Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

CARA MEMBUAT KINCIR ANGIN KELAS 3 SD

rifanfajrin.com - cara membuat kincir angin kelas 3 sd

kincir angin kertas
kincir angin dari kertas

Hai teman-teman, apa kabar semuanya? pastinya hari ini sangat menyenangkan bukan? Pada post kali ini rinfajrin akan membagikan bagaimana cara membuat kincir angin kelas 3 SD ya. 

incir angin kertas bisa menjadi hiasan rumah yang cantik dan menarik. Apalagi jika kincir angin yang terbuat dari kertas tersebut dibuat dari bahan berwarna-warni. Tentu semakin disenangi oleh anak-anak khususnya kelas 3 SD. Ketika warna-warni itu berputar maka akan menghasilkan spektrum warna yang menakjubkan. 

Membuat kincir angin dari kertas sangat mengasyikkan. Cara pembuatannya pun sangat mudah, anak kecil pun bisa melakukannya. Tetapi harus diingat, dalam membuat tetap harus diawasi oleh orang dewasa atau guru. Terutama ketika proses menggunting atau ketika membuat lubang kincir. 

Berikut Rifanfajrin akan mengulas cara membuat kincir angin kertas yang mudah.

Alat dan bahan yang diperlukan:

  1. Kertas karton/Manila/asturo berukuran 15 cm x  15 cm. Anda juga bisa memilih kertas ukuran lainnya. semakin besar ukuran kertas, semakin besar pula kincir yang akan dibuat.
  2. Gunting kecil
  3. Pensil
  4. Penggaris
  5. Paku payung atau jarum pentul
  6. Batang kayu kecil berukuran panjang 25 cm, atau menyesuaikan ukuran kertas yang digunakan untuk membuat kincir angin kertas di atas.

Cara membuat

  1. Buatlah gambar pada kertas karton berupa dua garis menyilang menggunakan pensil yang tersedia. Pada bagian tengah dari pertemuan kedua garis silang tersebut buatlah sebuah lubang kecil.
  2. Potonglah kertas menggunakan gunting menurut garis bersilang yang telah dibuat tadi. Hati-hatilah ketika memotong. Potonglah hingga setengah mendekati sumbu poros.
  3. Buatlah lipatan pada bagian yang telah digunting ke arah poros, tusukan paku payung pada bagian poros tersebut.
  4. pentul pada satu batang kayu 25 cm yang tersedia
  5. Gerakan kincir angin yang telah kamu buat tersebut dengan menggoyang-goyangkannya, atau letakkan pada tempat yang terkena hembusan angin yang cukup kencang. 
  6. lihatlah bawa kincir angin kertas yang kamu buat sekarang dapat berputar dengan baik. 

Akhir kata

Kalian juga bisa menonton video cara membuat kincir angin kertas untuk kelas 3 SD ini melalui tayangan video berikut ini.

Demikian cara pembuatan kincir angin dari kertas untuk kelas 3 sd. Semoga bermanfaat.