SOAL CERITA MATEMATIKA PENJUMLAHAN PECAHAN UNTUK SISWA KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 3

SOAL CERITA MATEMATIKA PENJUMLAHAN PECAHAN (KELAS 3 TEMA 5 SUBTEMA 3)

matematika kelas 3 tema 5 subtema 3
Berapa bagian air di dalam gelas?


1. Di dalam gelas terdapat tiga per tujuh air minum. Ibu menambahkan dua per tujuh gelas air minum. Berapa bagian air yang ada di dalam gelas?

2. Ibu membuat kue donat dan kue bolu. Kue donat memerlukan seperlima kg tepung terigu. Sedangkan kue bolu memerlukan dua per lima kg tepung terigu. Berapa kg tepung terigu yang diperlukan oleh Ibu untuk membuat kue-kue tersebut?

3. Cika, Saskia, dan Ado berlatih tari payung bersama Bibi Cika. Selesai berlatih, Ibu Cika memberi suguhan kue. Sambil menunggu hujan reda, Bibi, Cika, dan teman-teman memakan kue buatan Ibu.
Ibu memotong kue menjadi 10 potong. Ado memakan 3 potong kue. Saskia memakan 2 potong kue. Bibi dan Cika masing-masing memakan 1 potong kue.
Berapa potong kue yang dimakan oleh Ado dan Saskia? Nyatakanlah dalam bentuk pecahan!

4. Adik membawa satu perempat kg telur. Kakak membawa dua perempat kg telur. Berapa kg total belanjaan Kakak dan Adik?

5. Jarak dari rumah Ari ke taman lima persepuluh km. Jarak dari taman ke sekolah tiga persepuluh km. Setiap hari Ari berangkat ke sekolah melewati taman. Berapa km jarak dari rumah Ari ke sekolah?

6. Di rumah, Adi mempunyai seperempat kg buah kelengkeng. Kakek datang dan membawakan tiga perempat kg buah kelengkeng untuk Adi. Berapa kg buah kelengkeng yang dipunyai oleh Adi sekarang?

7. Pak Danu memiliki sebidang tanah. Suatu hari dia mencangkuli tanahnya itu seluas 4/8 bagian tanahnya. Karena capek mencangkul, Pak Danu pun beristirahat dan meletakkan cangkulnya. Ketika Pak Danu beristirahat, anak Pak Danu yang masih remaja yaitu Dodik, mengambil cangkul itu dan membantu ayahnya mencangkul. Dodik berhasil mencangkul 2/8 bagian tanah. Berapakah luas bagian tanah yang selesai dicangkul oleh Pak Danu dan Dodik? 
close