Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

GAYA GRAVITASI DAN MANFAATNYA

Rifanfajrin.com – Gaya gravitasi dan manfaatnya

apa manfaat gaya gravitasi
Apel jatuh ke bawah


Hai teman-teman, apa kabar semuanya. semoga sehat selalu sehingga dapat belajar dengan baik dan nyaman. Pada post kali ini rifanfajrin akan mengulas tentang gaya gravitasi yang terdapat pada materi SD kelas 4, tema 7, subtema 3.

Untuk mempermudah pemahaman materi tentang gaya gravitasi, ada baiknya teman-teman juga mempelajari tentang gaya magnet. Apa yang dimaksud dengan gaya magnet, apa yang dimaksud dengan gaya gravitasi, serta apa manfaat gaya gravitasi. 

Penjelasan Gaya Magnet dan Gaya Gravitasi

Terdapat beberapa macam gaya, dua diantaranya adalah gaya magnet dan gaya gravitasi. 

Gaya magnet didefinisikan sebagai gaya tarik maupun gaya tolak yang dihasilkan oleh magnet. Ketika dua buah magnet didekatkan, akan terjadi interaksi antara dua magnet tersebut (tolak atau tarik), itulah yang dimaksud dengan gaya magnet. Dengan kata lain,  gaya magnet dihasilkan ketika dua magnet atau lebih saling berinteraksi.

Lalu, apa yang dimaksud dengan gaya gravitasi? 

Gaya gravitasi merupakan gaya yang disebabkan adanya gaya tarik yang dihasilkan oleh Bumi. Adanya gaya gravitasi menyebabkan benda yang berada di permukaan Bumi selalu tertarik (ke bawah) menuju Bumi.

Manfaat Gaya Magnet

Dalam kehidupan sehari-hari,  gaya magnet dapat bermanfaat dalam berbagai hal. Salah satunya adalah digunakan untuk pembuatan kompas sebagai penunjuk arah. Pada kompas, di dalamnya magnet yang berbentuk (menyerupai) jarum. Apabila magnet diletakkan mendatar, maka jarum kompas akan menunjukkan arah utara dan selatan. Teknologi kompas sangat penting digunakan pada masa lampau ketika bangsa-bangsa Eropa melakukan penjelajahan samudera.  

Selain untuk pembuatan kompas, gaya magnet digunakan pula untuk mengangkat benda-benda yang terbuat dari besi, seperti rongsokan barang atau paku-paku di jalan raya. Selain besi, magnet juga dapat digunakan untuk mengangkat benda-benda yang terbuat dari logam baja, nikel, dan kobalt.

Pemanfaatan gaya magnet juga diterapkan di pintu kulkas, kereta maglev, peralatan kesehatan MRI (magnetic resonance imagers), dan komponen pada pengeras suara (speaker) elektronik.

Manfaat Gaya Gravitasi

Pada kehidupan sehari-hari terdapat beragam contoh peristiwa yang menunjukkan adanya gaya gravitasi bumi, misalnya daun daunan dan buah yang matang yang jatuh dari pohon ke tanah. 

Nah, pernahkah terpikir manfaat gravitasi bumi? Gaya gravitasi bermanfaat untuk menahan benda-benda dan manusia tetap berada di permukaan Bumi. Terbayang kan jika tidak ada gaya gravitasi, maka semua benda di permukaan bumi bisa melayang ke angkasa karena tidak ada gaya tarik bumi.

Dengan adanya gaya gravitasi, benda-benda yang dilemparkan ke udara selalu akan jatuh ke bawah/tanah/bumi.

Gaya gravitasi bermanfaat juga bagi semesta, yaitu memastikan planet-planet di Tata Surya bergerak dengan seimbang sesuai dengan jalur dan tempatnya masing-masing.

Akhir kata

Demikianlah ulasan rifanfajrin tentang apa yang dimaksud dengan gaya gravitasi dan apa manfaat gaya gravitasi. Semoga bermanfaat. 

Sumber: Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Kelas IV Tema 7, Edisi Revisi 2016