Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA MENJAGA KEBERSIHAN KELAS 1 SD

rifanfajrin.com - cara menjaga kebersihan kelas 1 SD

kelas 1 sd

Hai teman-teman apa kabar semuanya. Semoga kita selalu diberikan kesehatan sehingga dapat belajar dengan lancar. 

Pada artikel kali ini Rifan Fajrin akan mengulas bagaimana cara menjaga kebersihan kelas untuk kelas 1 SD. Kelas merupakan tempat kita belajar. Dalam arti yang luas, kelas merupakan tempat melakukan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Pengertian ini merujuk pada bangunan, ruangan, atau wahana untuk mencapai tujuan pendidikan.

Kelas harus diperhatikan kondisi ruangannya, apakah menarik atau tidak. sebab akan memberikan dampak secara signifikan bagi kegiatan belajar mengajar. Kelas yang tertata rapi, indah, dan bersih akan terasa nyaman untuk memaksimalkan produktivitas siswa dalam berkegiatan.

Kriteria Kelas yang baik

Agar dapat menunjang proses pembelajaran bagi siswa, maka kelas harus memenuhi beberapa kriteria , antara lain sebagai berikut:

  1. Pencahayaan:  ruang kelas harus mendapatkan cahaya yang cukup agar proses belajar berjalan dengan kondusif
  2. Ventilasi: sirkulasi udara harus mengalami pertukaran udara dari luar dan dalam secara memadai. Ventilasi dapat menjamin siswa bisa belajar dengan nyaman karena tidak terlalu sumpek.
  3. Kenyamanan: harus memberikan rasa nyaman, tidak lembar dengan penempatan tempat duduk yang diatur sedemikian rupa sehingga tertata dengan rapi dan memungkinkan siswa dapat belajar dengan tenang.

Cara menjaga kebersihan kelas 

Menjaga kebersihan kelas adalah tanggung jawab seluruh warga kelas. Agar kelihatan rapi dan indah maka kita harus meletakkan peralatan pada tempatnya. Kerja sama membersihkan kelas adalah pengamalan Pancasila sila ke-3. Membuang sampah pada tempatnya adalah contoh menjaga lingkungan bersih. Sebaiknya tegur dan mengingatkan teman saat tidak menjaga kebersihan dengan menggunakan kalimat yang sopan.

Berikut ini merupakan beberapa cara menjaga kebersihan kelas:

1. Buanglah sampah di tempat sampah

Aturan ini merupakan aturan paling dasar yang diterapkan di berbagai lingkungan termasuk di dalam kelas. membuang sampah pada tempatnya merupakan cara paling mudah untuk menjaga kebersihan kelas. Jika kita menemukan sampah di dalam kelas, entah itu sampah milikmu atau bukan, sebaiknya segera membuangnya ke tempat sampah. Kesadaran semacam ini harus ditanamkan kepada setiap siswa dan warga sekolah.

2. Membersihkan papan tulis ketika terjadi pergantian jam pelajaran

Membersihkan papan tulis merupakan cara agar pembelajaran dapat dimulai dengan nyaman. Tidak perlu menunggu guru berikutnya untuk meminta tolong menghapusnya. Biasanya setiap pergantian jam, masih ada ada catatan pelajaran sebelumnya pada papan tulis. Namun sebelum kamu menghapus/membersihkan papan tulis, pastikan semua siswa telah selesai mencatat materi di papan tulis supaya tidak terjadi kesalahpahaman dengan temanmu. Membersihkan papan tulis akan membuat suasana pembelajaran menjadi lebih nyaman. 

3. Merapikan peralatan kelas setelah digunakan

Merapikan peralatan kelas bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan. Sebab perawatan kelas adalah milik bersama, sehingga seringkali kita harus bergantian untuk memakainya. Simpan dan rapikan peralatan tersebut ke tempat yang semula.

Sediakan tempat khusus untuk meletakkan peralatan kelas supaya tidak berantakan. Pastinya mata tidak nyaman bukan ketika sedang pembelajaran berlangsung, ada kemoceng dan sapu yang tergeletak begitu saja di depan papan tulis?

4. Membuat jadwal piket kelas

Piket kelas merupakan sarana gotong royong yang bagus diterapkan di kelas. jadwal piket yang disusun haruslah mengakomodasi seluruh siswa. kegiatan pidato yang disusun secara seimbang dan adil akan memberikan kenyamanan bagi seluruh warga kelas. Kalau perlu diterapkan hukuman untuk menghukum siswa yang enggan melaksanakan piket kelas. Tunjukkan salah satu siswa sebagai seksi kebersihan untuk mengontrol kegiatan jadwal piket, mencatat, maupun melaporkan kepada wali kelas. Jadi seksi kebersihan tidak mengambil tindakan hukuman sendiri.

5. Menghias dinding kelas

Menghias dinding kelas dapat menghasilkan suasana yang indah dan menyegarkan. Kita bisa mencoba menghias kelas dengan berbagai ornamen, misalnya kata-kata motivasi, gambar-gambar pahlawan dan tokoh terkenal, atau menghias dengan dekorasi lainnya yang mampu memberikan suasana santai sehingga otak terasa lebih segar dan tidak ngantuk saat belajar.

namun perlu diingat dalam menghias dinding jangan terlalu berlebihan yang menyebabkan kita malah tidak fokus dalam belajar

6. Mengapresiasi kepada siswa yang menegakkan kebersihan

Reward diperlukan untuk selalu memotivasi siswa. Ketika salah seorang siswa peduli kepada kebersihan kelas, maka tidak ada salahnya kita melakukan apresiasi atas kebaikan dia. dengan memberikan reward maka sama saja kita menghargai inisiatif kebersihannya sekaligus memotivasi teman-teman yang lain untuk ikut menjaga kebersihan

Akhir kata

Demikian ulasan rifan Fajrin tentang bagaimana cara menjaga kebersihan kelas khususnya untuk kelas 1 SD. Semoga bermanfaat ya