Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

PEMBAHASAN TEMA 7 KELAS 4 HALAMAN 20-28 TENTANG INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU

rifanfajrin.com - PEMBAHASAN TEMA 7 KELAS 4 HALAMAN 20-28 TENTANG INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU

Pada artikel kali ini kita akan membahas kunci jawaban pada buku tema 7 kelas 4 yang berjudul indahnya keberagaman di negeriku halaman 20- 28.

Materi ini bersumber dari buku tematik SD kurikulum 2013 edisi revisi 2018.

Terdapat 3 subtema yang diulas di antaranya adalah:

1. Keragaman suku bangsa dan agama di negeriku

2. Indahnya keragaman

3. Indahnya persatuan dan kesatuan negeriku

untuk melihat secara lengkap soal yang akan dibahas dapat dilihat pada subtema 1 pembelajaran 3 dalam tema ke 7 kelas 4 tentang keragaman suku bangsa.

Berikut ulasannya

HALAMAN 20

AYO MENGAMATI

Perhatikanlah gambar peta Indonesia berikut ini

faktor penyebab keberagaman yang


HALAMAN 21

AYO BERDISKUSI

dari gambar peta Indonesia tersebut mari diskusi jawaban pertanyaan-pertanyaan berikut bersama dengan kelompokmu

1. Di pulau mana kalian tinggal?

Jawab:

jawaban yang ditulis silahkan disesuaikan dengan daerah tempat tinggal masing-masing siswa, misalnya Jawa 

2. Banyak atau sedikit kah pulau-pulau di Indonesia?

Jawab:

Banyak, jumlah pulau di Indonesia menurut data yang dirilis departemen dalam negeri republik Indonesia adalah sebanyak 17.504 buah pulau. Dari sekian banyak jumlah pulau tersebut ada 7.870 pulau yang sudah bernama sisanya belum bernama.

3. Menurut kamu bagaimana jarak dari pulau satu ke pulau lain? Jauh atau dekat?

Jawab:

Jarak dari pulau satu ke pulau lain adalah jauh. Hal ini disebabkan karena masih minimnya alat transportasi antar pulau yang tersedia dan masih adanya banyak pulau yang belum memiliki fasilitas setara dengan pulau lainnya

4. Bagaimanakah kondisi alam setiap daerah di Indonesia?

Jawab:

Alam Indonesia kaya akan keanekaragaman sumber daya alam yang disebabkan karena iklim tropis dengan curah hujan yang tinggi dan kepemilikan beberapa jenis hutan di berbagai wilayah yaitu hutan hujan tropis. selain itu Indonesia memiliki tiga kawasan persebaran fauna yang dipisahkan oleh dua garis wallacea dan garis weber berupa kawasan oriental, peralihan dan Australia. sebagaimana dapat dijumpai di Sulawesi dan Papua yang kaya akan sumber daya alam laut

5. Samakah kondisi penduduk di seluruh wilayah Indonesia? Mengapa?

Jawab:

kondisi penduduk di Indonesia tidaklah sama hal ini dikarenakan adanya keberagaman dalam berbagai aspek dan bidang misalnya suku bangsa, agama, bahasa dan budaya.

Bacalah hasil diskusi kelompok dengan kelompok kelompok yang lain kemudian buatlah simpulan.

Jawaban:

Indonesia kaya akan sumber daya alam dan keberagaman alam dan juga memiliki keberagaman penduduknya.

Di Indonesia terdapat banyak suku bangsa. Apa sajakah faktor-faktor yang menjadi penyebabnya? Adakah hubungan dengan kondisi wilayah Indonesia?diskusikanlah bersama dengan kelompokmu lalu bacakan hasil diskusimu di depan kelas.

Jawaban;

Faktor penyebab keberagaman suku bangsa di Indonesia adalah sebagai berikut

1. Letaknya yang strategis

2. Kondisi negara kepulauan

3. Perbedaan kondisi alam

4. Keadaan transportasi dan komunikasi

5. Penerimaan masyarakat terhadap perubahan

HALAMAN 22

AYO MEMBACA

Di Indonesia terdapat banyak keragaman, misalnya suku bangsa, bahasa, agama, dan budaya. Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya keragaman dalam masyarakat Indonesia. Beberapa faktor yang dimaksud seperti berikut.

1. Letak Strategis Wilayah Indonesia.

Letak Indonesia sangat strategis, yaitu berada di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Indonesia juga berada di antara Benua Asia dan Benua Australia. Letak strategis tersebut menjadikan Indonesia berada di tengah- tengah lalu lintas perdagangan. Para pedagang dari berbagai negara datang ke Indonesia. Mereka membawa agama, adat istiadat dan kebudayaan dari negaranya. Banyak pendatang menyebarkan agama, adat istiadat, dan kebudayaan negaranya, baik dengan sengaja maupun tidak sengaja.

2. Kondisi Negara Kepulauan.

Keadaan geografi Indonesia merupakan wilayah kepulauan yang terdiri atas 13.466 pulau (berdasarkan data dari //www.bakosurtanal.go.id/ berita-surta/show/indonesia-memiliki-13-466-pulau-yang-terdaftar- dan-berkoordinat yang diunduh pada 5 Oktober 2016). Banyaknya pulau di Indonesia menyebabkan penduduk yang menempati satu pulau atau sebagian dari satu pulau tumbuh menjadi kesatuan suku bangsa. Tiap-tiap suku bangsa memiliki budaya sendiri. Oleh karena itu, di Indonesia banyak suku bangsa dengan budaya yang berbeda-beda.

3. Perbedaan Kondisi Alam.

Negara Indonesia sangat luas dan terdiri atas 13.466 pulau. Tiap-tiap pulau dibatasi oleh lautan. Selain itu, Indonesia merupakan negara vulkanis dengan banyak pegunungan, baik gunung berapi maupun bukan gunung berapi. Keadaan alam Indonesia tersebut memengaruhi keanekaragaman masyarakatnya.

Kehidupan masyarakat pantai berbeda dengan kehidupan masyarakat pegunungan. Masyarakat pantai lebih banyak memanfaatkan laut untuk mempertahankan hidupnya, yaitu dengan menjadi nelayan. Sebaliknya, masyarakat yang tinggal di lereng pegunungan memiliki upaya sendiri untuk mempertahankan hidupnya. Mereka lebih memilih mata pencaharian yang berkaitan dengan relief alam pegunungan, misalnya sebagai peternak atau petani sayur.

Bagaimana dengan masyarakat yang tinggal di kota? Masyarakat yang tinggal di kota tentu tidak akan menjadi nelayan. Masyarakat kota cenderung untuk membuka usaha, bekerja di kantor, atau bekerja di pabrik.

4. Keadaan Transportasi dan Komunikasi

Kemajuan dan keterbatasan sarana transportasi dan komunikasi dapat me- mengaruhi perbedaan masyarakat Indonesia. Kemudahan sarana transportasi dan komunikasi memudahkan masyarakat berhubungan dengan masyarakat lain. Sebaliknya, sarana yang terbatas akan menyulitkan masyarakat dalam berhubungan dan berkomunikasi dengan masyarakat lain. Kondisi ini menjadi penyebab keragaman masyarakat Indonesia.

5. Penerimaan Masyarakat terhadap Perubahan

Keterbukaan masyarakat terhadap sesuatu yang baru, baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat, membawa pengaruh terhadap perbedaan masyarakat Indonesia. Masyarakat perkotaan relatif mudah menerima orang asing atau budaya lain. Sebaliknya, masyarakat pedalaman sebagian besar sulit menerima sesuatu yang baru. Mereka tetap bertahan pada budaya sendiri dan sulit menerima budaya luar.

HALAMAN 24

AYO BERDISKUSI

Dari bacaan “Faktor Penyebab Keragaman Masyarakat Indonesia” di depan, tuliskan informasi baru yang kamu dapatkan. Diskusikan bersama teman sebangkumu, lalu bacakan di depan teman-temanmu. Kumpulkan tulisanmu kepada Bapak/Ibu guru

Di Indonesia ada ribuan suku bangsa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Suku bangsa apa yang kamu lihat pada gambar di samping?

PEMBAHASAN TEMA 7 KELAS 4 HALAMAN 20 28


Jawaban:

- Suku Jawa

- Suku Batak

- Suku Asmat

- Suku Dayak

- Suku Betawi

- Suku Melayu


*** Ayo Membaca ***

Bacalah dengan cermat teks berikut!

Keragaman Suku Bangsa di Indonesia

Suku bangsa termasuk bagian dari keragaman bangsa Indonesia. Ada banyak suku bangsa yang mendiami wilayah Kepulauan Indonesia.

Dibandingkan dengan negara lain, jumlah suku bangsa Indonesia menjadi yang terbesar di dunia.

Suku bangsa Indonesia tersebar di seluruh wilayah Indonesia, baik di pulau besar maupun pulau kecil. Berikut daftar suku bangsa di seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

pembahasan tema 7 halaman 20

Dari tabel di atas, terlihat betapa banyak suku bangsa di Indonesia. Dalam satu provinsi bisa terdapat lebih dari satu suku bangsa. Namun, semua suku bangsa dapat hidup berdampingan dalam persatuan dan kesatuan.

HALAMAN 27

*** Ayo Bermain Peran ***

1. Sebelum bermain, siapkan bahan dan alat berupa: kertas HVS, peta Indonesia (gunakan yang berukuran besar jika ada), gunting, spidol, dan jarum pentul.

2. Gunting-guntinglah kertas berukuran 8 cm × 4 cm. Tuliskan nama satu suku bangsa pada setiap guntingan kertas. Berhati-hatilah dalam menggunakan gunting supaya tidak melukai.

3. Masukkan seluruh guntingan kertas bertuliskan nama suku bangsa ke dalam suatu wadah.

4. Secara bergiliran dengan teman-temanmu, ambillah satu lembar guntingan kertas bertuliskan nama suku bangsa tanpa melihat ke dalam wadah.

5. Baca keras-keras tulisan nama suku bangsa pada guntingan kertas yang terambil. Lalu, pasangkan pada peta sesuai lokasi tempat tinggal suku bangsa itu. Pasangkan menggunakan jarum pentul. Perhatikan penggunaan dan penyimpanan jarum pentul supaya tidak berserakan dan tidak melukai kalian. 6. Jika kamu salah memasangkan nama suku bangsa pada peta, kamu harus menampilkan salah satu atraksi, misalnya menyanyi, membaca puisi, atau membacakan cerita rakyat.

HALAMAN 28

*** Ayo Renungkan ***

Apakah kamu mengetahui suku bangsa yang mungkin ada di provinsi tempat tinggalmu? Saya tinggal di provinsi _______________________________________

Suku bangsa yang mungkin ada di provinsi tempat tinggalku:

Jawaban;

Saya tinggal di Provinsi Kalimantan Barat

Suku bangsa yang mungkin ada di provinsi tempat tinggalku:

1.       Dayak

2.       Melayu

3.       Tionghoa

4.       Jawa

5.       Bugis

6.       Batak

7.       Madura

8.       Sunda

9.       Banjar

10.   Suku lainnya

*** Kerjasama dengan Orang Tua***

Identifikasilah suku bangsa yang kamu temui di lingkungan tempat tinggalmu.

Suku bangsa yang ada di wilayah tempat tinggalku:

1. Dayak

2. Melayu

3. Tionghoa

4. Bugis

AKHIR KATA

Demikianlah PEMBAHASAN TEMA 7 KELAS 4 HALAMAN 20-28 TENTANG INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU, semoga bermanfaat.

*) Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.