Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

SEJARAH PERMAINAN BULUTANGKIS


rifanfajrin.com - bulutangkis merupakan olahraga yang paling populer di Indonesia. setelah bulutangkis, olahraga yang populer di Indonesia adalah sepakbola.

Bulutangkis merupakan aset terbesar olahraga di Indonesia. Melalui cabang olahraga bulutangkis, Indonesia memeroleh kemenangan di berbagai nomor kejuaraan, misalnya sea games, asian games, maupun olimpiade. 

Bulu tangkis (dalam bahasa Inggris disebut Badminton) merupakan suatu olahraga yang menggunakan alat yang disebut raket (racquet). Raket adalah alat berbentuk bulat dengan memiliki rongga rongga di bagian pemukulnya serta memiliki gagang. Bulutangkis dimainkan oleh dua orang (untuk tunggal) atau dua pasangan (untuk ganda) yang saling berlawanan.

tahukah kamu, darimanakah permainan bulutangkis berasal? 

Menurut sejarah permainan bulu tangkis berasal dari permainan yang bernama Poona. Yaitu suatu permainan yang berasal dari India. Jadi, berdasarkan sejarahnya bulutangkis (badminton) berasal dari India. 

Meksi bulu tangkis berasal dari negara India, tetapi dasar dari permainan bulu tangkis sebenarnya telah ada jauh sebelumnya. Tepatnya pada masa penjajahan Inggris di India dimulai.

 Badmintonskill menuliskan, bahwa menurut sejarahnya olahraga yang hampir mirip dengan bulu tangkis jauh hari telah dimainkan oleh masyarakat Mesir kuno atau sekitar 2000 tahun lalu.

Selain Mesir, permainan  serupa juga dimainkan di Inggris, China, Yunani dan siam pada masa lampau. Namun perbedaan mendasar dari permainan di berbagai negara tersebut dengan  dengan olahraga bulu tangkis modern, adalah penggunaan net atau jaring.

Di Inggris, olahraga bulutangkis disebut Battledores dan Shuttlecocks. Masyarakat Inggris menggunakan dayung/tongkat (Battledores) untuk memukul bola wol yang mereka sebut Shuttlecocks.

Battledores ini kemudian oleh tentara Inggris dibawa ke kota Pune India pada abad ke-19 (ketika mereka bertugas). kemudian permainan dimodifikasi dengan menambahkan jaring atau net dan memainkannya secara berhadap hadapan. Inilah cikal bakal permaian bulu tangkis modern.

Pada tahun 1850, tentara Inggris membawa pulang permainan Battledores modern ini kembali ke kampung halamannya di Inggris.

Sekembalinya ke Inggris, olahraga bulu tangkis mendapatkan julukan / sebutan baru yakni ‘Badminton’. bermula ketika olahraga ini dimainkan secara terhormat di Gedung Badminton (Badminton House), milik bangsawan Inggris, estat Duke of Beaufort’s di Gloucestershire.

Nama Badminton, merujuk pada tempat dimana olahraga ini dimainkan secara terhormat di depan umum dalam format pertandingan yaitu gedung Badminton.

Tak butuh waktu lama olahraga ini langsung menjadi kegemaran baru di Inggris. Pada tahun 1877 klub Badminton Bath, membuat peraturan tertulis mengenai sistem permainan Badminton.

Dua dekade kemudian, tepatnya pada tahun 1893 Asosiasi bulu tangkis pertama dibentuk di Inggris. Enam tahun kemudian, pada tahun 1899 kejuaraan badminton internasional pertama digelar dengan nama Kejuaraan All England.