Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

4 NEGARA YANG PERNAH MEMINDAHKAN IBUKOTANYA

Rifanfajrin.com - 4 negara yang pernah memindahkan ibukotanya

Rencana pemindahan ibu kota negara Indonesia dari Jakarta ke pulau Kalimantan telah ditetapkan oleh presiden republik Indonesia. Indonesia bukan negara pertama yang memindahkan ibukotanya dari satu kota ke kota yang lain. Beberapa negara yang telah terlebih dulu memindahkan ibukotanya antara lain, India, Australia, Myanmar, dan Brazil. 

1. India

India merupakan negara yang terletak di Asia Selatan. Negara tersebut menetapkan new Delhi sebagai ibukota negara pada tahun 1931. Sebelum new Delhi, ibukota negara India adalah kalkota. Pemindahan ibukota dari kalkuta ke new Delhi tidak terbelakangi karena motif politik dan ekonomi. secara politis penetapan itu tak lepas dari campur tangan Inggris yang beranggapan bahwa pengendalian negara di Delhi lebih mudah dikarenakan letak lokasi wilayah tersebut yang berada di utara. 

4 negara yang pernah memindahkan ibukotanya
delhi

pembangunan Delhi sebagai ibu kota India itupun kemudian dirancang oleh seorang arsitek Inggris dalam waktu 20 tahun. Selama proses pembangunan berlangsung, kantor pemerintahan dan administrasi satu persatu dipindahkan dari kalkuta ke Delhi dan membutuhkan biaya tidak kurang dari 4 sampai 5juta dolar Amerika serikat. Dewasa ini new Delhi merupakan salah satu ibu kota terpadat di dunia. Tidak heran index kualitas udara di kota itu masuk dalam kategori berbahaya. Masalah-masalah perkotaan, seperti kriminalitas, unbanisasi tidak terkendali, pemukiman kumuh, juga menjadi masalah khusus kota tersebut.

2. Australia

Australia menetapkan Canberra sebagai ibukota negara tersebut pada tahun 1913. Proses penetapan membutuhkan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan terdapat dua kota terbesar lainnya yaitu Melbourne dan Sydney yang sebelumnya dijagokan sebagai calon ibukota negara Australia. 

4 negara yang pernah memindahkan ibukotanya
canberra

penunjukan Canberra sebagai ibukota negara Australia didahului dengan penyelenggaraan kontes internasional untuk menetapkan konsep kota Canberra sebagai ibukota. 

3. Myanmar

Myanmar sebelumnya beribukota di Yangon. Sejak tahun 2005, pindah ke naypyidaw. Tidak diketahui secara resmi alasan pemindahan ibu kota tersebut. Hanya saja diketahui kota naypyidaw memiliki luas 4 setengah kali lebih besar dari kota London ibukota Inggris. 

4 negara yang pernah memindahkan ibukotanya
temple pagoda di myanmar

Pembangunan naypyidaw sebagai ibukota diperkirakan mencapai 4 miliar dolar Amerika serikat. Sayangnya ibukota Myanmar tersebut kini dikenal sebagai ghost city, dikarenakan penduduknya yang sedikit tidak sebanding dengan luas wilayah, serta sepinya pusat-pusat perbelanjaan, destinasi wisata, jalan raya yang lengang.

4. Brazil

Pada tahun 1960, terjadi perpindahan ibu kota Brazil dari Rio de Janeiro ke Brasilia. Brazilia dirancang khusus untuk menjadi ibukota dikarenakan kepadatan penduduk Rio de Janeiro yang sudah sangat parah, serta kemacetan lalu lintas di kota itu yang sangat tinggi. 

4 negara yang pernah memindahkan ibukotanya
kota rio de janeiro

Pembangunan Brazil yang sebagai ibukota baru menelan biaya 1,5 miliar dolar Amerika serikat yang dibangun dengan konsep arsitektur modern dan mewah. Bahkan kota ini masuk sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO karena modernitas dan perkembangannya yang pesat. Angka kepadatan penduduk Brasilia melonjak berlipat-lipat ganda. Semula pada awal peresmiannya Brasilia hanya dihuni 140.000 penduduk saja, kini sudah mencapai angka 2,6 juta penduduk. Fantastis.

Akhir kata

Demikianlah ulasan Rifan Fajrin tentang beberapa negara yang memindahkan ibukotanya dari satu kota ke kota lain. Semoga bermanfaat