksi baik pria maupun wanita.

Kesiapan organ reproduksi dimulai sejak usia remaja. Bagi anak perempuan, ditandai ketika ia mengalami haid pertama kali pada masa remaja. Sedangkan bagi anak laki-laki ditandai ketika ia mimpi basah.   

Kesehatan reproduksi remaja mencakuo fungsi, proses, dan sistem reproduksi remaja. Kesehatan reproduksi yang dimaksudkan tidak semata-mata terbebasnya organ vital dari berbagai penyakit kelamin saja, tetapi juga kesehatan fisik, mental maupun sosial remaja.

Pengetahuan Dasar Kesehatan Reproduksi Pada Remaja

Usia remaja merupakan masa transisi dari remaja ke dewasa. Umumnya kondisi ini ditandai dengan berbagai perubahan pada dirinya. Misalnya perubahan emosi, perubahan psikis, dan ciri fisik.

Berkaitan dengan ciri fisik, terdapat perubahan yang khas dan unik yang terjadi pada anak laki laki maupun perempuan. misalnya bagi pria, mulai membesarnya jakun, perubahan pita suara, dan tumbuhnya bulu di beberapa bagian, misalnya kumis dan ketiak. sedangkan bagi wanita, misalnya membesarnya bagian dada, serta tumbuhnya bulu di beberapa bagian tubuhnya. 

Pengetahuan dasar tersebut di atas penting untuk diketahui sejak dini oleh remaja putra maupun putri. Kita sebagai orang tua dan orang dewasa turut bertanggung jawab menjamin mereka mendapatkan informasi yang tepat tentang kesehatan reproduksi mereka. jangan sampai mereka menerima informasi yang keliru dan menyesatkan. Untuk itu, penting pula bagi mereka untuk mengetahui berbagai faktor yang berpengaruh terhadap kesehatan reproduksi.

HAL-HAL YANG HARUS DIKETAHUI ANAK SEJAK DINI (MASA PUBER)

Remaja pria maupun wanita berhak mendapatkan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi dasar, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pengenalan tentang fungsi alat reproduksi, sistem reproduksi, dan proses  proses, fungsi reproduksi.
  2. Mengetahui berbagai penyakit HIV/AIDS dan penyakit menular seksual yang ditimbulkan akibat tidak sehatnya organ reproduksi.
  3. Mengetahui cara dan kiat terhindar dari kekerasan seksual
  4. Mengetahui pengaruh buruk media sosial terhadap aktivitas seksual
  5. Mengetahui cara menghidari resiko dampak penyakit reproduksi.

CARA MENJAGA ORGAN REPRODUKSI

Cara menjaga organ reproduksi, diantaranya:

  1. Menggunakan handuk yang lembut, kering, bersih, dan tidak berbau atau lembab.
  2. Menggunakan celana dalam berbahan lembut dan mudah menyerap keringat
  3. Ganti penggunaan pakaian dalam minimal 2 kali dalam sehari
  4. Bagi perempuan, sesudah berkemih (buang air kecil) wajib membersihkan alat kelamin dengan hati hati. Jika perlu gunakan sabun supaya kuman tidak masuk ke dalam organ reproduksi. 
  5. Bagi laki-laki, dianjurkan untuk dikhitan atau disunat untuk menghilangkan kotoran pada penis. Khitan dapat mengurangi resiko penularan penyakit menular seksual serta menurunkan risiko kanker penis.
  6. Bersihkan (cukur) bulu kemaluan secara rutin

AKHIR KATA

Perubahan fisik, psikis, dan emosi remaja pada masa pubertas bisa saja menyebabkan remaja pria dan wanita lebih mengekpresikan diri sesuai perkembangan organ kelamin dan perilaku seksualnya. Sedangkan, pengetahuan dan persepsi yang salah tentang perilaku seksual dan kesehatan reproduksi dapat menyebabkan remaja berisiko melakukan perilaku yang merugikan kesehatan reproduksinya. Oleh karena itu, peran orang tua dan guru menjadi penting dalam mendampingi remaja mencari dan menemukan informasi kesehatan reproduksi yang tepat.[]