Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

CARA MEMBACA CEPAT UNTUK ANAK KELAS 1 SD

 rifanfajrin.com - cara membaca cepat untuk anak kelas 1 sd

huruf 

Ketika anak telah duduk di bangku sekolah dasar kelas 1 SD, biasanya memiliki satu permasalahan yang hampir sama, yaitu bagaimana cara membaca cepat untuk anak kelas 1 SD. Hal ini dikarenakan tidak semua anak yang masuk ke bangku SD telah diajarkan calistung (membaca menulis berhitung) di taman kanak-kanak. sebab, bangku TK memang bukan untuk mengajarkan tahap tersebut. Meski demikian ada pula yang telah mengajarkan atau lebih tepatnya memperkenalkan alphabet di bangku TK, mengingat meskipun "belum saatnya" toh harus dimulai dari mengenal huruf terlebih dahulu. Namun banyak pula yang belum memperkenalkan alphabet. karenanya, terkadang ketika masuk ke sekolah dasar, anak belum terbiasa berlatih membaca.

Berikut beberapa tips agar anak cepat bisa membaca untuk kelas 1 sd:

1. Menggunakan Poster Alphabet

Poster Alphabet merupakan media yang paling sering kita jumpai dan digunakan orang tua untuk mempekenalkan huruf dan angka kepada anak-anak pada saat mereka belajar membaca.  Tahap perkenalan huruf merupakan tahap paling awal dalam belajar membaca. oleh sebab itu penting bagi orang tua untuk membantu mengenali setiap abjad dan membantu dengan mencontohkan pelafalan yang baik dan benar. sehingga anak dapat mengikuti dan menirukan pembacaan tiap huruf dengan baik dan benar. tahap ini juga penting untuk memperkenalkan huruf untuk ditulis.

2. Targetkan capaian tertentu 

Orang tua hendaknya memberikan target capaian untuk anak ketika sedang belajar membaca. misalnya, targetkan anak mampu menulis abjad dua suku kata atau lebih  dalam waktu kurang dari satu bulan. Dengan memasang target, akan membantu tahap belajar secara terstruktur dan membantu memudahkan mencapai tahap/huruf berikutnya.  

3. Menggunakan media bergambar 

Media bergambar akan memudahkan anak untuk mengingat huruf depan sebuah benda, nama binatang, nama buah, atau lainnya. Media bergambar membantu anak untuk tidak mudah bosa dan cepat memahami huruf demi huruf. Ia akan mudah mengingat huruf dan kata agar dapat mengerti apa yang harus di lakukan.

4. Variasikan dengan memberi warna pada huruf

Mewarnai adalah kegiatan yang menyenangkan. Barangkali ia dapat memanfaatkan kegiatan mewarnainya untuk memberikan warna pada huruf tertentu dengan warna favoritnya. Dengan metode ini, anak akan terhindar dari kebosanan. 

5. Memakai Media Video

Video kini sudah banyak digunakan oleh orang tua untuk memperkenalkan huruf abjad kepada anak. Banyak video-video yang dibuat khusus untuk media belajar membaca bagi anak-anak, misalnya di youtube. Selain itu ada beberapa aplikasi di playstore yang khusus untuk belajar membaca.  Namun, sebaiknya hati-hati dalam menggunakan video, khususnya youtube yang diakses menggunakan hp. sebab jika tidak dikontrol akan menimbulkan kecanduan bagi anak. alangkah baiknya apabila video youtube tersebut diunduh terlebih dahulu, kemudian diputar  menggunakan pemutar video di televisi.

6. Dukungan Orang Tua

Orang tua harus memberikan dukungan ketika anak belajar membaca. Dukungan orang tua akan memberikan motivasi dan semangat bagi anak. Dukungan orang tua juga mampu mencegah anak ketika kesulitan belajar, jangan sampai anak menjadi frustasi hanya karena merasa tidak mendapatkan dorongan dan dukungan dari orang tua.

7. Jangan ragu mengulangi meski sudah paham 

Anak yang sudah bisa akan lebih mahir apabila sesekali diminta mengulangi pelajaran supaya lebih memahami pelajaran. Hal ini bertujuan untuk menjaga agar materi yang telah dipelajari tidak hilang begitu saja.

8. Belajarlah secara outdoor

Belajar di luar ruangan akan memberikan nuansa yang berbeda dan memberikan pengalaman baru bagi anak. Ia akan mendapatkan suasana yang berbeda ketika belajar di luar, meski dilakukan sesekali saja.  ini akan membantu dirinya lebih cepat memahami/membaca maupun menulis.

9. Menyediakan keperluan anak 

Anak akan nyaman ketika belajar apabila orang tua memfasilitasi kebutuhan belajarnya. misalnya, ketika anak menginginkan belajar di kamar tidurnya, maka orang tua harus memastikan kamar tidurnya nyaman untuk belajar, cukup ventilasi, dan cukup pencahayaan. Dengan memfasilitasi kebutuhan belajar anak, maka ia akan lebih bergairah untuk belajar membaca dan menulis.

10. Berlatih membaca secara rutin setiap Ada waktu

Jangan pernah berhenti belajar membaca, luangkan waktu setiap hari sencara kontinu untuk belajar membaca meskipun hanya beberapa menit saja. Buatlah sebuah jadwal khusus  agar anak terbiasa dengan belajar secara rutin   mengingat pelajaran yang telah kita berikan maupun guru berikan kepada sang anak.  

11. beli buku Bergambar

Membeli buku bergambar akan lebih memotivasi anak untuk belajar membaca. berikan keleluasaan untuk memilih buku kesukaannya, misalnya buku cerita tentang legenda atau dongeng nusantara, fabel, atau bacaan bermutu lainnya. di toko buku banyak sekali buku cerita bergambar yang akan membantu putra putri anda lebih mudah belajar membaca.

12. Belajar menggunakan Papan Tulis

Salah satu manfaat menggunakan papan tulis adalah, kita dapat membawa suasana belajar di rumah layaknya sedang berada di dalam kelas. Anak akan lebih familiar dengan metode belajarnya, anak bisa merasa seperti sedang di sekolah SD dimana dirinya sedang di-ajarkan oleh guru-nya di kelas. Ia juga akan tumbuh keberanian untuk menulis di papan tulis, hal yang barangkali masih sangat berat dilakukan di dalam kelas untuk anak kelas 1 SD. 

13. Jangan Memaksakan target

Jika anak terlihat lamban dalam menangkap materi belajar membacanya, jangalah memaksanya.  berikan waktu istirahat yang cukup untuknya, hingga ia benar benar siap melanjutkan kembali pelajaran membacanya.

14. Memberi reward

Berikan hadiah yang layak ketika ia mencapai terget tertentu, ini akan membuatnya termotivasi untuk belajar lebih cepat dan yang terpenting ia merasa usahanya dihargai oleh orang tuanya.

16. Memberikan pujian 

Jangan ragu memberikan pujian baginya ketika ia melakukannya dengan benar (belajar membaca). Pujian akan memberikan energy positif dan membantu sang anak agar terus belajar meningkatkan kemampuannya.

17. Memberikan tes ringan

Ada baiknya sesekali kita memberikan evaluasi dengan memberikan beberapa tes ringan agar sang anak terus mengingat apa yang sudah dipelajarinya.

Akhir kata

demikianlah ulasan rifanfajrin tentang cara membaca cepat untuk anak kelas 1 SD, semoga bermanfaat.